Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cometichiamiAvatar border
TS
cometichiami
7 Tradisi Natal Khas Italia
Ciao a tutti!

Setiap negara pasti punya tradisi natal masing-masing, misalnya BBQ di pantai bagi yang bertempat di Australia, sementara di Amerika masih terbawa suasana Thanksgiving dan Black Friday.

Berhubung ane sedang melakukan pertukaran pelajar di Italia, ane mau berbagi pengalaman rasanya pertama kali ngerayain Natal atau dalam bahasa Itali Nataledi Italia, dibantu artikel yang ane temuin. Cekidot!


Hiasan malaikat yang banyak dijual di market di Italia


1. Natale mulai pada tanggal 8 Desember
Orang-orang Itali mulai pada 8 Desember untuk Immacolata. Apa sih, Immacolata ini? Menurut dogma Gereja Katolik Roma, Immacolata adalah kepercayaan bahwa Maria dikandung tanpa noda ("macula" dalam Bahasa Latin) dosa asal apapun. Pesta perayaan Maria Dikandung Tanpa Noda yang dirayakan tiap tanggal 8 Desember diresmikan sebagai sebuah pesta perayaan umum Gereja pada tahun 1476 oleh Paus Siktus IV.

Nah, berdasarkan pengalaman ane, 8 Desember ini libur nasional, termasuk ane pun libur sekolah (ane SMA), kebanyakan kantor dan bank pada tutup. Di Roma, dari Castel Sant'Angelo, ada meriam buat mengumumkan dimulainya season natal, sementara Pope ngadain berdoa bersama di Piazza di Spagna, sambil naruh untaian bunga di patung Madonna tiap tahunnya.

Patung Madonna yang dikasih untaian bunga


Oiya, mulai tanggal ini, jalanan dan toko-toko pun mulai dihias.

Piazza San Marco


2. Presepi
Presepi ada dimana-mana, di sekolah maupun di rumah orang-orang, ini kayak patung-patung kecil gitu gan yang dibuat handmade biasanya. Ide dari nativity scene benar-benar mulai di Italia kembali pada abad ke-13 Ketika St Fransiskus dari Assisi meminta warga setempat untuk membuat palungan untuk membantu memberlakukan kelahiran tersebut. Sejak itu adegan kelahiran telah menjadi bagian besar dari Italia seni rakyat Natal dan nativity scene buatan tangan tetap tradisi rakyat yang sangat penting.



3. Christmas tree, O Christmas tree
Pohon Natal aslinya dari Jerman, tapi Itali pun kreatif, buktinya memenangkan world record atas pohon natal terbesar, namun uniknya tanpa melukai 1 pohon pun, karena dibuat dari cahaya lampu.



4. Christmas Carols
Apakah Anda tahu tradisi kembali ke masa pagan ribuan tahun yang lalu? Awalnya orang akan menyanyikan lagu-lagu dan menari melingkari batu bulat untuk merayakan musim dingin. Carols berasal dari bahasa Latin untuk tarian lingkaran atau choraula.
Gereja-gereja pertama melakukan perayaan dari 129 AD menyanyikan lagu-lagu Natal di Roma. Tapi lagu-lagu Kristen pertama yang dinyanyikan dalam bahasa Latin dan tidak sangat populer.
Abad ke-13 itu Lagu-lagu meriah baru benar-benar tertangkap setelah St Fransiskus dari Assisi memperkenalkan lagu Natal, dinyanyikan dalam dialek lokal, agar umatnya untuk terlibat dengan cerita kelahiran Yesus bersama dengan nativity scene. Lagu-lagu Natal baru yang populer dan cepat menyebar di seluruh Eropa. Dan hari ini Italia melanjutkan tradisi, menyanyikan lagu-lagu di depan adegan kelahiran Selama 8 hari berjalan sampai Natal dikenal sebagai Novena (16-24 Desember).

5. Christmas bonuses all round!
Para pekerja dapet bonusan gan!
Banyak karyawan publik dan swasta yang memenuhi syarat pensiunan dan tahun ini bonus ini sekitar € 30 miliar untuk 33 juta orang dengan€10.000.000.000 berasal dari negara.

6. Makanan dan keluarga
Ini udah sama persis kayak pulang kampung di Indonesia, gan! Semua orang pada balik ke keluarga, misalnya host-cousin ane yang tinggal di London pun balik ke Italia, dan dirayain dengan seluruh anggota keluarga, dan tentunya dengan budaya Italia, yaitu makanan enak yang berlimpah. Sehabis makan malam pada 24 Desember, ngobrol nunggu tepat midnight, dan saat midnight pun cin!saling toast wine, baru buka hadiah layaknya THR saat lagi lebaran.

Nah, budayanya adalah, makanannya kebanyakan ikan, gan! Jadi pada malam natal ini, red meat itu pantang. Sebutannya "Feast of the Seven Fishes",




7. Babbo Natale dan La Befana
Di Italia, Santa Klaus disebutnya "Babbo Natale", contohnya di sekolah ane, sehari sebelum libur, berkeliaran orang-orang yang pake kostum Babbo Natale.



Namun, di Italia, enggak cuma Babbo Natale, namun juga ada cerita khas Italia La Befana. Dia ini wanita tua yang berkeliaran dengan sapu terbang, mirip penyihir, sambil ngasih hadiah-hadiah untuk anak-anak kecil.




Spoiler for Sumber:


Yaudah, segitu aja gan, semoga nambah informasi selingan. Boleh emoticon-Cendol (S)bagi yang berkenan, mohon jangan emoticon-Bata (S) karena niat ane berbagi informasi.

Arrivederci!





0
2.5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan