Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atfrieAvatar border
TS
atfrie
Tragedi Prancis dan Mitos 'Tanggal Sial 13'
REPUBLIKA.CO.ID, Anda boleh percaya atau tidak, Tragedi Teror yang melanda Prancis, itu dikaitkan dengan mitos angka keramat 13. Peristiwa yang menewaskan tak kurang dari 127 korban jiwa dan 300 luka itu tepat jatuh pada Jumat (13/11) waktu setempat. Jumat yang bertepatan dangan tanggal 13 memang jarang, setahun hanya bisa terjadi kali. Biasanya bila awal bulannya dimulai Ahad.

Keyakinan angka 13 sebagai 'tanggal sial' pun tampaknya telah menjangkiti miliaran penduduk Eropa. Tak ada yang bisa memastikan, bagaimana mitos ini benar-benar tertanam dalam kehidupan mereka. Yang jelas, keyakinan tak sedikit masyarakat Eropa bahwa tanggal 13 yang bertepatan dengan Jumat adalah hari keramat, memang benar-benar mengkristal.

Jika membuka arsip lama, kita akan temukan sejauhmana Eropa ketakutan dengan tanggal tersebut. Lloyds, sebuah perusahaan asuransi kelautan ternama yang berbasis di London, Inggris, pada abad ke-19, pernah menolak memberikan asuransi kapal apapun yang melayar pada tanggal 13 yang bertepatan dengan Jumat. Sampai sekarang pun, angkatan laut tak sedikit dari negara-negara Eropa memilih tak melaut pada tanggal itu.

Eropa juga percaya, Tembok Berlin yang pernah memisahkan Jerman menjadi dua bagian selama hampir 28 tahun, konon dibangun pada 13 Agustus 1961.Di Amerika, Anda akan mendapati banyak penginapan yang sengaja menghilangkan nomor kamar 13, demikian pula di sejumlah rumah sakit. Mitos tersebut telah membentuk kengerian dalam alam bawah sadar mereka. Lihat saja, film horor bertajuk Friday the 13th yang dirilis pada 1980 itu, berhasil menyedot animo masyarakat dunia. Film ini pun meraup keuntungan jutaan dolar AS.





Red: Nasih Nasrullah

Sumber : ' http://m.republika.co.id/berita/internasional/global/15/11/14/nxtcbz320-tragedi-prancis-dan-mitos-tanggal-sial-13
0
1.7K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan