DyansabakAvatar border
TS
Dyansabak
Kerusuhan Banjarmasin (kalimantan selatan) (Jumat Kelabu) 23 Mei 1997
Selamat Siang Menjelang Sore emoticon-Malu


Maaf kalo emoticon-Blue Repostane cuma mau mengenang/memberitahu kejadian kerusuhan yang pernah terjadi di kota ane yaitu Banjarmasin (Kalsel) mungkin agan ada yang tahu atau belum tahu



Kerusuhan Banjarmasin 23 Mei 1997


Kerusuhan Banjarmasin terjadi pada tanggal 23 Mei 1997, Banjarmasin dilanda kerusuhan massal, menyusuli kampanye Golkar pada hari terakhir putaran kampanye PPP menjelang pemilu 1997. Dilihat dari skala kerusuhan dan jumlah korban serta kerugiannya, peristiwa yang kemudian disebut sebagai Jumat Membaraatau Jumat Kelabu itu termasuk salah satu yang terbesar dalam sejarah Orde Baru. Namun, akibat ketertutupan pemerintah, tidak ada laporan yang akurasinya bisa dipercaya penuh mengenai apa yang sesungguhnya terjadi di lapangan pada waktu itu. Dibandingkan dengan skalanya, berita-berita pers sangat terbatas dan tidak sebanding.

Tanggal 23 Mei 1997 kebetulan jatuh pada hari Jumat. Pada hari itu berlangsung putaran terakhir masa kampanye Pemilu 1997, yang secara kebetulan merupakan hari kampanye Golkar. Menurut rencana semula, setengah hari kampanye diawali dengan kampanye simpatik berupa pendekatan kepada kalangan bawah dengan target operasi buruh, pengojek, dan tukang becak. Kemudian, setengah hari berikutnya, usai ibadah Jumat, kampanye akan dilanjutkan dengan panggung hiburan rakyat di lapangan Kamboja. Pada acara tersebut akan hadir Menteri Sekretaris Kabinet (Mensekkab) Saadilah Mursjid, Ketua MUI KH Hasan Basri, dan artis-artis ibu kota. Rencana itu tidak pernah terwujud, karena yang terjadi kemudian adalah malapetaka berupa kerusuhan massal.

Hingga tengah hari, semua kegiatan di tengah kota Banjarmasin berjalan normal. Begitu pula di kompleks pertokoan Plaza Mitra, yang kemudian menjadi pusat kerusuhan. Pengunjung dan pembeli ramai seperti biasanya, para pegawai kompleks pertokoan berlantai empat itu pun bekerja sebagaimana hari-hari sebelumnya. Di lantai satu kompleks pertokoan yang terletak di tepi sungai Martapura ini terdapat perkantoran, antara lain kantor Bank Bumi Daya (BBD). Lantai 2 digunakan sebagai tempat penjualan pakaian, sementara di lantai 3 terdapat supermarket Hero, TB Gramedia, restoran CFC, dan bioskop. Di lantai 4 terdapat diskotik, kedai kopi, dan tempat hiburan, termasuk biliar dan sejenisnya.



Ini kronologi kejadiannya :


Spoiler for Kronologi kejadian:


dan ini kerugiannya akibat kerusuhan tersebut :


Spoiler for Kerugian akibat kerusuhan:


sumber : wikipedia/kerusuhanbanjarmasin

emoticon-Shakehand2
sekian dulu dari ane gan. semoga jadi pengetahuan agar tidak terjadi kerusuhan ntar waktu pemilu 2014.


emoticon-Blue Guy Cendol (L)dan emoticon-Rate 5 Star

di kasih juga ga pa". di baca aja ga pa" ama coment juga boleh.


Salam Sejahtera emoticon-I Love Indonesia
kopipait
kopipait memberi reputasi
-1
30K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan