Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

betafarhanAvatar border
TS
betafarhan
LI-FI Pengganti WIFI dengan kecepatan 100x lebih cepat dari pada WIFI [masuk gan!!!]



Hai agan! maaf sebelumnya saya newbie di kaskus ini,dan ini thread pertama ane. hehe,salam kenal emoticon-Blue Guy Peace


gini gan.ane mau ngeshare apa yang ane baca. jadi ceritanya ane baru baca tentang LI-FI gan. udeh langsung aja ya gan. cekidot emoticon-Ngacir


APA SIH ITU LI-FI?


Li-Fi, singkatan dari Light Fidelity, adalah Li- Fi adalah label nirkabel untuk sistem komunikasi menggunakan cahaya sebagai pembawa bukan frekuensi radio tradisional,seperti di Wi-Fi.




BAGAIMANA CARA KERJA LI-FI?

jadi gini gan,cara kerja LI-FI sederhana! agan harus memiliki 2 sumber cahaya, yaitu cahaya led dan cahaya lain seperti detektor foto pada di ujung lain. nanti si gelombang cahaya ini akan saling berinteraksi layaknya inframerah yang di gunakan gadget jaman jaman dulu gan!





INI GAN ALATNYA!


MENGAPA LI-FI digadang gadang mempunyai kecepatan 100x lebih cepat di banding WI-FI?

nah ini gan! ini! ini dia saatnya! hahaha

jadi gini gan,agan tau bedanya gelombang radio(wifi) dan gelombang cahaya (lifi) kan?
gelombang radio yang sebagai media wifi ini hanya memancar 1 gelombang radio saja. beda dengan,gelombang cahaya,gelombang cahaya terdiri dari beberapa spektrum cahaya yang nantinya membentuk 1 cahaya.
nah,jika di gelombang radio bit yang di kirim berupa 1 alur saja..berbeda dengan gelombang cahaya,bit yang dikirimkan bisa dari banyak jalur yang nantinya di kumpulkan jadi satu.

jelas? bingung gan? hahaha liat gambar di bawah ini aja gan

LI-FI




oh iya buat info aja gan,Untuk saat ini bisa diperkirakan jika laser warna hijau dan laser warna merah digunakan secara bersamaan akan dapat mengirimkan data pada kecepatan 1 Gbps.emoticon-Takut (S)

Kelebihan Li-Fi

nih gan,gan agan agan..
Li-Fi bukan hanya cepat saja,namun mudah diakses jika ini benar benar sudah terrealisasikan. gimana tidak? Li-Fi ini hanya butuh cahaya Led yang dikirimkan ke gadget anda. Keuntungan terbesar dari teknologi Li-fi ini adalah kemudahan akses internet di berbagai daerah terpencil yang tidak bisa dijangkau oleh kabel optik, selain itu Li-fi juga dapat digunakan untuk memperluas jaringan nirkabel di rumah, sekolah, bahkan kantor. Teknologi Li-Fi juga dapat digunakan untuk mengontrol kondisi lalu lintas dengan menempatkan teknologi baru ini ke LED mobil. Hal ini juga dapat digunakan dengan lampu overhead pesawat. Selain keunggulan yang dimilikinya tersebut, teknologi Li-Fi juga memiliki beberapa tantangan yang harus dihadapinya. Teknologi Li-Fi memerlukan line-of-sight yang sempurna untuk mengirimkan data. emoticon-Matabelo (sumber:iteensgo.wordpress.com)




eitss,ada kekurangannya juga sih

Cahaya Led yang dikirimkan atau sebagai media tersebut harus berhadapan langsung dengan media penerima atau gadget anda. tidak boleh terhalang oleh apapun. mengingat gelombang cahaya tidak mampu menembus tembok. tidak masalah sebenarnya jika ada router Li-Fi ini di banyak tempat atau kalo bisa di semua lampu. tetapi....mahal gan emoticon-Mad (S)

tapi tenang gan,ini masih dalam tahap uji coba gan! masih dicari juga penanganannya gimana. mungkin agan bisa membantu mencari ya emoticon-Ngakak (S)


Sekian gan,thread dari ane. oh iya gan,ini video percobaan Li-Fi pertama kali gan. monggo gan di liat emoticon-Blue Guy Cendol (S)





New era! Li-Fi

emoticon-Mad (S)




Polling
0 suara
Menurut anda berapa kemungkinan besar Li-Fi ini cepat di realisasikan?
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
7.9K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan