Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KsatriaBajaItamAvatar border
TS
KsatriaBajaItam
Di Rumah Pensiunan Aparat, BKSDA dan Polda Kalbar Amankan 13 Satwa Langka


Pontianak - Polda Kalimantan Barat dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat menggerebek sebuah rumah pensiunan aparat di Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau yang memelihara belasan satwa liar. Sebanyak 8 satwa ini di antaranya masuk sebagai satwa langka dan appendix satu yang terancam punah.

"Pengungkapan kasus satwa liar yang dimiliki masyarakat ini berdasarkan laporan masyarakat dan penelusuran kami di media sosial di mana sebelumnya ada warga yang mem-posting satwa ini, sehingga hasil penelusuran diketahui lokasinya, dan pagi ini kita gerebek," kata Kanit Penyidik SPORC Brigade Bekantan BKSDA Kalbar, Muhammad Dedy Hardianto, kepada detikcom di kantor BKSDA Kalbar, Sabtu (24/10/2015).

Dedy mengungkapkan pemilik satwa langka dan dilindungi ini adalah pensiunan aparat berinisial ST yang dari pengakuannya, satwa-satwa ini telah dipelihara selama 4 tahun. Sedangkan satwa-satwa ini diperoleh dengan cara membeli dari pemburu, dan dikoleksi karena pemilik memiliki hobi memelihara satwa ini.

"Lahan dan kandang yang dimiliki cukup luas, dan masuk ke pekarangannya seperti kebun binatang. Satwa-satwa ini juga dirawat baik, hanya karena statusnya dilindungi maka satwa ini disita negara," ujarnya.

Jumlah seluruhnya satwa liar yang dipelihara berjumlah 13 satwa dengan beragam jenis dari mamalia, reptil, dan aves. Namun yang disita petugas berjumlah 8 jenis satwa yang berstatus dilindungi dan terancam punah, seperti jenis beruang madu, landak, kucing hutan, ayam hutan 3 ekor, elang 2 ekor.

Pengungkapan kasus satwa langka dan dilindungi ini adalah yang terbanyak. Sehari sebelumnya, petugas BKSDA dan kepolisian juga menyita 5 ekor ular sanca kembang batik yang memiliki panjang satu meter saat hendak diselundupkan sebagai konsumsi ke wilayah kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Saat ini seluruh satwa yang disita berada di kantor BKSDA Kalimantan Barat guna diperiksa kesehatannya sebelum dilepasliarkan.

http://news.detik.com/berita/3052220...3-satwa-langka
0
2.4K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan