infonitascomAvatar border
TS
infonitascom
Sebelum AirAsia Jatuh, Pilot Keluarkan Instruksi Aneh


Selain membahas beberapa faktor yang menyebabkan jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 di perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, pada 28 Desember 2014 lalu, penyelidikan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi juga mengungkap suara berupa instruksi pilot yang aneh sesaat sebelum pesawat jatuh.

PLT Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT Kapten Nurcahyo Utomo mengatakan, pembicaraan yang terekam dalam Cockpit Voice Recorder (CVR) itu terjadi saat pesawat dalam kondisi upset condition dan stall sehingga terjadi kehilangan daya terbang.

Menurut Nurcahyo, saat itu posisi pesawat sedang dalam keadaan menanjak dari 32.000 kaki ke 38.000 kaki, dengan kemudi manual, di mana posisi hidung pesawat berada di atas dan ekor mengarah ke bawah. Kecepatan pesawat saat itu mencapai 11.000 kaki per menit.

"Saat pesawat mulai naik, ada perintah kapten yang menyebut pull down, pull down," ungkapnya di Kantor KNKT, Selasa (1/12/2015).

Instruksi tersebut, kata Nurcahyo, bukan perintah yang biasa diucapkan pilot. Perintah pull down disebut membingungkan, karena pull berarti menarik hidung pesawat ke atas, sementara down berarti menurunkan hidung pesawat ke bawah.

“Ini ada komunikasi yang tidak efektif. Kemungkinan perintah ini untuk mengembalikan pesawat agar seimbang," jelasnya.

Lebih lanjut Nurcahyo menambahkan melalui Flight Data Recorder (FDR), diketahui bahwa perintah tersebut ditanggapi berbeda. “Co-pilot menarik tuas ke atas, sementara pilot menarik tuas ke bawah,” tutupnya.

Narsum: http://www.infonitas.com/megapolitan...ksi-aneh/12352

lebih anehan suara" yg lalu" emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)
Diubah oleh infonitascom 02-12-2015 06:51
0
5.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan