Joko.WiAvatar border
TS
Joko.Wi
[Breaking News] Penyelidikan Dimulai, KPK Segera Periksa Pihak-pihak Terkait Petral
Sumber: Presiden Jokowi Pancen Oye Dot Com

Jakarta - Usai menerima audit forensik Petral (Pertamina Energy Trading Ltd), KPK langsung tancap gas dan telah memulai proses penyelidikan. Pihak-pihak terkait Petral akan segera diperiksa oleh tim khusus yang telah dibentuk KPK.

"Petral sedang dilakukan Pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan), sudah dibentuk timnya sejak sepekan yang lalu," kata Plt Pimpinan KPK, Johan Budi saat berbincang di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (26/11/2015).

Dalam proses Pulbaket ini, KPK memang memiliki kewenangan untuk memanggil beberapa pihak guna dimintai keterangan. Pulbaket ini yang nantinya bisa menentukan apakah kasus Petral bisa diteruskan ke tahap penyidikan yang diikuti dengan penetapan tersangka.

Informasi yang diterima, pimpinan KPK telah memilih orang-orang terbaik untuk dimasukkan ke satgas yang menangani kasus Petral. Kasus semacam Petral ini memang membutuhkan kecermatan dan kemampuan lebih untuk mendalami ada tidaknya tindak pidana korupsi selama Petral berdiri.

"Ini saja baru kita ketahui audit forensiknya. Ini tidak sesederhana itu. Kasus-kasus yang seperti begitu menyita waktu dan butuh keterlibatan ahli untuk pendalaman. Kita memprioritaskan yang sudah matang," jelas Wakil Ketua KPK, Zulkarnain beberapa waktu yang lalu.

Menteri ESDM, Sudirman Said telah membongkar dugaan adanya transaksi tidak jelas senilai US$ 18 miliar dalam transaksi jual beli minyak mentah dan BBM oleh Pertamina Energy Trading Ltd (Petral). Angka ini diperoleh dari hasil audit terhadap Petral selama tiga tahun. Petral adalah anak usaha PT Pertamina (Persero) yang kini sudah dibubarkan.
(Hbb/hri)

Ini (sebuah) langkah maju. (Perusahaan itu) 10 tahun terakhir seolah tak tersentuh (hukum), tapi sekarang (di era Revolusi Mental) kita libas! Kita ndak main main (dalam penegakan hukum). (Itu) sarang mafia.., selama ini susah (disentuh) oleh hukum. Tapi sekarang (jamannya) beda, yang melanggar (hukum) ditindak! Ndak main main, semua sama (kedudukannya) di depan hukum. Siapapun yang terlibat ditunggu saja (kapan masuk ke dalam selnya). Ndak masalah, kita siap.
0
4.1K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan