henighaniAvatar border
TS
henighani
Terapi untuk Hidup Sehat dengan Tertawa
Penulispro.com - Hidup sehat dengan tertawa. Hmmm. Kelihatan sangat sederhana ya. Tapi tahukah anda jika pada faktanya, tertawa lepas adalah cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan bahkan bisa meringankan berbagai penyakit?

Tertawa adalah solusi untuk menangkal semua bentuk tekanan baik yang disebabkan stress secara emosional maupun beban fisik ketika sakit. Hal ini diungkapkan oleh Dr.Lee S Berk dari Universitas Loma Linda California serta Dr.William Fry dari Universitas Stanford;

1. Tertawa dapat memicu pengeluaran zat catecholamine, adrenalin dan nor adrenalin. Pelepasan zat-zat ini dapat melancarkan aliran darah, mengurangi infeksi, mempercepat proses proses penyembuhan dan meningkatkan keaktifan seluruh tubuh.

2. Hanya satu menit tertawa saja sudah sebanding dengan sepuluh menit latihan mendayung. Dengan kata lain, tawa merangsang jantung dan sirkulasi darah dan sama dengan latihan aerobik.

3. Hidup sehat dengan tertawa dapat diyakini sebagai bentuk terapi efektif dan alami guna mengatasi gangguan jantung. Ada banyak cerita dari para penderita jantung yang mengungkap jika kondisinya menjadi stabil hanya setelah bisa meluapkan tawa dengan lepas. Mudahnya, dengan tertawa, sirkulasi darah dan pasokan oksigen ke otot-otot jantung menjadi lancar. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, maka penggumpalan darah yang akan menyumbat pembuluh darah jantung akan sangat berkurang.

Terapi Tertawa

Adakalanya kita sulit untuk tertawa secara bebas dan lepas. Bahkan terkadang, tawa hanya aktifitas fisik yang hampa. Tentu saja tawa “garing” tidak akan berpengaruh banyak dalam proses penyembuhan. Untuk itulah siapapun bisa melatih mood tertawa melalui terapi spesial.

Klub Tawa Ceria Sehat, pagi ini (5/9) menjadi bintang tamu dalam program TV Dr. Oz Indonesia. Ada beragam pemaparan menarik tentang manfaat tertawa yang terbukti ampuh menyembuhkan para anggota Klub Tawa Ceria Sehat. Tidak ada obat-obatan atau proses rumit lain. Anda cukup melatih gaya tertawa.

Pada mulanya, Maya dari Klub Tawa Ceria Sehat mengungkapkan jika dirinya terinspirasi oleh Anand Khrisna yang sembuh dari penyakit leukimia hanya dengan membiasakan diri untuk mengasah gelak tawa ceria. Lalu, Maya coba menerapkan pada dirinya guna mengatasi tekanan stress.

Selama beberapa bulan, dirinya melakukan meditasi, yoga, kemudian coba menjalani terapi tertawa. Pada akhirnya dia menyadari, benar adanya jika tawa dapat menyembuhkan setiap orang.

Terapi tertawa di klub Tawa Ceria Sehat biasanya berlangsung selama satu jam mulai dari pemanasan (20 menit), sesi tawa (20 menit) dan menari atau dance (20 menit). Mudahnya, di klub ini para anggota diajak untuk melatih perasaan gembira.

Langkah Pemanasan Terapi Tawa :

1. Berdiri (jangan tegang) lalu rentangkan dua tangan ke depan tubuh

2. Tepuk tangan secara berirama

3. Selama 3 menit, ucapkan berulang kali,“HAHAHAHA-HOHOHOHO-HAHAHAHA-HOHOHOHO”.

Anak Tertawa

Bagaimana, tertarik menerapkan pola hidup sehat dengan terapi tertawa? Selamat mencoba “Hahahahohoho”!

sumber: penulispro.com
0
1.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan