mendadakngaskusAvatar border
TS
mendadakngaskus
[CATPER] Menggapai MAHAMERU 3.676 Mdpl ( 21 September 2015 - 27 September 2015
Quote:


Rencana ke Semeru ini sebenarnya udah ada 1 taun yang lalu setelah pulang dari Gunung Prau, dari rencana jadi wacana kemudian jadi rencana kembali. Setelah mengajak beberapa temen ane, akhirnya terkumpul 5 orang di awal. Kemudian 1 mundur sehingga jadi total 4 orang. Meeting point kita di stasiun Malang, karena Ane sendiri berangkat dari bandung, 3 orang berangkat dari Jakarta.


H-3 : Ane packing barang, Jas hujan 1 set, Jaket 2 , Baju 3, Celana panjang 3, Sleeping bag, sama beberapa makanan siap saji buat di Gunung. Alhasil Carrier 38L pinjeman ane ga cukup, Sleeping bag taro diluar emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

Senin 21 September 2015 :
14.00 : Dari rumah ane otw ke stasiun BDO menggunakan motor
16.00 : Tiba di Stasiun
16.50 : Kereta Malabar berangkat menuju malang
Di kereta ga banyak aktivitas yang ane lakuin, selaen gerbong penuh jadi males gerak. Paling di beberapa stasiun ane keluar kereta ngelurusin badan sama beli makan. Ternyata polsuska sekarang galak2 ya, ane beberapa x ditegor. Emang salah ane juga sih emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Selasa 22 Septmber 2015 :
09.00 Ane tiba di stasiun Malang, setelah menunaikan ritual ane di toilet kemudian ketemu temen ane yang dari jakarta 3 Orang ( R, M, O )
Setelah ngobrol2 bentar, kita langsung cari Angkot menuju Tumpang, ketemu 2 orang backpacker dari jakarta jadi total 6 orang nyarter angkot barengan kena 30rb/orang menuju Tumpang.

10.30 Ane sampe di Tumpang, ternyata ane kena trik dari supir angkot. Sengaja dibawa ke rumah temennya untuk menggunakan jasa Jeep temennya, Triknya sengaja sudah nyiapin makanan buat kita ber 6 jadi segan buat nolak tawaran dari mereka. Awal2 diminta 100rb / orang jeep private hanya 6 orang tersebut, ternyata pak H ini cm makelar doank, dan jeepnya bawa angkutan orang lain. Jadi ongkos hanya kena 75rb/orang include makan ( nyesek sih masih sesama orang Indonesia koq sampe segitunya, tapi ya udah ga menghalangi semangat kita )
Disini kita di bantu untuk ngurus surat sehat dari puskesmas dan surat pernyataan. Kena 15 rb/ orang + materai 7rb.

13.00 Setelah selesai kami dijemput jeep, ada rombongan 6 orang yang sekaligus kenalan nanjak bareng.
Disini ane ngerasain bener2 sifat orang Indonesia yang ramah, walaupun ga kenal tetapi saling support :thumbsup:
Tiba di batas Taman Gunung National Bromo, keliatan bukit teletabies dari sini. Foto2 sebentar kemudian lanjut lagi.
Spoiler for Pic:

14.30 Sampe di Ranupane, langsung urus simaksi dan ikut briefing sebentar sebelum nanjak. Denger cerita2 yang udah kejadian dan larangan2 di Gunung.
Spoiler for Pic:

15.30 Setelah semua urusan selesai, kami isi perut dahulu di warung dekat basecamp. Untuk harga masih cukup terjangkau.
16.15 Setelah selesai isi perut, kami ber 6 memulai mendaki. Dimulai dari jalan berpasir, kemudian tanah.
Disini kami jalan santai, karena tujuan kami malam ini sampai di Ranu Kumbolo untuk camp, ane sendiri karena ga bawa jam jadi kurang ingat sampai di Pos 1, Pos 2 , Pos 3 pukul berapa. Untungnya malam itu cukup cerah, bintang dimana-mana emoticon-Wowcantik:
Di beberapa tempat ada longsor dan pohon Tumbang, tetapi masih bisa dilalui. Cahaya hanya menggunakan head lamp dari temen ane karena ane pikir masih ada malam besok jadi headlamp nya gantian. Di Pos 1 kami istirahat, ada yang nyemil makanan, sekedar minum dan istirahat karena jujur ane dan 3 temen ane baru pertama x ngedaki menggunakan carier segede gaban emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak (S)
Dari Pos 1 ke pos 2 tidak ada halangan berarti, hanya tanjakan dan bukit-bukit harapan maksud ane setelah bukit ternyata masih bukit lagi emoticon-Hammer
Pos 2 kami istirahat lagi, sekedar mencharge tenaga lagi, ngemil coklat, buka madu, sama makan tomat emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Setelah post 2 ada tanjakan cukup menguras tenaga, intinya harus hati2 dan fokus.
Oh iya, kami membeli logistik hanya singkong, tomat, dan Gula merah. Ini ide teman M & T entah abis baca blog apa kesambet. Disuru beli beras ga mau emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Sepanjang perjalanan Pos 2 – Pos 3 seperti biasa kami melakukan manajemen perjalanan, 3 menit jalan 5 menit istirahat, eh kebalik 5 menit jalan 3 menit istirahat. Udara cukup dingin, sampe di pos 3 ngaso dulu, ketemu rombongan dari bekasi. Mereka ngopi di pos 3, kami Cuma sebentar kemudian lanjut perjalanan. Setelah itu kami sampai Ranu kumbolo, cukup banyak tenda disana. Kebanyakan yang beres turun dari kalimati / summit attack. Setelah mencari posisi kami mendirikan tenda, mesen mie cup disana karena dingin jadi kalau nunggu masak keburu lapar. Jadinya masak jahe instan untuk menghangatkan badan. Setelah beres makan & minum masuk tenda kemudian istirahat. Disini bener2 dingin banget, tangan ane ampe mati rasa untung ada sleeping bag sama jaket tebal. Ga sempet bersihin badan, ga kebayang kalau nyentuh aer disana kaya di kulkas emoticon-Hammer
Spoiler for Pic:

Rabu, 23 September 2015
04.30 Temen ane ( R ) bangun, nunggu sunrise dan basahin kepala nya karena gatel emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S) akibatnya dia sampe kalimati tepar ga jadi lanjut summit. Tips dari ane, Jangan kebanyakan ide di gunung. Ga kena aer aja mengigil, ini basahin rambut emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
06.30 Ane bangun disusul temen ane, langsung masak aer nyeduh kopi emoticon-coffee
07.00 – 10.00 : Santai-santai di Ranu Kumbolo sambil foto-foto , karena hari ini ane ma temen2 cuma fokus sampai kalimati untuk nenda persiapan summit. Bagi yang mau menunaikan buang hajat ada tempatnya berupa seng2, aromanya cukup sedap.
10.00-10.30 : kami packing, pamitan sama pasangan dari jakarta yang nanjak bareng bongkar tenda dan lanjut ke kalimati. Disini kami lewat tanjakan cinta yang kaya di pelem, nanjak pasir dan debu menjadi satu. Pelan2 akhirnya sampai di atas, dan lihat pemandangan Ranu Kumbolo dari atas bener2 keren.
11.45 : Kami tiba di cemoro kandang, ada yang jualan gorengan disini. Dan ada semangka yang bikin ngiler, walaupun harga lumayan tapi ane liat semangka kaya liat awewe :matagenit:
Setelah selesai isi perut, kami melanjutkan perjalanan. Pos berikutnya jambangan, disini udah keliatan view Puncak Mahamero emoticon-Wowcantik: Sempet ragu juga melihat puncak, apa ane bisa sampai puncak? Diliat dari track cukup pesimis. Tetep lanjut karena udah jauh sampe sini. Setelah itu sampe Kalimati, mendirikan tenda, masak logistik dan 2 orang ambil aer di sumber mani. Cukup ekstrim untuk ambil aer, dan cukup terpesona sama keindahan kali nya. Setelah isi perut, ga lama hujan gerimis. Ada 1 jam hujan, jadi kami di tenda istirahat untuk persiapan Summit.
22.30 Bangun, dan isi perut dulu sebelum Summit. Kami hanya ber 3 summit dikarenakan temen ane ( R ) kondisinya drop, jadi memutuskan tidak ikut summit dan istirahat di tenda. Perbekalan hanya coklat batangan, air mineral 2 botol, dan roti. ( saran ane mending bawa aer agak banyakan, soalnya trek cukup panjang dan berdebu bikin mulut ga enak )
Spoiler for Pic:

Kamis, 24 September 2015
00.00-06.00 Kalimati – arcopodo – puncak. Kami ikut rombongan dari depok, karena kita ga tau jalan. Trek cukup agak ekstrim menanjak, terutama setelah batas vegetasi. Pasir dan debu jadi hidangan ane dan temen2, cukup banyak istirahat disini, karena langkah kami 3 Cuma dapat 1 langkah, untungnya waktu itu ga banyak pendaki hanya kurang lebih 20 orang yang ke puncak. Ane ga kebayang ini kalau musim pendakian, macet dan batu2nya bahaya coy. Ane ga kebagian sunrise dipuncak karena ane jalannya pelan. “ Puncak bukan tujuan, tujuan kita adalah pulang ke rumah dengan selamat “
Sampe puncak, foto2 dan ga berapa lama turun bareng rombongan tadi, seru juga kalau turunnya maen serodotan emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Sampai kalimati jam 10, cari aer terus tidur sebentar melepas lelah. Tujuan hari ini turun sampe Ranupane, karena logistik kami sudah habis. Sengaja di kalimati diabisin logistiknya, biar ga ada tentengan lagi pas jalan.
11.00 : packing, bongkar tenda pamitan sama pendaki yang laen lanjut turun. Temen ane ada yang pake porter dikarenakan kaki nya ada masalah. Kena 250 dari kalimati sampai ranupane, yang penting selamat nyawa. Duit masih bisa dicari emoticon-Angkat Beer
Sampe RanuKumbolo jam 2an, istirahat sebentar sambil isi aer. Kemudian lanjut turun, di tiap pos kita berhenti sekedar istirahat dan ngobrol2 sama pendaki yang baru naek.
Sampe ranupane jam 18.30an, langsung cari tempat makan dan taro carier. Asalnya kami akan langsung ke daerah Batu Malang untuk menghabiskan waktu karena kereta kita sabtu, jadi masih ada 1.5 hari untuk explore wisata malang. Tetapi karena sudah malam, kami jadi cari penginapan di sekitar ranupane. Harga 1 malam 150k / 4 orang dengan fasilitas seadanya.
Spoiler for Pic:


Jumat, 25 September 2015 :
07.00 Bangun langsung packing karena ditawarin mobil sayur sampe pasar tumpang. 55ribu/orang
10.00 Sampe pasar Tumpang, langsung cari sewa mobil ke batu. Disini lagi2 ane hampir dikerjain ma calo disana, tiap nawar angkot selalu diikutin calo itu, dia blng dalam bahasa jawa ( jangan mau ) ke tiap supir angkot, ya udah ane bagi tugas aja jalan agak jauh untuk cari angkot.
10.30 – 11.30 Perjalanan ke Batu, tiba di Batu langsung cari makanan padang emoticon-Genit: sambil cari info untuk rental motor / mobil. Ga lama ada yang nawarin 300rb / hari bersih ke beberapa tempat wisata. Namasnya mas gandun ( CMIIW ). Doi orang jakarta cuma lama di malang. Cukup membantu Guide ini, kemudian kita langsung jalan ke Museum Angkut. Disini kami ga masuk karena harganya cukup menguras dompet, foto-foto aja di depan. Kemudian lanjut cari oleh-oleh dan mampir ke bakso malang. Setelah itu cari homestay, dapet 200k daerah batu dengan fasilitas cukup oke ada bathtub.
Malamnya kami ke BNS kemudian istirahat untuk persiapan pulang.
Spoiler for Pic:

Sabtu,26 September 2015:
07.00 Bangun mandi langsung packing, hari ini tujuan kami cari oleh2 bakpia. Dan temen kami ber 2 memutuskan naek pesawat dikarenakan ingin istirahat yang banyak. Makan siang di bebek sinjai Madura, recommended ini bebeknya empuk.
15.00 Tiba distasiun pisah dengan temen ane yang tujuan Jakarta.
16.00 – Perjalanan di kereta
Minggu , 27 September 2015
09.50 Tiba di stasiun Bandung kemudian langsung pulang.

Terima kasih kami ucapkan kepada Tuhan YME, karena masih diberikan kesehatan dan keselamatan.
Terima kasih sahabat-sahabat ane, walaupun banyak suka duka tetapi masih kompak.
Terima kasih Om Gadhun guide di Batu, angkot, jeep dan temen2 pendaki yang laen. Walaupun berbeda dari segi apapun tetapi tetap sopan dan ramah. Ini baru Indonesia sesungguhnya emoticon-I Love Indonesia:
Biaya Kerusakan :
Tiket Malabar ekonomi PP : Rp 320.000,-
Angkot Tumpang : Rp 30.000,-
Jeep : Rp 75.000,-
Mobil Sayur : Rp. 55.000,-
Logistik : Rp 25.000,- / 4 : Rp. 6.500
Surat Sehat : Rp 15.000,-
Materai : Rp 2.000,-
Simaksi : Rp 17.500,- x 4 = Rp. 70.000
Makan dan jajan : Rp. 250.000,-
Homestay : Rp 37.500 + Rp 50.000 = Rp 87.500,-
Mobil : 550.000 / 4 : Rp 140.000,-
Oleh2 : Rp 100.000,-
Total Rp 1.061.000

0
3.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan