Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seagateboxAvatar border
TS
seagatebox
KEPALA KULI, Robin hood atau premanisme berdasi?
Setelah ber Hahah Hihi di :
Deadly customers
http://www.kaskus.co.id/show_post/56...ling-mematikan

Trik Nawar Paling Legendaris
http://www.kaskus.co.id/show_post/52...ing-legendaris

Ane mau serius-seriusan lagi neh. Dulu problem solve seteah lempar masalah ke kaskus.
Combo tilang truk ban double
http://www.kaskus.co.id/show_post/54...kin-ane-nyerah


Sekarang ane mohon pencerahanya dari para agans tentang KEPALA KULI.
Bagi agans yang punya toko, ane mau tanya. Inget gak siapa yang sambangin toko agan pertama kali waktu pertama buka? Kalo saya ingat dengan jelas kalau yang kunjungi saya begitu toko buka yah kepala kuli. Jadi begini cerita lengkapnya.

Ane buka toko disalah satu pusat perniagaan terbesar di Jakarta barat. Dan hari dimana ane mulai isi barang, datanglah dua orang tidak dikenal. Mereka menunggu sampe ane selesai masukin barang ke toko terus masuk ke dalam toko. Nah mulailah percakapanya kurang lebihnya seperti ini.
K : Kepala kuli
A : Ane

K : Begini pak, saya kepala kuli yang peggang keamanan sekitar sini, Jadi situ kan orang baru begitu, saya perlu informasikan kalo ada biaya tambahan kalo buka toko daerah sini.
A : Ini resmi atau bukan yah?
K : Ngak resmi, cuma ini sudah ada dari jaman dulu, turun temurun. Bpk buka toko disini kalo ada rejeki kan harus dibagi-bagi ke orang sekitar sini yang membutuhkan bgt.
A : Ini cuma saya yang kena atau merata? ini rt setepat sudah tau belum?
K : semua sama pak. semua toko disekitar sini yang masuk kekuasaan saya yah kena.
A : kena berapa?
K : Kita gak minta-minta. Kita mau bantu-bantu begitu. Jadi kalo setiap ada bongkar muat kita kirim orang-orang kita bantu. Nah per barangnya kita kenain biaya Rp.xxxx.xx
A : wah gak masuk akal,(seinget ane gede gan) gede baget itu.
K : sama kok semua toko segitu. tanya aja sebelah2.
A : Kalo saya gak mau bayar.
K : Yah situ kalo ada apa-apa daerah sini saya gak tanggu jawab
(ambigu - antara dia mau kerjain toko ane, atau kalo toko ane ada apa2 dia gak mau tolongin)
kalo gak mau tolongin kalo ane ada masalah - jelas ane gak masalah malahan, soalnya ane gak yakin mereka bantu juga. Kalo bantu pun ujung2 duit lagi. Lagi pula toko ane ada karyawan perempuan gan (kasihan kalo sampe dikerjain)
A : Terus terang kalo segitu mahal pak. Kita toko baru. Lagi pula kita sudah ada karyawan yang bongkar barang. Kalo lo orang ambil juga kerjaanya juga, karyawan saya kerja apa.
K : Gini aja, berhubung toko baru, sudah ada karyawan juga, bpk bayar bulanan aja. Tapi kita gak bantu2 kalo tar ada bongkaran.
(ahh sudah lah, bayar aja toh tar dia juga sumbangin ke orang sekitar sini yang gak mampu)

Akhir cerita ane bayar perbulan buat keamanan sama dia. Waktu ane cek ketoko tetangga juga mereka kasih, ada beberapa toko yang menolak memberi dan sampe sekarang juga fine2 aja (kaga dijailin juga). Dari yang saya rasa, duit yang ane kasih juga gak disalurkan ke orang yang mebutuhkan. Bpk RT setempat bilang kalo alangkah baiknya kalo segala bentuk sumbangan atau penarikan kita mintai/tanyai surat dari RT setempat agar uang yang kita keluarkan benar2 tepat sasaran.

Singkat cerita ane gak merasakan keutungan apapun dari yang ane bayar. Kalo ada razia pakir misalnya ,orang-orang pala kuli ngumpet paling cepet. Tapi kalo bos ane dateng toko mereka bilang ke bos ane "Bos kalo orang parkir pada ketangkep, ane semua yang bebasin".
Waktu itu dishub agak bingung mau menderek kendaraan yang ada di line kedua atau kendaraan yang parkir dibadan jalan saja. Tukang parkir bekerja sama menjelaskan (gak cuma sekali tukang parkir dibawa mobil patroli), Orang kepala kuli gak pernah "pasang badan" tapi kalo ada parkiran ikut narikin.

Kesimpulan ane gak ada guna bayar mereka dan lagi pula ini ilegal kan.

Ane pindah toko gan. Lumayan jauh dari toko ane sebelumnya. Dan tabak siapa yang datang waktu pertama kali buka toko?
YA tepat sekali, kepala kuli (kepala kuli yang lama tepatnya). Mereka bilang mereka juga pegang daerah sini. Ane bilang bullshit, orang seberang toko ane yang lama aja keamananya beda mana mungkin toko yang sejauh ini juga dia yang pegang.

Intinya ane gak mau kasih, karena memang kurang bahan buat ngomong dia pergi. Dannnn Kepala kuli yang satu lagi datang. Tapi tenang gan, kan ane sudah tau triknya.
NK : new kelapa kuli
A : Masih tetep ane
R : Ketua RT


NK : ane yang pegang daerah sini, mau jelasin ada biaya tambahan bgt.... (lagu lama)
A : saya gak bisa kasih, saya sudah ada keamanan sendiri daerah sini.
NK : panggil keamanan lo?
Ane panggil keamanan ane. ini orang emang ane bayar buat jaga toko waktu malem hari.
Dua jagoan ketemu neh, jagoan ane masuk ketoko terus ngomong ke ane "sorry pak, yang satu ini sudah ada dari dulu. emang harus bayar"
A : ah ogahhh, pokoknya gak ada surat RT setempat ane gak mau bayar.
Akhirnya itu Kepala Kuli baru n orang keamana ane pergi, Ane merasa bener kali ini. Beberapa jam kemudian RT setempat datang ke toko saya
R : Pak perihal kepala kuli, bpk harus bayar. Kan mereka sudah ada terlebih dahulu dari bapak. Bapak harus hargai mereka.
A : ooowwww begitu (RT nya langsung bilang begitu) yah pokoknya ini jelas dari RTnya yah sudah saya ikutin aturan saja.
NK : Sebelannya segini pak.


Pertanyaan Ane :
1. SIAPA sebenarnya kepala kuli?
2. Apa itu ilegal atau tidak.

Ane bukannya mau menjelekan kerjaan Kepala Kuli, ane cuma mau kejelasnya aja. (jadi kalo agan ada yang punya info, silangkan sharing dibawah).



0
6.5K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan