Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Cronus666Avatar border
TS
Cronus666
2016, Minuman Bersoda Resmi jadi Incaran Ditjen Bea Cukai
2016, Minuman Bersoda Resmi jadi Incaran Ditjen Bea Cukai


Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (DJBC Kemenkeu) bakal memasukkan minuman bersoda dan berpemanis ke dalam objek cukai mulai tahun depan. Pengenaan objek cukai baru mutlak harus dilakukan pemerintah untuk mencapai target pendapatan kepabeanan dan cukai Rp 186,52 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Heru Pambudi menyatakan untuk memenuhi target tersebut selain menggunakan instrumen kenaikan tarif cukai atas objek yang ada, DJBC juga diizinkan memungut cukai dari objek baru.

Heru menyebut instansinya akan segera menghitung potensi dan memperkuat alasan pengenaan cukai atas dua objek minuman ringan tersebut karena telah mendapat restu dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Sesuai dengan APBN, kami diminta untuk meng-excercise jadi kami akan fokus di objek minuman berpemanis dan minuman soda. Saya kira nanti akan diputuskan mana yang akan dijalankan lebih awal," ujar Heru saat ditemui di kantor pusat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Selasa (3/11).

Menurut Heru, dua objek tersebut sudah lama dikaji sebagai objek baru penerimaan negara. Pasalnya selama ini minuman bersoda dan berpemanis dianggap memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat.

"Kami tidak ingin terjebak anggapan bahwa ini bisa meningkatkan revenue, tapi ini bisa juga sebagai kontrol konsumsi dan peredaran, kalau revenue tidak terlalu besar tapi kontrolnya kuat maka itu kita bisa terapkan," kata Heru. (gen)

sumber:
http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...jen-bea-cukai/

ini hanya yang bersoda dan berpemanis atau yang berpemanis tanpa pakai soda juga kena?
Apa semua jenis pemanis kena? atau hanya yang berpemanis buatan yang kena?
Kalau semua kena, habis rakyat diperas cukai...

Update:

Quote:


Diubah oleh Cronus666 07-11-2015 06:48
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.2K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan