Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arvin23marviadyAvatar border
TS
arvin23marviady
Kapan seharusnya membuat blog? Dan apa saja yang harus disiapkan?


Ingsa Alloh No Repost


Permisi gan, nyubi numpang sharing emoticon-Big Grin


Kalo ditanya kapan semestinya kita membuat membuat blog. Jawaban nya sekarang! Ya sekarang, bayangkan di saat orang-orang sudah mulai memanfaatkan dunia digital sebagai saran jualan, berbagi informasi dan hal lainnya, anda masih sibuk menggunkan hal-hal tradisional untuk mempromosikan barang-barang jualan anda. Pada di sisi lain ada sebuah sistem yang mampu memudahkan kita dalam berbagai hal tersebut. Saya tidak mengatakan bahwa promosi melalui cara-cara yang saya sebut “tradisional” itu tidak baik tetapi hanya saja kita harus terus mengikuti perkembangan zaman to? Banyak hal positif yang bisa kita dapatkan melalui nge-blog, misalnya memperbanyak koneksi dengan orang-orang di dunia maya, seperti yang saya katakan di atas, kita bisa mempromosikan produk secara global tentunya dengan hal yang sangat simple dan mudah, yaitu melalui sebuah blo atau website. Meskipun tidak saya pungkiri akan ada hal negatif juga terhadap hidup kita setelah terlalu mendalami dunia internet ini.


Sekarang saya tidak mau bicara yang hal yang negatif-negatif nya dulu, karena saya rasa anda sudah tahu dan bisa meraba-raba mana yang baik dan yang kurang benar emoticon-Big Grin. Kembali ke laptop! Apa sih perbedaan blog dan website? Menurut yang saya pahami adalah blog itu ialah sebuah sistem online yang dapat dilihat semua orang, kita publikasikan, sehingga orang-orang dapat melihat blog kita dan membacanya, mebacanya? Ya, membaca karena konten atau isi dari blog itu sendiri adalah tulisan-tulisan pendek kita, bisa tentang pengetahuan yang kita miliki, tutorial-tutorial pokoknya yang kita alami, ataupun mengambil referensi dari pengalaman orang lain. Sebenarnya antara website dan blog tidak jauh beda kalao saya pikir, website merupakan sebuah sistem online yang ada di internet sama, yang bisa dilihat orang-orang melalui koneksi internet, tetapi isi konten dan penggunaanya terasa lebih spesifik seperti aplikasi web, misalnya: website toko online yang memungkinkan pengunjungnya untuk berjualan disitu juga, aplikasi absensi pada sebuah karyawan yang berupa sebuah website, aplikasi sistem informasi sebuah kampus yang online dan dapat di akses oleh setiap mahasiswa nya.
Saya kira paparan di atas cukup jelas, kalo belum jelas mungkin karena kata-kata saya aja yang gaje :v. Gimana masih mau nge-blog atau membuat website? Kalo masih minat ikuti terus. Kita bicara yang asyik-asyik dan kelebihan-kelebihan nya lagi yaa tentang jika anda memiliki sebuah atau malah beberapa website. Banyak banget keuntungan mempunyai blog, disini saya bicara blog aja dulu ya, soalnya kira-kira keuntungan memiliki salah satunya sama saja. Misalnya kita mempunyai blog
1. Bisa dijadikan tempat curhat
Tempat curhat? Ya benar, disaat kita ingin menuangkan perasaan, sesuatu yang ingin kita ungkapkan, blog bisa menjadi tempat kita sesuka hati curhat dan mengeluarkan semua uneg-uneg yang ada di hati. Siapa tahu sesoarang bahkan banyak orang bisa tertarik dengan kisah kita, nah jadi punya fans deh hehe.. Tapi tetap anda haru memahami rambu-rambu yang ada, jangan juga kita nge-share hal-hal yang malah menjadi bumerang buat diri kita sendiri.
Spoiler for curhat:

2. Bisa mengisi waktu kosong
Kayak saya yang sampai saat ini memang jadi pengangguran jadi waktu nya kosong terus, mau pagi, siang, sore, malam, atau tengah malam kalo emang lagi mood yaa nulis! Nulis artikel, artikel apa aja yang bisa di post di website. Syukur-syukur post kita di baca orang, dan syukur-syukur juga bisa bermanfaat buat orang lain, kan lumayan tuh pahala nya buat masuk surga hehehe.
Spoiler for waktu kosong:

3. Memberikan pengalaman baru
Ini pasti, soalnya kalo memang kita masih sangat baru di dunia internet tentu akan menambah pengetahuan baru buat kita, misalnya kita pasti akan di hadapkan dengan coding, ilmu SEO supaya website kita bisa ter indeks di google, ilmu design supaya website kita tampak cantik jika dilihat. Alih-alih untuk orang sudah berpengalaman di dunia internet, dunia programming misalnya pasti juga memberikan pengalaman yang baru, seperti belajar menulis sebuah artikel yang baik supaya disukai pengunjung.
Spoiler for pengalaman baru:

4. Mendatangkan income atau pengahasilan dari hasil nge-blog
Setelah membaca-baca di blog agan-agan yang sudah sukses dunia blogging, menurut saya mereka bisa menghasilkan dari sebuah blog atau website karena itu merupakan sebuah bonus, sebuah bonus yang mereka hasilkan dari apa yang menjadi passion mereka dari kegiatan menulis, jadi pada awalnya meraka hanya dengan ikhlas dan senang hati membagi ilmu yang mereka miliki, agar dapat menjadi manfaat buat orang banyak. Meski memang tidak dipungkiri banyak blogger-blogger yang mengejar dollar tanpa memperhatikan konten yang mereka posting di websitenya. Tentunya dollar yang mengalir ke akun paypal, rekening bank, bitcoin, atau apalah itu hehe. Yang saya tahu penghasilan blogger-blogger sukses disana cukup menggiurkan loo ada yang 2000$ perbulan, bahkan sampai 12000$ dollar perbulan mantep to, enak to, hahahaaha emoticon-Big Grin. Hayoo udah minat bikin blog?
Spoiler for income:


Apa persiapan untuk membuat blog?
Sangat banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membuat blog, misalnya dengan menggunakan yang gratisan blogspot, wordprees, atau membuat website sendiri secara native yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman yang diperlukan agar website atau blog dapat berjalan sesuai keinginan kita, memang ini dirasa cukup ribet karena kita harus mempelajari beberapa bahasa pemrograman terlebih dahulu. Buat apa repot-repot membuat website dengan yang native kalau pakai yang gratisan aja bisa joss, contohnya aja wordpress.org, banyak kok website-website professional di luar sana yang menggunakan CMS (Content Management System) ini. Toh, yang terpenting dari sebuah website itu konten! Sekali lagi konten, konten yang ada di website kita jika banyak peminatnya dan memiliki kualitas baik dalam isi dan gaya penulisannya pasti mantep dah pengunjungnya, dan yang dollar akan mengalir ke kantong kita, yeee mau nya, bikin dulu konten yang bagus. Gak usah deh kita terlalu mikirin mau make apa?, tampilannya gimana?, nama domainnya apa?, Sekali lagi konten emoticon-Big Grin

1. Kemauan untuk membuatnya
Jika kita males-malesan pastinya itu blog gak akan jadi-jadi dan konten nya bakalan kosong melompong, harus siap mengorbankan jiwa dan raga kita untuk membuat nya terjadi, halah lebay nih, lo lo lo beneran ini, kan mau dollar nya mengalir hehehe.
Spoiler for kemauan:

2. Waktu dalam memanage blog atau website
Misalnya kita masih mempunyai kehidupan di bidang lain, misalnya sekolah, bekerja atau yang lainnya yaa kita harus siap untuk menyisihkan sebagian waktu kita untuk mengelola blog atau website yang mulai kita bangun. Jangan sampai hanya semangat di awal-awalnya nya saja, malah makin kesini makin males dah balesin komentar-komentar para pengunjung setia ente emoticon-Smilie
Spoiler for managing:

3. Belajar sedikit tentang bahasa pemrograman
Saya rasa ini perlu, karena Steve Jobs sendiri bilang “Semua orang di dunia ini belajar meprogram komputer, agar dapat melatih cara berpikir”. Tuh engkong steve aja bilang gitu, memang perlu karena kita pasti ingin website kita tambah cantik dengan bahasa CSS, tambah powerfull dengan sedikit tambahan-tambahan javascript, dan lain sebagainya. Kalo tetep gak bisa gimana bang? Yaudah gapapa lanjut aja biar aja mengalir kaya air sungai zam-zam, ntar lama-kelamaan kita bakalan cari cara atau tuttorial-tutorial supaya blog atau website kita makin maknyuss.
Spoiler for programming:

4. Memahami sedikit hal-hal teknis seperti (domain, hosting)
Sebenernaya dunia perwebsitean itu sangat luas, tapi saya pikir dua hal diatas itu saja sudah cukup buat kita menghasilkan blog atau website yang baik. Bahkan jika kita menggunakan blogger atau blogspot kita tidak perlu dua hal diatas malah (domain, hosting)
Domain, itu nama blog atau website kita yang akan dikenal, dikunjungi, ditulis di bar url browser oleh orang-orang hehe, gitu singkatnya, kalau hosting tempat kita menampung website kita, jadi sebuah website itu akan ada beberapa file, nah file-file inilah yang akan kita taruh di hosting tersebut, kalo saya bilang sih harddisk nya, jangan bilang gak tau harddisk ya wkwk.
Spoiler for hosting:



Duh capek juga ya nulis hehe, nah skearang bila ditanya kapan seharusnya punya blog? Kapan seharusnya punya website? Jawaban nya yaa saat kita bosen sama hidup yang gitu-gitu aja, pengen ngisi waktu luang, saat pengen berbagi ilmu pengetahuan, saat ingin jualan produk secara online, dan SEKARANG! Jadi tunggu apa lagi ayukk kita buat website sama-sama dan post website baru kamu di post emoticon-Big Grin

Gak nolak gan kalo dikasih yang seger-segeremoticon-Blue Guy Cendol (L)
Monggo referensi buat belajar membuat web dan source code gratis goo emoticon-Matabelo
Diubah oleh arvin23marviady 04-11-2015 20:50
0
3.8K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan