Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

timeisnotcreateAvatar border
TS
timeisnotcreate
11 Hal Pengganggu Konsentrasi !




~Pengertian
----------------------
Menurut saya , Konsentrasi adalah masa di mana makhluk hidup sedang fokus terhadap sesuatu . *(terserah mau percaya atau engga) emoticon-Hammer (S)





Berikut ini adalah 11 hal penggganggu konsentrasi :

1. Media Sosial


Berbagai media sosial seperti facebook atau twitter dan bahkan bbm dapat mengganggu konsentrasi anda. Hal ini disebabkan seringnya perubahan status yang membuat anda tergoda untuk melihat dan membacanya sehingga mengganggu konsentrasi anda, baik saat bekerja atau belajar.

Cara mengatasinya adalah hindari masuk ke dalam situs media sosial tersebut selama bekerja. Jika anda tergoda untuk melihat berbagai perubahan status dan berita terbaru, lakukanlah hal ini di waktu istirahat makan siang sehingga konsentrasi anda tidak terganggu .

2. Telepon Genggam


Suara bunyi telepon genggam anda, baik sms atau telepon masuk dapat mengganggu konsentrasi anda saat bekerja. Mematikan suara telepon genggam anda agar tidak mengganggu pekerjaan anda dapat membantu. Periksalah telepon genggam anda saat pekerjaan anda telah selesai. Akan tetapi, terdapat pengecualian bila pekerjaan anda mengharuskan anda untuk menjawab setiap panggilan telepon dan membalas setiap sms yang masuk.


3. Melakukan Banyak Hal Sekaligus


Walaupun anda mungkin merasa bahwa anda dapat menghemat waktu anda dengan melakukan banyak pekerjaan sekaligus, tetapi pada kenyataannya hal ini justru menghabiskan lebih banyak waktu anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa melakukan 3 hal sekaligus menghabiskan lebih banyak waktu daripada melakukan satu hal hingga selesai dan kemudian melakukan hal berikutnya lagi. Sebaiknya jangan melakukan banyak hal sekaligus bila hal tersebut sangat penting atau mendesak. Anda dapat melakukan banyak hal yang tidak mendesak sekaligus.


4. Merasa Bosan


Rasa bosan dapat sangat mengganggu konsentrasi dan kinerja anda. Saat anda merasa bosan, perhatian anda akan sangat mudah teralihkan.anda bahkan mungkin tergoda untuk berhenti melakukan pekerjaan anda dan melakukan hal lainnya yang lebih menarik.

Untuk mengatasinya, cobalah sistem penghargaan. Sistem penghargaan adalah anda berjanji pada diri anda sendiri, di mana bila anda berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan yang anda anggap membosankan, anda dapat memperoleh waktu istirahat selama 10 menit untuk melakukan kegiatan lainnya yang anda sukai atau untuk menikmati kopi.

Sistem penghargaan ini dapat membantu anda menyelesaikan berbagai pekerjaan membosankan. Selain itu, mendengarkan lagu saat melakukan pekerjaan tersebut juga dapat membantu anda.



5. Banyak Pikiran


Jika anda memiliki banyak pikiran atau khawatir mengenai berbagai hal yang harus anda selesaikan di rumah, maka hal ini dapat mengganggu konsentrasi anda saat bekerja. Bila anda terus memikirkan satu hal, maka catatlah hal tersebut sehingga anda tidak merasa takut lupa melakukan hal tersebut nanti.

Bila banyak masalah mengganggu pikiran anda, anda dapat mencoba menuliskan berbagai hal menyebalkan dan mengganggu tersebut dalam sebuah buku untuk membantu anda menenangkan pikiran anda dan bekerja dengan lebih baik.


6. Stress


Saat anda merasa terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, hal ini dapat membuat anda merasa lelah dan stress bahkan sebelum memulai pekerjaan anda tersebut. Selain itu, stress juga berpengaruh pada tubuh anda dan dapat menyebabkan nyeri otot, nyeri kepala, atau rasa tidak nyaman lainnya pada tubuh anda sehingga mengganggu konsentrasi anda.

Meditasi dapat membantu mengurangi rasa stress anda. Selain itu, memijat juga dapat membantu menurunkan stress, terutama bila anda merasa pegal-pegal atau tidak nyaman.



7. Rasa Lelah


Rasa lelah dapat membuat anda sangat sulit berkonsentrasi, belum lagi ditambah dengan berbagai pengalih perhatian lainnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa waktu tidur yang kurang dapat membuat anda merasa lelah dan mengurangi kemampuan anda dalam memusatkan perhatian serta daya ingat jangka pendek.

Sebagian besar orang dewasa membutuhkan waktu selama 7-9 jam untuk tidur setiap malam. Tidur yang cukup dapat membantu anda lebih berkonsentrasi selama bekerja.



8. Kelaparan


Otak anda tidak dapat bekerja dengan baik tanpa bahan bakarnya, yaitu makanan. Oleh karena itu, melewatkan waktu makan anda, terutama waktu sarapan merupakan salah satu pembunuh konsentrasi anda.

Seperti halnya rasa lelah, rasa lapar pun dapat mengganggu konsentrasi dan daya ingat jangka pendek anda. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah rasa lapar mengganggu konsentrasi anda adalah:

-Sarapan setiap hari
-Makanlah makanan tinggi protein
-Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan manis dan pasta
-Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum.


9. Depresi


Sebagian besar orang mengatakan bahwa rasa sedih merupakan ciri khas depresi. Akan tetapi sebuah institut mental di Amerika mengatakan bahwa kesulitan berkonsentrasi merupakan gejala yang sering ditemukan pada penderita depresi. Jika anda sulit berkonsentrasi, merasa kesepian, putus asa, dan tidak tertarik untuk melakukan apapun maka anda mungkin sedang mengalami depresi.

Jika anda mengalami berbagai gejala di atas, dianjurkan agar segera menghubungi dokter anda.



10. Obat-obatan


Beberapa obat-obatan anti depresi dapat mengganggu konsentrasi anda. Berkonsultasilah dengan dokter anda mengenai pilihan obat lainnya atau perubahan dosis obat bila memungkinkan.


11. ADHD


ADHD atau perilaku hiperaktif merupakan salah satu pengganggu konsentrasi. Penderita ADHD, baik anak-anak maupun orang dewasa mengalami kesulitan mempertahankan fokus dan perhatian pada satu hal atau tugas tertentu. Segera hubungi dokter anda bila anak anda atau anda mengalami gangguan ini.

_______________________________________
SUMBER : https://www.dokter.id/berita/11-hal-pengganggu-konsentrasi
-----------------------------------------------------------------
"Demikian thread yang ane copas ini semoga bermanfaat buat ente" emoticon-Cool

Gambar ane peroleh dari google dan pengertian dari pendapat ane sendiri emoticon-Hammer (S)

Ane gak berharap emoticon-Cendol (S) atau emoticon-Bata (S) emoticon-Hammer (S) kalau ente merasa baca silahkan tinggalkan Jejak dan emoticon-Rate 5 Star


Quote dari ane "Konsentrasi lah pada kesulitan anda" emoticon-Cool


Diubah oleh timeisnotcreate 04-11-2015 22:02
0
6.4K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan