Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dorobtuAvatar border
TS
dorobtu
Ketua Fraksi PKS: Gubernur DKI Punya Kepentingan Apa Tentukan Lokasi Demo?
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD DKI Selamat Nurdin mengatakan seharusnya kebijakan mengenai ketentuan demonstrasi dibuat menggunakam peraturan daerah (perda) bukan peraturan gubernur (pergub).

"Nanti kesannya kalau dengan pergub doang, Gubernur (Basuki Tjahaja Purmama) ada kepentingan apa? Ada aspirasi dari mana? basis aspirasi mana?" ujar Selamat Nurdin ketika dihubungi, Minggu (1/11/2015).

Selamat mengatakan, sudah seharusnya kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan umum diputuskan bersama dengan DPRD DKI. Sebab, peraturan yang disusun dalam perda akan memiliki kajian akademisnya. Jika lokasi demonstrasi diatur, pengaturan itu dilakukan dengan melihat hasil kajian terlebih dahulu.

Selamat meyakini tujuan Basuki mengeluarkan pergub tersebut sebenarnya baik. Namun, tanpa kajian ilmiah yang tepat dan analisa yang matang, peraturan tersebut dikhawatirkan merugikan banyak pihak.

"Sekarang kita mau tanya, Gubernur buat pergub ini maksud dan tujuannya apa, naskah akademisnya dan analisanya dari mana? Kan orang jadi bertanya-tanya walaupun tujuannya baik," ujar Selamat.

Lokasi demo di Jakarta kini telah ditentukan. Hanya ada tiga tempat yang bisa digunakan untuk melakukan demo. Tiga lokasi itu adalah di Parkir Timur Senayan, Alun-alun Demokrasi DPR/MPR RI, dan Silang Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Hal itu tertera dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 228 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pelaksanaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum pada Ruang Terbuka. Peraturan itu dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan disahkan pada 28 Oktober 2015 lalu.

sumber

Kalo perpres keluar berarti Presiden punya kepentingan gitu ? emoticon-Matabelo
0
2.9K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan