lustyroseAvatar border
TS
lustyrose
Dokter Muda yg Dibayar Dengan Sampah



Gamal Albinsaid, pria berwajah Arab ini ternyata pernah bertemu dengan Pangeran Charles dari Inggris di awal 2014. Tidak hanya bertemu tapi juga berbincang dan makan malam bersama. Siapa sebenarnya dokter muda asal Malang ini?

Dilahirkan di Malang, Jawa Timur, pada tanggal 8 September 1989, pria ini mempunyai kisah sedih sendiri. Lebih tepatnya kisah sedih seorang anak pemulung sampah bernama Khairunnisa. Khairunnisa kecil saat itu menderita diare. Tapi karena ayahnya adalah seorang pemulung dan tidak mampu untuk membayar biaya pengobatan ke dokter, akhirnya memberikan anaknya pengobatan ala kadarnya. Beberapa waktu kemudian, Khairunnisa ditemukan meninggal dunia di antara tumpukan kardus-kardus sampah. Kisah sedih Khairunnisa lah yang menjadi inspirasi Gamal untuk lebih peduli pada masyarakat yang tidak mampu untuk mendapat akses pengobatan.



Gamal saat itu masih menjadi mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Bersama keempat temannya dia membangun ide untuk membuat sampah menjadi jalan atau alat bagi masyarakat untuk dapat berobat. Gamal dan kawan-kawan ingin memandirikan masyarakat dengan cara mengambil sumber daya mereka (yaitu sampah) dan memberdayakannya untuk meningkatkan kesehatan mereka. Bentuk asuransi pun diambil karena Gamal ingin menciptakan Holistic Healthcare Service dimana membuat yang sehat menjadi lebih sehat, mencegah yang sehat agar tidak sakit, menyembuhkan dan merehabilitasi untuk sembuh bagi yang sakit. Dengan bimbingan dosennya, Gamal dan kawan-kawan akhirnya mendirikan Klinik Asuransi Sampah di tahun 2010. Sempat vakum, akhirnya klinik ini kembali hidup di akhir 2013.

Klinik Asuransi Sampah (KAS) tentunya berbeda dengan klinik-klinik kesehatan lainnya. KAS dalam operasionalnya mengandalkan sampah yang dikumpulkan oleh anggotanya yang kini telah mencapai 500 orang. Untuk menjadi anggota KAS persyaratannya cukup mudah. Setiap anggota hanya mengumpulkan sampah organik dan atau anorganik selama 1 bulan hingga sampah tersebut mencapai nilai 10 ribu rupiah. Jika sampahnya sudah mencapai nilai 10 ribu rupiah, maka anggota berhak mendapatkan Asuransi Sampah yang berlaku hanya di KAS saja. Karena bentuknya asuransi, maka setiap anggota harus mengumpulkan sampah senilai 10 ribu rupiah setiap bulannya.

Asuransi yang didapatkan setiap anggotanya yaitu asuransi kesehatan primer berupa perawatan dan pengobatan yang dilakukan di KAS tapi tidak sampai ke rumah sakit. Meskipun demikian, penyakit yang ditangani KAS tidak hanya penyakit-penyakit ringan seperti batuk dan pilek, tapi hingga darah tinggi, kencing manis, gangguan jiwa, infeksi, dan jantung. Obat yang didapat anggota adalah obat generik, jika anggota ingin obat bermerek maka petugas hanya memberikan resep untuk ditebus di apotik di tempat lain.

Sampah-sampah yang dikumpulkan dari seluruh anggota ada yang diolah menjadi pupuk dan dijual seharga tujuh ribu rupiah per kilogram, ada yang dijual ke pengumpul. Uang hasil dari penjualan sampah tersebut digunakan untuk biaya operasional KAS yang kini telah ada di 5 tempat.



Gamal dan Pangeran Charles, gambar: www.unilever.nl

Berkat program KAS inilah Gamal terbang ke Inggris dan bertemu dengan Pangeran Charles di awal tahun 2014. Gamal menjadi juara pertama dari tujuh finalis yang diantaranya berasal dari Peru, Nepal, dan Nigeria. Gamal mendapat penghargaan Sustainable Living Young Entrepreneurs dari Kerajaan Inggris, menyisihkan 510 peserta dari 90 negara. Selain penghargaan, Gamal juga memperoleh uang sebesar 50.000 € atau setara dengan kira-kira 800 juta rupiah, dan dukungan dari Cambridge Programme for Sustainability Leadership (CPSL) dan Unilever untuk menjalankan sistem ini dalam beberapa bulan mendatang.



KAS didirikan di bawah bendera perusahaan Indonesia Medika. Perusahaan bisnis sosial ini menampung 47 orang dari berbagai disiplin ilmu dengan usia rata-rata di bawah 24 tahun. Konon orang-orang berusia di bawah 24 tahun tidak hanya memikirkan berapa banyak uang yang didapat tapi lebih kepada apakah pekerjaannya bermakna dan membahagiakan.

Selain KAS perusahaan ini bekerja sama dengan salah satu rumah sakit dalam program sabuk bayi pintar. Sabuk bayi pintar merupakan sabuk audio bagi ibu hamil untuk menghasilkan generasi yang cerdas. Audio yang keluar berupa musik klasik seperti karya Mozart, atau bagi yang beragama Islam dapat menggantinya menjadi murrotal Al-Qur’an.

Ke depannya, Gamal ingin menciptakan sekolah yang dibayar dengan sampah. Hal ini dia pikirkan ketika berbincang dengan Pangeran Charles yang berharap agar ide ini dapat lebih berkembang tidak hanya kesehatan dan lingkungan.

Ada sebuah pesan yang dokter muda ini selalu pegang dalam hidupnya, yaitu :

“Tidak ada kebaikan yang sempurna tanpa kesabaran, karena kesabaran adalah nafas yang menentukan lama atau tidaknya sebuah kebaikan.”




Berobat dengan pembayaran sampah




Setiap akhir pekan puluhan warga datang ke sejumlah klinik di kota Malang dengan membawa sampah antara lain berupa botol plastik, kardus dan kertas.
Sampah-sampah yang dapat didaur ulang - yang mereka kumpulkan dari rumah sendiri dan lingkungan di sekitar- mereka bawa dan ditukarkan dengan kartu berobat melalui program Klinik Asuransi Sampah, yang digagas dr. Gamal Albinsaid.
Ada lima klinik yang saat ini menerapkan sistem dengan menukarkan sampah dengan kartu asuransi ini.
"Warga cukup menyerahkan sampahnya kepada Klinik Asuransi Sampah dan mereka bisa menikmati berbagai fasilitas pelayanan kesehatan primer," kata Gamal.



Sampah yang mereka bawa – dapat berupa sampah kering apa saja yang dapat didaur ulang- dan kami hargai Rp10.000," kata Gamal.
Dengan sampah ini, kami memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dokter, gula darah sampai obat, tambah dokter berusia 24 tahun ini.
Aktivitas melalui organisasi Indonesia Medika ini mulai dibentuk tahun 2010. Namun sempat terhenti setelah berjalan baru enam bulan.
Sejak Maret 2013, Klinik Asuransi Sampah ini mulai diaktifkan lagi dengan sasaran utama keluarga kurang mampu.
Meninggalnya anak pemulung
Sejauh ini, anggota klinik dengan premi sampah ini mencapai lebih dari 500 orang di lima klinik dengan penambahan sekitar 50 orang per minggu, kata Gamal.
"Kami terus mensosialisasikan dengan antara lain mengadakan pengobatan gratis dan berbagai penyuluhan."




Meninggalnya Khaerunissa, seorang anak pemulung pada delapatan tahun lalu akibat diare karena ayahnya yang tak sanggup membawa berobat.
"Ini sangat menyedihkan dan merupakan tamparan bagi dunia kesehatan," kata Gamal.
"Oleh karena itu kami membentuk klinik dengan sistem asuransi sampah ini. Kami mengajak kader Posyandu, ibu-ibu PKK dan masyarakat untuk mengembangkan Klinik Asuransi Sampah untuk membantu masyarakat," kata Gamal.
Kebersihan lingkungan
"Mereka tidak hanya bisa berobat namun juga mendapatkan penyuluhan untuk mencegah penyakit dan juga rehabilitasi bagi mereka yang baru sembuh dari sakit," tambahnya.
Namun dalam upaya mengembangkan klinik dengan premi sampah ini, cukup sering juga Gamal dan teman-teman mendapat permintaan agar dana Rp10.000 diberikan saja dalam bentuk uang tunai dan bukan dengan membawa sampah.
"Konsep edukasi lingkungan ini yang juga ingin kami tanamkan, dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan sumber daya yang terbuang."
Bagi warga kota Malang yang telah menjadi anggota Klinik Asuransi Sampah ini, konsep ini tidak hanya membantu secara finansial namun juga kebersihan lingkungan.



Kami juga bisa merasakan pengaruh positifnya terkait kebersihan rumah dan lingkungan," kata Yuli Kurniawati, warga di kelurahan Sukun, Malang.
Indonesia Medika merencakan untuk menerapkan sistem pembayaran sampah ini ke klinik-klinik lain, tidak hanya di Malang namun juga kota-kota lain di Indonesia.


Sumber:
http://4muda.com/gamal-albinsaid-dok...dengan-sampah/

http://www.bbc.com/indonesia/majalah..._sosial_klinik



emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)



PERBANYAK GAN DOKTER YG SEPERTI INI DI INDONESIA
DOKTER YG MELAYANI DENGAN HATI


emoticon-Matabeloemoticon-Belo matabelo

Diubah oleh lustyrose 28-10-2015 15:12
0
3.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan