Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eiffel05Avatar border
TS
eiffel05
Share Pengalaman Memilih KPR dan beli Rumah
Bismillah.. Assalamualaikum wr. wb.

ini trit pertama ane setelah cukup lama mantengin kaskus, jadi mohon maaf bila ada salah2 kata or tindakan (belum ngerti spoiler, dll emoticon-Malu (S) ) yg salah dalam trit ini. setelah baca trit tentang KPR, ane jadi tertarik untuk share pengalaman buat agan2 yg berencana atau punya keinginan untuk mengambil KPR dan beli rumah.

Ane usia 29 thn sudah beristri dan mempunyai dua orang anak usia 3 thn dan 3 bln. Saat ini ane membeli rumah di sebuah lokasi dengan DP 20% lebih, sisanya ane ajuin KPR selama 15 thn.


Langsung aja, ane mau share pengalaman ane pribadi sebagai pengguna KPR syariah dan kaka2 ane sebagai pengguna KPR konven.
Berikut beberapa tips dari ane berdasarkan pengalaman sendiri:



Pemilihan Bank


1. Bandingkan suku bunga antar Bank.
Jangan males dan gengsi untuk mencari referensi pasti mengenai suku bunga yg berlaku pada bank yg agan minati, jangan hanya mengandalkan brosur2 yg bertebaran, suku bunga mulai 7% bla.. bla.. bla.. cari sedikit kepastian, salah satunya adalah melalui CS nya, tanya2 mengenai bunga KPR, syarat2 dan penjelasannya.

Hasilnya: Dalam posisi ini bank konven biasanya lebih menggiurkan pada 1-3 thn pertama KPR sekitar 10,5%, setelah itu mengikuti bunga pasar, sekitar 12%-15%. Pada KPR syariah ane langsung mulai 12,5%! eits, tapi flat sampe lunas emoticon-Blue Guy Peace

2. Bandingkan cicilan antar Bank.
Pada kasus ane, developer bekerjasama dengan 2 bank syariah dan 1 bank konven yg sudah sangat terkenal untuk urusan perumahan. Dalam kondisi ini, ane sarankan agan2 harus mau sedikit repot untuk membandingkan cicilan resmi yg di keluarkan dri pihak bank terkait (jangan berpatokan pada cicilan yg tertera di brosur ataupun perkiraan dri bank dan developer).
sedikit ribet karena agan2 harus memenuhi syarat2 yg diminta bank, kebetulan klo ane minta bantuan developernya juga untuk mengurus surat2 awalnya.

Hasilnya: Antar 2 bank syariah aja ada perbedaan cicilan sebesar Rp. 1jt/bulan!



Pengajuan KPR


1. Lengkapi syarat2 dasar yg wajib dipenuhi
klo ini mungkin beberapa udah pada tau ya.. diantaranya surat keterangan resmi dri kantor sebagai kartap min. 2 tahun, surat nikah (bagi yg udah menikah) dan administratif lainnya. nah ada satu syarat yg biasanya cukup berat di penuhi oleh beberapa bank, maksimal cicilan adalah 30% dari total gaji. Disinilah peran pemilihan bank tadi turut membantu. Pilih bank yg bisa lebih fleksibel. tapi inget resikonya juga gan emoticon-Ngakak (S)

Hasilnya: Ane berhasil tembus di salah satu bank syariah dengan total cicilan yg ane punya mencapai 30% lebih pendapatan ane.

2. Bebas dari segala sanksi administratif.
yang paling umum adalah ketika agan2 pernah tersangkut kartu kredit, ini bakal menyulitkan banget.

Hasilnya: Alhamdulillah ane bersih. emoticon-Kiss (S)



Pertimbangkan Pengeluaran Jangka Panjang


1. Biaya Anak dan keluarga
Pemilihan KPR pasti berpengaruh ke cashflow agan untuk jangka panjang, diantaranya adalah untuk keperluan keluarga dan anak. Ada biaya kesehatan, pendidikan, jalan2 dan kebutuhan lainnya.

Hasilnya: klo dengan syariah, pastinya agan2 udah tau berapa cicilan yg harus dibayarkan perbulan, jadi ga takut mau ada inflasi, dollar naik dll, cicilan tetap.

2. Jadi tau harga rumah saat lunas
Dengan KPR syariah berhubung cicilannya flat, agan bisa tau dengan hampir pasti berapa total uang yg agan bayarkan setelah 15 thn. Tapi dengan catatan, klo ada rejeki lebih, baik bank syariah maupun konven, bisa dipercepat dengan bayar pokok hutangnya aja.

Hasilnya: ane jadi tau harga rumah ane saat udah lunas dan ga pake percepatan.. salinan dri bank nya lengkap sampe 15 thn.



Positif, Negatif


Harap di catet ya gan, ini hanya tips2 berdasarkan pengalaman pribadi ane, tanpa menyudutkan salah satu pihak bank. Karena pastinya masing2 ada positif dan negatifnya.

1. Persetujuan nilai cicilan
Salah satu syarat disetujui nya jumlah cicilan adalah 30% dari total pendapatan. Nah positifnya klo pake bank konven kan bunga awalnya lebih kecil, artinya kemungkinan jumlah 30% awalnya lebih kecil dari bank syariah. Daripada maksa ke bank syariah, ternyata ga sesuai.

Hasilnya: Pengalaman pribadi dri kaka2 ane gan, dengan bank konven nilainya jadi masuk.

2. Banyak kerjasama dengan developer
Bank2 konven lebih banyak yg kerjasama dengan developer dibandingkan dengan syariah.. kecuali agan bisa minta ke developernya untuk mengajukan KPR dengan bank tertentu.

Hasilnya: Biasanya jika syarat2 dasar terpenuhi, ada kemudahan2 yg dikasih oleh bank yg kerjasama (berlaku bank konven dan syariah)



Hitung dan Cermat


Dari tips2 ane diatas inti dari penyampaiannya adalah mengenai langkah pertama yg sangat menentukan untuk agan2 ke depannya. Jadi dalam kasus ane, ane akhirnya memilih Bank Syariah, walaupun bunga awal cukup besar, tapi sekarang ane bisa tau total pengeluaran ane untuk cicilan rumah ane selama 15 thn ke depan. Cashflow ane jadi bisa di tempatkan dengan pasti di bagi buat apa2 aja.

Perbandingan ane dan kaka2 ane, krna waktu awal kaka2 ane semua pake bank konven, katanya bunganya lebih rendah. tpi setelah berjalan 2 thn, mereka kaget karena sering dapet surat cinta dari bank tentang kenaikan suku bunga, total cicilannya bisa bertambah 800rb - 1jt rupiah setelah thn ke-3. Tapi saat suku bunga turun, katanya bunga cicilannya juga bisa ikut turun ko. Semua kembali ke agan2 sesuai situasi dan kondisinya. emoticon-I Love Indonesia (S)

Akhir kata ane ucapkan banyak trimakasih, ane ga bermaksud apa2 hanya share pengalaman pribadi, ane juga bukan promo dan bagian dari salah satu bank. Ane hanya berharap semoga pengalaman ane bisa bermanfaat bagi agan2 smua. emoticon-I Love Kaskus (S)

Penutup: Tolong jangan di emoticon-Bata (S) ya, maklum newbie bikin trit.... Tapii kalo ada yg mau ngasih emoticon-Cendol (S) ane doain semoga lancar urusannya klo pengen ngajuin KPR dan dilancarkan juga segala proses pembayarannya.. Aamiin emoticon-I Love Kaskus (S)

Wasalamualaikum wr. wb
eiffel05
wisudajuni
wisudajuni memberi reputasi
1
17.5K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan