Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

redmarionetteAvatar border
TS
redmarionette
Fanclub sepakbola indonesia? mengharumkan atau memalukan?
emoticon-Shakehand2 emoticon-Bola
Salam damai kawan" sebangsa setanah air indonesia emoticon-Big Grin ane dimari ingin berkicau sedikit mengenai fanclub persepakbolaan indonesia, berhubung tidak jarang ane jumpai thread" yg menyinggung mengenai anarkisme pada fanclub persepakbolaan indonesia

Agan" skalian pasti sudah tidak asing mendengar fanclub seperti the jak atau viking (bukan maksud menyinggung pihak" tsb). Pada hari menciptaannya fanclub didirikan untuk menunjukkan kebanggaan dan support bagi tim yg didukung emoticon-Big Grin. Namun seperti yg kita" ketahui banyak dr fans sepakbola yg menyalahgunakan kebanggaan terhadap klub dukungannya untuk berbuat anarkis.

sudah cukup lama masalah ini bersarang di tanah air, fanatik fanclub yg mencegat/membajak angkutan umum, vandalisme, hingga tawuran antar fanclub.

tentu, bagi kalangan fanclub yg masih dapat berpikir rasional, tindakan ini terlihat norak, miris, mengecewakan bahkan memalukan. tentu, dimata masyarakat umum tindakan yg dilakukan para anarkis" tsb yg mengatasnamakan fanclub sangatlah merugikan.

mengapa mereka bersedia melakukan tindak anarkis demi klub mereka? apalah yg mereka pikirkan sehingga berani mati demi klub mereka? mengapa harus menumbuhkan kebencian terhadap kubu lawan? perlukah anarkisme dan vandalisme dalam fanclub?

perlu diingat, klub persepakbolaan bukanlah suatu hal yg layak di-Tuhan-kan. bila anda ingin menunjukkan support terhadap suatu klub, lakukanlah selayaknya orang beradab emoticon-Big Grin tidaklah perlu mencaci maki dan memusuhi klub lawan hingga menimbulkan kekacauan.

bagi yang merasa risih dengan kehadiran kalagan fanatik fanclub, marilah kita maklumi sejenak, kita ambil tindakan dari yang kecil. janganlah langsung memusuhi fanclub. marena yang sebenarnya mereka inginkan hanyalah menunjukkan support, bukannya membuat kerusuhan (walaupun mungkin tidak seluruhnya seperti itu). mari kita introspeksi dan perbaiki cara tanggapan kita terhadap mereka. termasuk cara didik kita, agar generasi kedepan tahu akan kesalahan yang dibuat oleh anarkisme generasi kini. jangan sampai karena masalah ini timbul perpecahan antar saudara setanah air. emoticon-Big Grin

sekian gan unek" yg mau ane sampaikan, terima kasih
emoticon-I Love Indonesia
0
1.6K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan