Tanyakan 5 Pertanyaan Ini Ketika Menyelidiki Masalah Keterkiriman Email Marketing
TS
docoblast
Tanyakan 5 Pertanyaan Ini Ketika Menyelidiki Masalah Keterkiriman Email Marketing
Tanyakan 5 Pertanyaan Ini Ketika Menyelidiki Masalah Keterkiriman Email Marketing
Mungkin Agan menemukan bahwa tingkat keterkiriman (deliverability) email Agan rendah dan Agan tidak tahu harus bagaimana. Sebelum Agan panik, ingatlah bahwa keterkiriman email adalah sebuah perkara yang rumit. Terima saja fakta bahwa selalu ada peluang dimana salah satu kampanye Agan akan menjadi korban folder spam. Bahkan pengirim yang terbaik sekalipun masih bisa mengalami kegagalan pengiriman.
Untuk membantu Agan, berikut 5 pertanyaan yang perlu ditanyakan kepada diri Agan sendiri ketika menyelidiki masalah keterkiriman email.
Mungkin Agan sudah tahu ini sebelumnya, tetapi tidak ada salahnya mengulangi. ISP (penyedia layanan internet) melakukan keputusan penyaringan (filtering) berdasarkan reputasi pengiriman email Agan. Jika Agan memiliki reputasi yang buruk, email Agan sangat besar kemungkinan akan berujung di folder spam atau diblokir. Jika Agan tidak memiliki reputasi, email Agan bisa dikategorikan email spam sampai Agan membangun reputasi tersebut.
Reputasi pengiriman Agan bisa berfluktuasi dengan setiap kampanye email yang Agan gunakan, jadi Agan perlu memantau program email Agan secara reguler. Kunjungi situs seperti senderscore(dot)org atau senderbase(dot)org untuk melihat dimana posisi Agan. Jika Agan menemukan bahwa reputasi pengirim Agan telah turun di bawah standar, Agan punya pekerjaan untuk itu – dan lakukan dengan cepat!
2. Apakah Agan tahu tingkat komplain Agan?
Quote:
Tingkat komplain yang tinggi akan membuat Agan dikirim ke zona berbahaya lebih cepat dari yang Agan duga. Pastikan Agan mengirim email yang sangat relevan kepada semua pengguna di contact list Agan. Periksa tingkat respon Agan untuk menentukan seberapa besar engagement yang dihasilkan konten Agan. Dalam jangka waktu lama, ini akan memperbaiki reputasi pengiriman Agan dan tingkat keterkiriman atau deliverability-nya.
3. Apakah IP Agan masuk dalam blacklist atau daftar hitam?
Quote:
Tingkat komplain yang tinggi juga bisa membuat IP Agan berada dalam blacklist atau daftar hitam. Ada dalam daftar hitam adalah sebuah keniscayaan untuk diblokir pada ISP manapun. Periksa daftar-daftar hitam berikut untuk melihat apakah IP Agan termasuk di dalamnya:
Quote:
Spamhaus
SURBL
Barracuda Reputation Block List
Invalument
Spamcop
MultiRBL
Jika IP Agan ada di dalamnya, Agan bisa mengatasi ketidaksesuaian yang ada dengan langkah-langkah yang tepat untuk menghapus IP Agan dari daftar-daftar ini.
4. Apakah Agan mengotentikasi email Agan?
Quote:
Otentikasi email adalah proses dimana Agan “menandatangani” email Agan, dengan menentukan domain mana yang secara resmi milik Agan. Penebar spam dan pelaku phising akan sering menggunakan nama-nama merk terpercaya untuk memperdayai ISP agar mengirim email mereka ke pengguna yang kemudian mengklik email berbahaya. Jika Agan gagal mengotentikasi email Agan, maka Agan bisa juga berakhir dalam tumpulkan sampah.
5. Apakah Agan memiliki IP baru?
Quote:
Di atas, kita sudah membicarakan tentang pemantauan reputasi dan bagaimana reputasi yang buruk memiliki efek negatif terhadap keterkiriman email Agan. Tanpa reputasi pun akan demikian, dan itulah sebetulnya apa yang Agan mulai lakukan ketika Agan mendapatkan alamat IP baru. Dengan demikian, Agan harus perlahan-lahan membangun reputasi Agan dari waktu ke waktu agar ISP percaya bahwa Agan adalah pengirim email yang resmi. Proses ini disebut “pemanasan IP”. Untuk memanaskan sebuah IP, Agan memulai dengan perlahan-lahan meningkatkan volume email yang Agan kirim biasanya sekitar 30-60 per hari.
Tidak diragukan bahwa Agan akan menemukan kegagalan pengiriman selama masa aktif email Agan. Bagaimana Agan menangani masalah ini adalah yang akan menentukan keberhasilan Agan di masa mendatang.