Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joe_hanAvatar border
TS
joe_han
Kepintaran Anak Versi Multiple Intelligence
Jakarta - Mendapat nilai bagus dan ranking di sekolah dikatakan pakar pendidikan anak merupakan nilai-nilai kepintarann tradisional. Dalam teori modern, kepintaran anak tidak hanya berhubungan dengan akademis saja.

Dr Thomas Armstrong, pakar pendidikan dari Amerika Serikat mengatakan berdasarkan teorimultiple intelligence, kepintaran anak terbagi menjadi 8 jenis yakni Music Smart, Body Smart,People Smart, Self Smart, Word Smart, Picture Smart, Nature Smart dan Number Smart.

"Semua anak memiliki 8 kepintaran ini, meskipun beberapa di antara mereka ada 1 atau 2 kepintaran yang menonjol. Tinggal bagaimana orang tua memberikan stimulasi agar semua kepintaran anak berkembang dan seimbang," papar dr Armstrong dalam peluncuran kampanye Beda Anak Beda Pintar oleh Wyeth Nutritional di Hotel Indonesia Kempinski, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Setiap kepintaran memiliki bidang yang berbeda. Stimulasi yang diberikan orang tua pun harus berbeda-beda tergantung jenis kepintarannya. Berdasarkan pemaparan Dr Armstong, berikut karakteristik 8 kepintaran anak dan stimulasi yang diberikan:

1. Word Smart

Word smart merupakan kepintaran anak di bidang linguistik dan verbal. Anak dengan kepintaran word smart yang menonjol akan senang menulis, membaca, berbicara serta bercerita.

Alat stimulasi yang dapat disediakan orang tua antara lain buku cerita anak-anak, majalah yang dapat digunting, huruf alfabet dalam berbagai ukuran dan bentuk serta mainan blok yang bertuliskan kata-kata.

Kegiatan stimulasi yang dapat dilakukan meliputi membaca cerita bersama, melakukan dialog percakapan dan mengobrol.

2. Number Smart

Number smart merupakan kepintaran anak di bidang matematika, sains dan logika. Anak dengan kepintaran number smart yang menonjol senang melakukan eksperimen dan bertanya seputar lingkungan sekitar.

Alat stimulasi yang dapat disediakan orang tua antara lain benda-benda untuk berhitung, balok bertuliskan angka-angka, timbangan untuk mengukur berat, gelas ukuran, komputer dan puzzle.

Kegiatan stimulasi yang dapat dilakukan antara lain bermain monopoli, scrabble, jenga dan sejenisnya serta mengunjungi museum ilmu pengetahuan.

3. Self Smart

Self smart merupakan kepintaran anak untuk mengekspresikan diri dan emosinya. Anak dengan kepintaran self smart yang menonjol biasanya memiliki target atau impian yang jelas, cenderung senang bermain sendiri, memiliki rasa percaya diri dan kuat serta mampu mengkomunikasikan perasaannya dengan baik.

Alat stimulasi yang dapat disediakan orang tua antara lain tempat yang nyaman untuk bermain sendiri, materi untuk hobi khusus, boneka dan materi untuk permainan peragaan.

Kegiatan stimulasi yang dapat dilakukan antara lain mengobrol soal perasaannya dan  melakukan aktivitas untuk menghilangkan stres seperti yoga.

4. People Smart

People smart merupakan kepintaran anak untuk berinteraksi sosial. Anak dengan kepintaran people smart yang menonjol biasanya senang bermain dengan teman sebaya, memiliki empati, suka memimpin, bisa memahami perasaan orang lain dan senang berbagi.

Alat stimulasi yang dapat disediakan orang tua antara lain kostum untuk bermain drama, istana bonek, action figure hingga teater boneka.

Kegiatan stimulasi yang dapat dilakukan antara lain bermain bersama di luar ruma, darang ke acara perayaan keluarga, main games bersama dan mengadakan pertunjukan drama.

5. Music Smart

Music smart merupakan kepintaran anak di bidang suara dan bernyanyi. Anak dengan kepintaran musik smart yang menonjol biasanya senang bernyanyi, menggoyangkan badang mengikuti irama musik, memainkan instrumen musik, mendengarkan musik dan mengingat lagu.

Alat stimulasi yang dapat disediakan orang tua antara lain instrumen perkusi, keyboard elektrik, drum, piano atau instrumen musik lainnya.

Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain bernyanyi atau bermain musik bersama, mendengarkan musik bersama dan menonton konser musik.

6. Picture Smart

Picture smart merupakan kepintaran anak di bidang menggambar dan visual. Anak dengan kepintaran picture smart yang menonjol biasanya senang menggambar, seni, suka berimajinasi dan bermain membangun sesuatu menggunakan balok.

Alat stimulasi yang dapat disediakan orang tua antara lain buku gambar, krayon, cat air, kapur warna, mainan puzzle block dan kamera.

Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain menggambar bersama, mewarnai buku gambar, menonton film hingga mengunjungi museum seni.

Music Smart, Body Smart, Picture Smart dan Nature Smart.

7. Body Smart

Body smart merupakan kepintaran anak di bidang olahraga dan keterampilan tangan. Anak dengan kepintaran body smart yang menonjol biasanya senang menciptakan sesuatu dengan tangan, olahraga, menari, menyentuh benda-benda dan mempelajarinya.

Alat stimulasi yang dapat disediakan orang tua antara lain kantong pasir, balok-balok kayu, peralatan senam, tali untuk main lompat tali, peralatan pertukangan untuk anak dan alat olahraga lainnya.

Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain berolahraga bersama keluarga, membuat prakarya, nonton pertunjukkan balet atau teater.

8. Nature Smart

Nature smart merupakan kepintaran anak di bidang alam dan ekosistem. Anak dengan kepintaran nature smart yang menonjol biasanya senang berada di alam, menyukai binatang, senang berkebun dan peduli terhadap lingkungan dan alam.

Alat stimulasi yang dapat disediakan orang tua antara lain akuarium, terarium, binatang peliharaan, ala-alat berkebun dan teropong untuk melihat burung.

Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain jalan-jalan di alam bebas, memelihara binatang peliharaan dan berkebun bersama.

sumber :
http://health.detik.com/read/2015/10...ntelligencei-1

http://health.detik.com/read/2015/10...ntelligencei-2

trit ane nyang lainnya

Intip Megahnya Bandara di Korea Utara #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/560e7...177ea40a8b4588

8 Camilan Unik Bandara Haneda Jepang!!! #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/5608e...5163741b8b4576

cerita traveller yang diganggu "hantu" saat liburan #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/560de...741081268b459b

VOODOO (Bukan) Ilmu Hitam Afrika!!! #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/56058...e5dfd8768b4570

Kim Jong Un terima Penghargaan Soekarno #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/5607f...c06e52078b457c

Inilah Hal-hal Seru yang Wajib Kamu Lakukan di Kota Medan #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/56080...99751e1e8b4585
Diubah oleh joe_han 02-10-2015 12:20
0
4.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan