berkahsayurAvatar border
TS
berkahsayur
Nasi Kotak ala Jepang

Bento atai o-bento adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus atau nasi kotak, bento bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam atau bekal piknik.

Bento biasanya dikemas untuk porsi satu orang, walaupun dalam artian luas bisa berarti makanan bekal untuk kelompok atau keluarga. Bento dibeli atau disiapkan sendiri di rumah, ketika dibeli bento sudah dilengkapi dengan sumpit sekali pakai, berikut penyedap rasa yang disesuaikan dengan lauk, seperti kecap asin atau saus uster dalam kemasan mini.

Ciri khas bento lainnya adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta menggugah selera. Bento dapat pula dihias dan disusun rapi dalam gaya yang disebut kyaraben. Kemasan bento selalu memiliki tutup, dan wadah bento bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis. Ibu rumah tangga di Jepang dianggap perlu trampil dalam menyiapkan bento, walaupun bento bisa dibeli dimana-mana.

sumber : nasi kotak surabaya
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
9.7K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan