zulfikarfahdAvatar border
TS
zulfikarfahd
MENGELILINGI 5 NEGARA EROPA BERMODAL 1,5JUTA RUPIAH
Halo agan-agan Kaskus!

Mau share aja nih, siapa tau ada yang berniat traveling on budget ke Eropa.

Desember lalu gue pergi kelilingin 5 negara di Eropa Barat & Tengah: Prancis, Belgia, Jerman, Republik Ceko, dan Polandia. Tapi waktu itu gue terlalu "pelit" buat beli tiket kereta yang mahalnya ampun-ampunan. Untuk trip ke 5 negara tersebut selama 3 minggu, gue harus merogoh kocek 10juta sendiri (padahal tiket PP Jakarta-Paris-Jakarta gue cuma 7,5juta). Akhirnya gue puter otak. Gimana ya caranya buat jalan-jalan ke sana dengan murah?

Gue yakin, gue bukan satu-satunya backpacker kere di sana. Hehe. Untunglah gue ketemu beberapa orang yang ngasi gue beberapa insight tentang traveling murah di sana. Dan akhirnya, kesampaian juga tuh!



Gue berhasil muter-muter 4.000 km (9 kota, 21 hari) dengan modal 1.5juta rupiah saja. Gue juga naik kereta sih, tapi untuk jarak-jarak dekat aja dan ngga gitu mahal. Selain kereta, "travel hack" lain yang bikin trip gue jadi superirit adalah hal-hal sebagai berikut:

1. Bus Eurolines. Ini adalah bus paling terpercaya dan nyaman di Eropa, tapi harganya cukup masuk akal. Ini tersedia antarkota di Eropa Barat. Tapi kalau temen-temen mau bepergian ke/dari Polandia, bus yang enak dan murah adalah Polski Bus.

2. BlaBlaCar. Nah, ini adalah kunci dari trip murah gue! BlaBlaCar.com adalah sebuah situs yang mempertemukan traveler dengan pemilik mobil yang punya kursi kosong. Jadi misalnya waktu itu gue mau pergi dari Warsawa ke Berlin... gue tinggal klik tujuan & tanggal traveling gue, lalu situs tersebut akan menampilkan siapa aja yang akan bepergian ke rute yang sama di tanggal tersebut. Gue tinggal klik mau yang mana, baca profil dan testimoni dia, lalu kontak via SMS. Kita harus bayar buat nebeng mobil dia, tapiii... bayarnya muraahhhh banget. Bisa 4x lebih murah dari tarif bus! BlaBlaCar ini adalah situs ride sharing paling terpercaya di Eropa, dan ada mobile app-nya juga!



3. Hitchhiking! Nah, gue juga sempet nyetopin mobil di pinggir jalan nih (sambil bawa papan gitu). Hitchhiking udah cukup populer di Eropa, jadi pasti ada aja yang akan ngangkut kita secara gratis kalo kita nunggu di pinggir jalan. Biasanya gue sih nunggunya di pom bensin deket jalan tol (karena kalo mau road trip, biasanya mereka isi bensin dulu). Enaknya nunggu di pom bensin adalah kita bisa nunggu sambil jajan di cafe yang ada di dalam pom. Jadi kalo lagi salju atau cuacanya dingin banget, bisa sambil ngangetin badan. Pilihan lain: nunggu di deket pintu tol. Hitchhiking ini 100% gratis. Bahkan kita ngga perlu ikut patungan bensin.

Ini foto gue sama salah satu orang yang ngangkut gue di pinggir jalan:


Nah itu aja tips dari gue, semoga berguna buat Kaskusers sekalian.

Kalau mau cek cerita lengkap, rute perjalanan, dan detail biaya gue waktu itu, buka aja blog gue di: http://outtaofficereply.com/

Kalo ditotal-total, semua perjalanan yang gue tulis di blog gue itu cuma ngabisin duit $96 alias Rp1.500.000 lho!

Makasih, Gan!
Diubah oleh zulfikarfahd 05-10-2015 07:21
0
18.8K
179
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan