hellokittyAvatar border
TS
hellokitty
[Tips] Restore / Check Hardware Lama
Mau berbagi tips aja buat yang memiliki hardware nganggur atau disimpen lama, karena kebetulan kemarin abis cek-cek gudang.
Ada beberapa parts yang udah lama ga dipake, seperti VGA, Mobo, dan RAM.
Beberapa parts ini ada yang udah ditandain pake spidol tulisan "Mati" ( Ini biasanya karena udah nyerah atas coba ganti psu, cpu, ram slot tuker-tuker ram, tes pake vga lain ) karena kemungkinan terbesar itu udah rusak jadi mau dibuang, tapi pas dipikir-pikir kok sayang ya asal buang.

Akhirnya iseng aja dicek satu satu nih partsnya, ada beberapa mobo, Socket P45 LGA 775 (gigabyte), P67 1155 (asrock), Z77 MSI 1155, AM3+ (asrock). Di cek dan rata-rata kebanyakan masalahnya D6 (no graphic input), ram ga bisa kebaca, dan ga boot sama sekali seperti AM3+ ITX yang asrock punya.. Untuk VGA ada GTX 560Ti, GTX 460, dan HD 7950.

Akhirnya tes ulang setelah dibersih-bersihin lagi, socket-socketnya, termasuk untuk socket CPU, RAM slot, PCIe slot, SATA slots.
Pembersihan pake compressed air dan Contact Cleaner. Untuk VGA yang dilakukan adalah mencopot heatsink, membersihkan dan apply baru thermal paste, bersihkan heatsink dari berbagai macam debu, dan sisanya menggunakan contact cleaner, untuk bersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau dan juga untuk membersihkan thermalpaste yang sudah mengering. Setelah udah keliatan bersih dan cek ulang semuanya ga ada yang nempel kotoran maupun debu, di tes kembali.



Well, semuanya idup kecuali GTX 460, dan P45 LGA775. Jujur aja gak nyangka kalo beberapa ini masih hidup, ga tau juga masalahnya dimana, tapi yang membedakan semuanya dari waktu dulu sama ngetes kembali sekarang adalah adanya perbedaan menggunakan contact cleaner. Gak tau udah banyak yang tau apa belum tentang contact cleaner, tapi udah nyoba di berbagai macam hardware, dan kadang dipake juga akhirnya untuk bersihin mechanical keyboard saya, ga ada masalah.

Jika masih ada hardware yang sekiranya udah menyerah karena ga mau boot atau kebaca, coba deh bersihkan kembali, dan kontak bersihkan dengan contact cleaner, don't give up on your hardwares, try everything before you announce they're dead !

Bisa dikasih kan hardware-hardware ini ke yang membutuhkan, saudara, teman, atau sumbangkan ke yang membutuhkan emoticon-Smilie


TLDR : Bersihkan kembali dengan bersih menggunakan compressed air / contact cleaner. Siapa tau barang-barang hardware kesayangan anda masih hidup. Jangan nyatakan mati terlalu cepat emoticon-Smilie

Jika ini repost, mohon maaf dan abaikan saja, niatan hanya sharing.
0
7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan