mat_indonAvatar border
TS
mat_indon
Rombongan anak raja Saudi diduga sebabkan tragedi Mina?
Siang agan-agan, barusan ane terima berita ini, ane belum tahu kebenaran berita ini, jadi ane pasang tanda tanya di judul, oke?
Ane kemarin juga heran, ada apa jalan ke lokasi jumrah ditutup? Kita tahu betapa mengerikannya orang ratusan ribu berbondong-bondong ke suatu tempat, andai tidak ada crowd management, hampir bisa diprediksi akan menimbulkan bencana.
Berita ini menjawab pertanyaan ane kemarin.
Sampai saat ini baru media pers di Iran dan Lebanon (link di bawah berita) yang menyiarkan ini.
Semoga nanti ada update lagi mengenai kebenaran berita ini.

SUMBER
Rombongan anak raja Saudi diduga sebabkan tragedi Mina

Kehadiran konvoi Pangeran Muhammad bin Salman memaksa dua jalan menuju lokasi pelemparan jumrah ditutup.
Faisal Assegaf | Fars, Press TV | 25 September 2015 | 10:14


Korban tragedi Mina pada Kamis, 24 September 2015. (Al-Arabiya)

Tragedi Mina
Kehadiran rombongan Wakil Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman, juga putra dari Raja Salman bin Abdul Aziz, di tengah ribuan pengunjuk rasa tengah menuju lokasi pelemparan jumrah diduga sebagai penyebab utama terjadinya tragedi Mina.

Insiden itu berlangsung kemarin pagi di persimpangan antara jalan 204 dan 203. Pemerintah Saudi menyatakan hingga kini korban tewas berjumlah 717 jamaah haji dan 863 lainnya cedera.

Mengutip surat kabar berbahasa Arab terbitan Libanon, Ad-Diyar, stasiun televisi Press TV melaporkan konvoi Pangeran Muhammad itu memaksa dikawal 200 tentara dan 150 polisi. Akibatnya dua jalan ditutup dan para jamaah haji sedang berjalan ke tempat pelemparan jumrah dipaksa memutar balik.

Menyadari akibat tragis dari kehadirannya, rombongan Pangeran Muhammad segera meninggalkan lokasi. Namun keberadaan konvoi anak Raja Salman ini sengaja dirahasiakan dari liputan media.

Sejumlah pejabat Saudi malah menyalahkan jamaah haji sebagai penyebab tragedi Mina. Ketua Komite Haji Pusat sekaligus Gubernur Makkah Pangeran Khalid al-Faisal menuding jamaah asal Afrika.

Menteri Kesehatan Khalid al-Falih bilang musibah itu terjadi lantaran jamaah tidak menuruti panduan dan instruksi ditetapkan pihak berwenang.

Iran – 125 jamaahnya meninggal dalam tragedi Mina – menuding menutupi jumlah korban sebenarnya. Menurut Organisasi Haji dan Ziarah Iran, korban tewas sebenarnya lebih dari 1.300 jamaah.

Kantor berita Fars melansir menetapkan secara tertutup 28 petugas haji bersalah atas kejadian memilukan itu. Mereka divonis hukuman mati dan pelaksanaannya hari ini.

Petaka Mina itu berlangsung dua pekan setelah sebuah derek raksasa jatuh di Masjid Al-Haram, Kota Makkah. peristiwa ini menewaskan 111 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya.

Sumber berita yang juga memberitakan ini:

Prince Salman convoy triggered Hajj stampede: Report

Sources Blame Saudi Deputy Crown Prince for Thursday Stampede in Mina

Al-Dayar: Saudi deputy crown prince causes stampede in Mena




UPDATE: Bantahan dari bersamadakwah.net

Quote:
Diubah oleh mat_indon 27-09-2015 11:58
0
7.9K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan