Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

charliebegoAvatar border
TS
charliebego
Jama'ah asal Afrika Yg Tidak Disiplin Menjadi Penyebab Musibah Mina
Saudi salahkan jamaah Afrika sebagai pemicu tragedi Mina tahun ini

Insiden saling injak di Jalan 204, Mina, Arab Saudi, menjelang prosesi lempar jumrah hari ini menyebabkan 301 jamaah haji tewas, serta 450 luka-luka. Pemerintah Saudi mengklaim telah berusaha keras menyiapkan infrastruktur agar bencana di Mina tidak terus berulang.

Kepala Komite Haji Pangeran Khaled al-Faisal menyatakan upaya pengamanan pihaknya mubazir karena beberapa jamaah tidak disiplin. Khususnya jamaah asal Afrika yang menyemut di jembatan, lalu berhenti mendadak, memicu jatuhnya beberapa orang. Peristiwa ini berujung pada kepanikan massal.

"Insiden ini karena beberapa jamaah kewarganegaraan Afrika," ujarnya saat diwawancarai Stasiun Televisi Al Arabiya, Kamis (24/9).

Korban tewas kebanyakan berasal dari Mesir dan Yaman. Satu WNI bernama Sumaniro (48) dari Probolinggo dilaporkan wafat. Lokasi saling injak itu merupakan kawasan dua jalur menuju Mina di mana pilar batu yang menjadi lokasi lempar jumrah.

"Kami berusaha untuk mencegah kejadian tersebut berulang, namun nyatanya ini semua kehendak Allah," kata Menteri Haji Arab Saudi Iyad Madani dalam wawancara terpisah.

Tragedi haji paling buruk terjadi pada 2 Juli 1990. Ketika itu, ribuan orang berebut keluar dari terowongan Mina setelah jumrah, imbasnya 1.426 jamaah haji tewas terinjak dan kehabisan nafas. Mayoritas korban tewas adalah warga Malaysia, Indonesia, dan Pakistan.

Insiden parah di Mina terakhir kali terjadi pada 12 Januari 2006, ketika 346 jamaah tewas. Lagi-lagi karena saling injak. Kerajaan Saudi berusaha merenovasi jembatan Jamaraat menjadi dua lantai, terdiri atas beberapa lajur. Namun arus jamaah haji saban tahun selalu menuju lokasi jumrah selalu lebih besar dibanding infrastruktur yang tersedia.

http://www.merdeka.com/dunia/saudi-s...tahun-ini.html
0
4.7K
54
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan