coldfireAvatar border
TS
coldfire
Fakta Ilmiah: Bulan Tidak Pernah Terbelah [no sara]
UPDATE: WOY, UDAH GW BILANG INI BUKAN BUAT AJANG SARA-SARAAN. KALO DI ARGUMEN ANE ADA YANG SALAH SILAHKAN DILAWAN DENGAN ARGUMEN YANG VALID. JANGAN BAWA-BAWA AGAMA. TUJUAN GW DI SINI CUMA MAU MEMBENARKAN POSTINGAN YANG DITULIS AGAN MCKPLOES. YANG MASIH KOAR-KOAR GW KAFIR, YAHUDI, BLA BLA BLA, PAKE OTAK WOY emoticon-Cape deeehh

note: Postingan ini hanya mencoba mengimbangi postingan agan mckploes yang katanya "fakta ilmiah" gan, judul postingan beliau: "Fakta Ilmiah: Bulan Pernah Terbelah [no sara]..jngn mnjelek2kan agama kami.."


note2:ini bukan buat debat gan, gw hanya pengen menuliskan berita, supaya orang sadar kalau rumor "bulan pernah terbelah" itu cuma... rumoremoticon-Smilie

note3: sekali lagi, ini bukan buat debat gan. Ini bukan opini, bukan postingan pribadi, atau literatur fiksi. Sama seperti postingan yang judulnya "Harga tiket kereta api lebaran 2010", atau "Bumi itu bulat", atau buku yang bilang "bumi itu mengitari matahari" yg ditulis kopernikus ratusan tahun silam (yang dikecam mati2an oleh gereja pada masa silam), ini adalah fakta ilmiah.

Selama tidak ada yang bisa membuktikan sebaliknya, berarti bukti-bukti yang ada membuat fakta ini valid. Buat yang bilang "logika manusia itu terbatas", memang betul gan, manusia itu gak selalu benar. Makanya manusia selalu berusaha mencari kebenaran, dengan cara mencari, berpikir, dan bereksperimen.

postingan ini gw ambil dari website yang berisi fakta-fakta ilmiah (http://www.faktailmiah.com). Terima kasih buat para penulis website tsb. Mohon maaf kalo sudah saya copas tanpa izin. Kalo ga berkenan, akan saya hapus postingan iniemoticon-Smilie


---------------------------------------

Bulan pernah terbelah. Yup. Seorang teman saya mengatakan ke Saya kalau dia punya bukti bulan pernah terbelah. Saya skeptik waktu itu. Beliau mengatakan profesor geologi bernama Prof. Dr. Zaghlul Al-Najar menemukannya dan ia menunjukkan fotonya. Ini fotonya:


Nah, sebagai pemikir kritis, apa yang pertama kaskuser lakukan?

Pertama, meminta klarifikasi dengan memberikan pertanyaan.

Kedua, memeriksa bukti.

Ketiga, memeriksa kesesuaian bukti yang diberikan dengan pengetahuan sebelumnya.

Keempat, memeriksa kredibilitas sumber bukti.

Kelima, melakukan pengamatan sendiri.

Keenam, melakukan induksi dan deduksi.

Ketujuh, membuat dan menilai kesimpulan.

Kedelapan, menemukan definisi.

Kesembilan, menemukan asumsi.

Kesepuluh, menemukan alternatif ketiga dan seterusnya.

Kesebelas, menetapkan posisi.

Karakteristik di atas adalah langkah umum berpikir kritis. Banyak ahli berpendapat berbeda mengenai langkah apa, tapi ini adalah yang umum di kalangan ilmiah. Sumbernya dari pakar berpikir kritis bernama Ennis.

Sekarang kita terapkan langkah-langkah di atas pada kasus klaim bulan pernah terbelah.

Spoiler for "Langkah 1, Bertanya":


Spoiler for "Langkah 2, Memeriksa bukti":


langkah 3 di lewat dulu gan, ada di bawah.

Spoiler for "Langkah 4, Memeriksa kredibilitas sumber":

bersambung...
0
58.2K
1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan