Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

g.e.mAvatar border
TS
g.e.m
Gaming Pake Notebook Bisa Sampai Resolusi 2K?! Penasaran Caranya? Masuk Sini Gan
Biasanya apa yang ada di bayangan agan kalau ada yang bertanya “enaknya pakai apa ya buat ngegame-berat hingga resolusi tinggi?

Mau ngegame berat sampe resolusi tinggi biasanya yang langsung kebayang itu adalah PC gede, dengan prosessor berkekuatan super, kartu grafis ukuran bongsor dengan water cooling, PSU 1000W dan ga lupa pakai casing yang keliatan gahar banget gitu deh, kaya Ade Rai biar keliatan garangnya emoticon-Ngakak

Iya ga sih gan? Biasanya kan orang selalu beranggapan kalau mau gaming berat itu pasti harus pakai PC, padahal notebook pun bisa dipakai buat gaming, bahkan bisa hingga resolusi 2K (2560x1440p) lho gan.

He?? Yang Bener Gan? Boong Dosa Loh Gan…

Beneran gan, ngapain pake boong segala. Makanya nih sekarang ane mau ceritain dulu mengenai notebook hasil kerjasama AMD & Asus, Asus N551ZU yang udah memiliki prosessor tertinggi dari AMD di kelas APU mobile yakni AMD APU FX-7600P 12 Compute Cores (4 CPU + 8 GPU) dilengkapi grafis powerful yang termasuk salah satu dari jajaran grafis mobile seri tertinggi Radeon R9 M280X 4GB GDDR5 128-bit. Nah, dengan kedua komponen sangar tersebut notebook ini udah terbukti mampu main game seperti Grand Theft Auto V, Tomb Raider, Dirt Rally & DOTA 2 hingga Resolusi 2K gan. Ga percaya? Nanti ane kasih tau deh detail lengkap hasil pengujiannya gan, tapi sebelumnya kita bahas dulu mengenai spek notebook ini secara singkat.

Ini Nih Rahasia Performa Tinggi Asus N551ZU!


Notebook dengan harga jual 12 juta rupiah ini, memang memiliki performa sepadan dengan harganya yang premium. Hal ini dikarenakan notebook ini mempunyai spek yang sangat powerful jika dibandinkan dengan notebook pada umumnya. Liat aja nih spek standarnya disini gan:

Quote: Spek Standar Asus N551ZU
-Prosessor AMD APU FX-7600P 12 Compute Cores (4 CPU + 8 GPU) clockspeed 2.7GHz s.d 3.6GHz
-RAM 8 GB DDR3L SDRAM 1.600 MHz dengan 2 x SO-DIMM socket bisa upgrade sampai 16 GB
-15.6″ IPS Display Full HD 1920x1080p 16:9
-GPU AMD Radeon R9 M280X 4GB GDDR5
-1 TB 7.200 RPM HDD
-Blue-Ray DVD Combo
-3-in-1 Card Reader
-HD Web Camera
-802.11 b/g/n WiFi Interface
-10/100/1000 Base-T Ethernet
-Bluetooth 4.0 Support on WLAN + Bluetooth 4.0 Combo Card
-6 Cells 5.200 mAh Battery

Tak hanya spek standar yang wah, Notebook ini juga udah punya kualitas audio yang keren berkat tambahan subwoofer dan kerjasama sama ahli audio terkemuka Bang & Olufsen yang bikin pengalaman main dan nonton film jadi lebih mantap gan! Ada fitur backlight keyboard juga lagi, jadi kalau main game malem-malem ga bakal salah pencet keyboard emoticon-Ngakak keren ya emoticon-Big Grin

Buat agan yang pingin main game terbaru dengan dukungan DirectX 12 juga bisa gan, soalnya APU dan grafis nya udah dukung Windows 10. Nah, DirectX 12 ini berguna untuk mengoptimalkan kerja core CPU dan GPU untuk gaming lebih mulus & kencang gan dengan FPS tinggi, sehingga kegiatan gaming agan jadi lebih seru!

Selain Gaming Bisa Apa Aja Nih Gan?

Notebook ini keren juga untuk kerjaan professional kayak desain, editing foto, video atau bikin musik dan animasi soalnya udah punya IPS Display yang jernih dengan bentang layar hingga 15.6” yang mendukung hingga resolusi Full HD. RAM bawaannya yang udah 8GB juga udah bikin notebook ini jadi kencang untuk jalanin aplikasi untuk kegiatan-kegiatan tersebut yang bakal makan banyak RAM. Jadi buat agan-agan yang pengen pake notebook ini buat keperluan professional selaen gaming juga bisa kok gan emoticon-Big Grin

Oh Keren Juga Ya Gan, Trus Game Apa Aja Nih yang Bisa Dimainkan?

Sebelum masuk ke pengujian, perlu dipaparkan dulu mengenai OS yang digunakan, yakni menggunakan Windows 8.1 dengan driver AMD Catalyst versi 15.7.1.


Untuk dapetin performa tertinggi, settingan Catalyst Control Centre bagian Switchable Graphics Global Settings kita atur ke Maximize Performance baik pada Plugged In (saat colok listrik) maupun Battery (saat memakai baterai notebook). Jadi dalam kondisi apapun notebook selalu mengerahkan tenaga tertingginya untuk menjalankan game gan emoticon-Smilie


Berhubung ntar kita mau nyobain resolusi 2K, kita musti aktifkan sebuah fitur pada AMD Catalyst Control Centre yang bernama Virtual Super Resolution (VSR) supaya kita bisa main di resolusi tersebut pada layar Full HD (1080p) soalnya kan sebenernya notebook ini hanya dukung resolusi hingga Full HD aja gan, tapi berkat teknologi khusus AMD kita bisa nikmatin resolusi gaming hingga 2560x1440p, mantap kan gan?
Cara aktifinnya: tinggal buka menu My Built-In Displays, Properties (Built-In Display), terus centang Enable Virtual Super Resolution, dan pilih Maintain Aspect Ratio agar tampilan sesuai dengan ukuran rasio layar, abis itu klik Apply dan agan udah bisa nikmatin gaming resolusi 2K emoticon-Big Grin


Persiapan udah mateng, nah sekarang mari langsung simak performa gaming Asus N551ZU nya berikut ini!

GTA V

Agan pasti udah tau lah game buatan Rockstar satu ini dimana agan bisa melakukan sesuatu yang ga bisa agan lakuin di dunia nyata, kaya nyuri mobil, kejar-kejaran sama polisi, ngerampok bank, ngebajak bus bahkan nerbangin helikopter emoticon-Ngakak Game yang terbilang berat dalam hal spesifikasi dan rakus RAM ini bisa berjalan mulus Asus N551ZU di resolusi Full HD (1920 x 1080p) dengan pengaturan Normal dengan Frame Per Second (FPS) maksimum 55 FPS dan rata-rata 35 FPS.








Terus gimana kalo di resolusi Quad HD (2560 x 1440p)? di Resolusi tersebut agan ternyata bisa main lancar dengan maksimal 56 FPS dan rata-rata 36 FPS menggunakan pengaturan Normal. Hal ini tentunya membuktikan bahwa VRAM 4GB pada AMD Radeon R9 M280X sudah mampu memberikan akomodasi lebih dari cukup untuk gamers yang pengen gaming di resolusi tinggi pada sebuah notebook!








Dirt Rally

Agan suka maen game balap? Nah, kalau beli notebook ini sebelum 30 September katanya bisa dapat game balap gratis Dirt Rally juga lho gan dimana dikenal dengan grafisnya yang sangat realistis. Diuji pada resolusi Full HD (1920x1080p) menggunakan benchmark yang telah disediakan Agan bisa dapat maksimum FPS hingga 48 FPS dan rata-rata 38 FPS di setting High! Asyik kan gan bisa dapetin efek visual maksimal dengan performa balap tanpa gangguan?




Gimana kalau resolusi 2K? Agan bisa dapetin FPS Maksimum hingga 39 FPS dan rata-rata 33 FPS pada setting Medium. Kalau mau performa lebih tinggi lagi agan bisa turunin setting ke Low dengan maksimal FPS hingga 62 FPS dan rata-rata 44 FPS.





Hasil Pengujian Dirt Rally pada Resolusi QHD & Pengaturan Medium di Notebook AMD N551ZU





Hasil Pengujian Dirt Rally pada Resolusi QHD & Pengaturan Low di Notebook AMD N551ZU


Tomb Raider

Game terkenal selanjutnya yang akan diujikan adalah Tomb Raiderdimana identik sama tokoh utamanya si neng Lara Croft yang aduhai emoticon-Malu Pada resolusi Full HD (1920x1080p) dengan setting High, game ini mampu berjalan dengan optimal di tingkat FPS maksimum hingga 44 FPS dan rata-rata 35 FPS. Dengan tingkat FPS tersebut petualangan agan dengan si neng Lara Croft dijamin ga bakal terganggu sama lag.


Gimana performa Tomb Raider pada resolusi 2K? Pada resolusi Quad HD (2560x1440p), agan bisa dapat maksimum 36 FPS dan rata-rata 29 FPS di tingkat Medium. Dengan resolusi lebih tinggi otomatis kecantikan neng Lara Croft jadi bisa agan lihat dengan lebih jelas (salah fokus) emoticon-Ngakak


DOTA 2

Kalau agan suka main game onlen kayak DOTA 2, ga usah khawatir, karena di resolusi Full HD (1920x1080p) setting High, DOTA 2 mampu berjalan dengan mulus pada notebook ini hingga FPS maksimum 63 FPS, minimum 31 FPS, dan rata-rata 54 FPS. Jadi ga ada ceritanya agan kalah tanding cuma gara-gara telat melancarkan serangan, kecuali koneksi inet agan lemot emoticon-Malu




Trus gimana performa DOTA 2 pada resolusi 2K? Walau di resolusi tinggi, agan udah bisa main di setting Medium kok dan bisa dapat FPS maksimum 56 FPS dengan rata-rata 38 FPS! Jadi ga usah khawatir permainan berubah tidak menyenangkan karena agan mengalami lag saat bermain soalnya agan udah bisa dapat tingkat FPS yang cukup tinggi di resolusi ini.




Nah, terbukti kan gan kalau main game di notebook pun bisa sama asyiknya dengan di PC spek tinggi? Dengan Asus N551ZU ini buktinya agan udah bisa maen game populer kaya GTA V, Tomb Raider, DOTA 2 & Dirt Rally di resolusi Full HD bahkan sampe resolusi 2K dengan fitur VSR. Kalau agan berminat memilikinya info lebih lengkap mungkin agan bisa langsung tanya-tanya ke pihak Asus atau AMD gan biar ga salah info. Link sumber artikel juga udah ane cantumin di bawah buat agan kalau mau lihat info detailnya.
Btw semoga tret dari ane kali ini bisa bermanfaat ya gan, yang suka mohon bagi cendol dan ratenya dong gan emoticon-Big Grin nanti kalau ada berita baru lagi pasti bakalan ane share lagi. Makasih ya agan-agan semua emoticon-Kiss

Sumber:
http://www.amd-id.com/2015/05/asus-n...-di-indonesia/
http://www.amd-id.com/2015/09/rasaka...a-asus-n551zu/
0
5.5K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan