Semenjak kemunculannya yang pertama di tahun 2004/2005, hingga saat ini United Patrol banyak digunakan para pesepeda gunung. Hingga bisa dikatakan Patrol adalah frame sejuta ummat. Mulai dari Patrol generasi awal (2004/2005), hingga Patrol 511/512. Coba saja tengok tiap kali digelar trip offroad bareng, MTB'er yang memakai Patrol biasanya mendominasi.
Fenomena ini tidak lepas dari harga frame United Patrol yang tergolong murah meriah untuk ukuran frame full suspension dengan sistem suspensi yang sudah tergolong bagus. Pada Patrol 2005-2007 sistem suspensi yang dipakai adalah faux bar/four bar linkage, sedangkan pada Patrol FXP, AMP, FRP dan 511/512 sudah menggunakan sistem horst link (FSR) yang patent-nya dipegang oleh Specialized.
Wajar jika kemudian banyak yang menjadikan Patrol sebagai pilihannya, terutama orang-orang dengan budget pas-pasan namun ingin memiliki MTB fulsus yang mumpuni dan sejarang mungkin gonta-ganti sepeda. Kesuksesan ini didukung pula oleh strategi United untuk menjual Patrol dalam bentuk frame only, sehingga memungkinkan para peminatnya untuk lebih mengirit budget dengan hanya membeli framenya saja, tanpa perlu mengganti sepeda keseluruhan.
________________________
FAQ Tentang Patrol
Ada Berapa Macam Patrol?
Quote:
Patrol bisa dibagi dalam dua kelompok besar:
Pertama, Patrol lama yang sudah diskontinyu (tidak diproduksi lagi), meliputi:
Spoiler for "PATROL 2005-2007":
Frame ini terlalu sensitif, dipasangi fork melebihi travel yang direkomendasikan bisa berakibat patah.
Sama dengan Mosso Pro Impact
Spoiler for "PATROL FXP 2007-2010":
Penggunaannya untuk XC. Travel belakang hanya 3,5" alias 80 mm saja. Jadi idealnya fork yang dipasang juga hanya bertravel 80-100 mm saja.
Framenya bukan buatan United, tapi beli dari Astro Engineering Taiwan. Pabriknya sendiri ada di Vietnam. Tidak heran kalau Patrol FXP punya kembaran yang juga sama-sama beli dari Astro. Yaitu RAM XC 2 dan Focus, dua-duanya brand Eropa
Aslinya Patrol FXP
Patrol FXP dan RAM XC2
Spoiler for "PATROL AMP 2009-2011":
Penggunaannya untuk XC-AM, dengan travel belakang adjustable 4", 5" dan 6", tetapi kabarnya lebih stabil pada 5".
Spoiler for "PATROL FRP 2009-2011":
Penggunaannya untuk freeride dan downhill dengan travel belakang 7".
Kedua, Patrol baru yang dirilis mulai akhir 2010, meliputi:
Spoiler for "PATROL 511/512 , rilis akhir 2010":
Penggunaannya untuk XC trail dengan travel belakang 5".
Spoiler for "PATROL 781, rilis akhir 2011":
Penggunaannya untuk freeride dan downhill dengan travel belakang 7". Patrol 781 merupakan pengganti Patrol FRP.
Spoiler for "PATROL 4621, rilis akhir 2011":
Penggunaannya untuk XC hingga AM (travel 4"-6"). Merupakan pengganti Patrol AMP.
Spoiler for "PATROL 411, rilis akhir 2011":
Penggunaannya untuk XC (travel 4"). Merupakan pengganti Patrol FXP.
Benarkah Ada Frame Patrol Patah?
Quote:
Ada. Tetapi terjadi pada Patrol generasi awal (2005-2007). Pada Patrol FXP, AMP, FRP, 511/512 belum pernah kedengaran masalah. Ada sih beberapa kasus pada AMP, tapi pada rear shock yang jebol, bukan framenya. Pernah juga ada kabar Patrol FXP patah, tapi kabar ini tanpa disertai foto, jadi anggap saja no pic = hoax. Rata-rata peristiwa patah karena salah pemakaian dan pemilihan travel fork.
Cukup panjang kalau harus menjelaskan satu persatu perbedaannya. Lagipula bukan disini threadnya. Yang jelas, salah satunya bisa dilihat dari penggunaan travel fork dan tipe grupsetnya. Misalnya, untuk recreational menggunakan fork dengan travel 60-80 mm, tapi DH menggunakan travel 180 mm. Untuk recreational cukup pakai grupset Altus, tapi untuk trail pakai Deore.
Beda antara DH dan FR silakan baca disini. Bisa juga lihat disiniatau disini.
Sebenarnya nggak bisa dibikin patokan baku juga, karena kadang antar genre saling bersinggungan, misalnya XC dengan XC trail, XC trail dengan AM. Atau DH dengan FR, FR dengan DJ. Lagipula batasan tiap genre bisa berubah, misalnya sepeda XC fulsusnya KHS itu sekarang travel belakangnya 120 mm, sama dengan sepeda XC trail. CMIIW
Tapi biar nggak terlalu bingung lihat foto-foto ini saja:
Patrol series sendiri mulai dari XC hingga FR/DH ada.
Adakah Kode Penamaan untuk MTB United?
Quote:
Setahu saya penamaan untuk MTB barunya United, sbb:
- Seri 4xx untuk XC (misalnya Dominate 411)
- Seri 5xx untuk XC trail (misalnya Patrol 512)
- Seri 6xx untuk AM (misalnya Dominate 611)
- Seri 7xx untuk FR (misalnya Patrol 781)
- Seri 8xx untuk DH (belum ada, masih digabung dengan FR)
Untuk penamaan Patrol 781 mungkin karena bisa buat FR dan DH, jadi ada angka 7 dan 8.
Begitu juga untuk Patrol 4621 (penggantinya Patrol AMP), mungkin angka 4 dan 6 nya itu kode XC-AM, karena rear shocknya kan bisa adjust 4,5,6 mm.
Jadi angka pertama menunjukkan genre permainannya, yang sekaligus juga menunjukkan travel forknya. CMIIW
Berapa Travel Fork Maksimal untuk Patrol 511/512?
Quote:
Beberapa hari lalu saya ngobrol dengan dealer Patrol di Bandung, katanya batas toleransi travel fork adalah 10% di bawah dan 10% di atasnya. Karena fork defaultnya Patrol 511/512 adalah travel 120 mm, jadi Patrol 511/512 hanya boleh dipasangi fork dengan travel maksimal 130 mm dan minimal 110 mm. Jika terjadi masalah akibat pemasangan travel melebihi 130 mm, maka garansi dari United dianggap tidak berlaku.
Dengan demikian pernyataan saya di halaman-halaman awal thread ini bahwa Patrol 511 dan 512 boleh dipasangi fork dengan travel 120 - 140 mm saya cabut kembali.
Apa Beda Patrol 511 dan 512?
Quote:
Framenya sama saja antara Patrol 511 dengan Patrol 512. Harga shocknya pun antara Rockshox Arionya 512 dengan DT Swis M210 nya 511 nggak terpaut jauh kok. Kalau kemudian harga jualnya terpaut lumayan jauh, sepertinya hanya strategi marketing saja.