Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

infonitascomAvatar border
TS
infonitascom
Ini Dia Nama-Nama Pesaing Ahok pada Pilkada 2017


Tahun 2017 mendatang, merupakan hari penting bagi masyarakat Jakarta. Sebab, pada tahun itu, kembali warga Jakarta akan memilih kepala daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI. Meski baru berlangsung dua tahun lagi, namun sudah mulai bermunculan nama-nama yang akan menjadi pesaing Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Nama-nama itu muncul dari beragam profesi dan latar belakang. Ada yang terang-terang bersedia melawan Ahok, namun ada juga yang masih malu-malu. Meski demikian, Ahok tak gentar. Ia tetap memastikan akan kembali maju mencalonkan diri sebagai gubernur DKI. Hal itu juga sebagai pembuktian bahwa dirinya memang mampu dalam memimpin Jakarta menjadi lebih baik.

Lalu siapa saja nama-nama calon pesaing Ahok yang diisukan maju dalam Pilkada DKI 2017?

1. Sandiaga Uno

Nama ini adalah tokoh yang pertama kali muncul untuk siap bersaing dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang. Sandiaga diusung oleh Partai Gerindra. Menurutnya, Jakarta masih memiliki banyak persoalan. Terutama di bidang infrastruktur. Karena menurutnya, bidang ini menjadi kunci pertumbuhan ekonomi Jakarta. Namun demikian, Ahok pernah menyatakan bahwa pengusaha nasional tersebut belum teruji di dunia birokrat.

2. Adhyaksa Dault

Lalu baru-baru ini muncul nama Adhyaksa Dault. Tokoh satu ini dicalonkan sebagai gubernur DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia merupakan orang kedua yang mendeklarasikan diri secara resmi menjadi calon gubernur DKI. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berjanji akan memimpin Jakarta dengan amanah jika terpilih nanti. Bahkan ia berumpah tidak akan memakan “uang haram” ketika menjabat kelak.

Namun demikian, dosen salah satu perguruan tinggi ini tidak mau dipersepsikan ingin “melawan” Ahok. Ia bersedia maju sebagai calon gubernur karena ingin mengabdi pada masyarakat dan mencari pahala. Adhyaksa juga siap kalah dan ikhlas mendukungnya calon yang terpilih nanti.

3. Ridwan Kamil

Tokoh satu ini juga tak kalah baiknya dalam bekerja. Dia adalah Walikota Bandung Ridwan Kamil. Ridwan Kamil diprediksi akan bersaing kuat dengan Ahok. Hal itu dilihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Cyrus Network (CN) pada 23-27 April 2015. Dari survei tersebut, Ahok dipilih sebesar 42,5 persen, Ridwan Kamil 38,6 persen sedang sisanya, 13,8 persen ragu-ragu dan 5,1 persen tidak menjawab.

4. Nachrowi Ramli

Sosok ini merupakan pesaing lama Ahok dalam pilkada sebelumnya. Ketika itu Nachrowi Ramli bersama Fauzi Bowo bersaing ketat menjadi orang nomor 1 di DKI Jakarta ‘melawan’ Joko Widodo-Ahok dalam Pilkada DKI 2012. Kemunginan besar Nachrowi akan diusung Partai Demokrat dan PAN. Hal itu diutarakan Ketua Fraksi Partai Demokrat-PAN DPRD DKI Lucky Sastrawiria. Lucky mengatakan, hal itu sudah dapat dipastikan sebab Nachrowi merupakan anggota majelis tinggi.

5. Djarot Syaiful Hidayat

Nah, nama yang satu ini sudah tak asing lagi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, juga disebut-sebut menjadi pesaing kuat Ahok dari PDI Perjuangan. Pengamat politik, Muradi menyebut Djarot disiapkan oleh partainya untuk memimpin Jakarta. Bahkan ia diprediksi menjadi “kuda hitam” di Pilkada 2017 nanti. Djarot merupakan mantan Wali Kota Blitar yang menjadi Wakil Gubernur DKI setelah Ahok naik menjadi gubernur. Djarot dilantik di Balai Kota pada 17 Desember 2014 lalu oleh Ahok.

Namun Djarot sendiri mengaku tidak mau memikirkan soal pemilihan tersebut. Ia hanya memikirkan bagaimana kerja untuk Jakarta lebih baik, berhasil. “Yang penting kerjo, yang penting kerjo, aku enggak mikir,” ujar Djarot di Balai Kota DKI, beberapa waktu lalu.

Selain kelima tokoh tersebut, masih ada nama-nama lain yang muncul ke permukaan. Seperti dari Partai Golkar, ada nama anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya, Ketua Komisi III DPR RI Azis Syamsuddin, dan Sekjen Partai Golkar dari kubu Aburizal Bakrie, Idrus Marham. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik, serta Ketua Komisi D DPRD DKI Mohamad Sanusi juga sempat dikabarkan menjadi bakal calon gubernur DKI.

Dari PDI Perjuangan, selain Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPD PDI Perjuangan Boy Sadikin dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi juga dikabarkan maju dalam Pilkada 2017. Dari PKS, nama-nama seperti Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Selamat Nurdin dan Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana juga sempat diisukan maju dalam Pilkada 2017.


Narsum: http://www.infonitas.com/megapolitan...ada-2017/10274

ternyata banyak jg kandidatnya emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)
0
1.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan