Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ijkt123Avatar border
TS
ijkt123
Cina-Amerika Sepakat Bangun Kereta Supercepat
Cina-Amerika Sepakat Bangun Kereta Supercepat

TEMPO.CO, Beijing - Unit usaha China Railway Construction Corporation Limited (CRCC), perusahaan pembuat kereta dengan pendapatan terbesar di dunia, meneken kesepakatan untuk bergabung dengan grup pengembang lokal dalam membangun kereta supercepat Las Vegas–Los Angeles di Amerika Serikat.

Kesepakatan tersebut dideklarasikan pihak Cina dan mitra kerja sama mereka di Amerika Serikat, XpressWest, dalam sebuah pertemuan pemerintahan di Beijing, Kamis malam waktu setempat. Dilangsir situs Channel News Asia, kesepakatan ini merupakan jalinan rencana kerja sama mendalam antara Cina dan Amerika yang diluncurkan sebelum keberangkatan Presiden Xi Jin Ping ke Negeri Abang Sam pada pekan depan.

Analis dari Guotai Junan yang berdomisili di Hong Kong, Gary Wong, memperkirakan nilai proyek kereta cepat ini mencapai US$ 5 miliar. Tapi, berhubung proyek ini melibatkan banyak perusahaan, keuntungan secara finansial yang akan diboyong masing-masing perusahaan tidak akan terlalu banyak. “Tampaknya tujuannya lebih ke membuka pasar di Amerika, karena akan membawa kesempatan lebih banyak ke depan. Kalau teknologi mereka dipakai di sana, juga akan lebih mudah jual ke mana saja,” ujar Gary, Jumat, 18 September 2015.

CRCC memang sedang gencar menawarkan proyek pembangunan rel dan kereta cepat mereka di luar negeri. Mereka bersaing dengan pemasok-pemasok terdahulu, seperti Jerman dengan Siemens AG-nya dan Alstom SA milik Prancis. Beberapa bulan lalu, CRCC juga berhasil meneken kontrak untuk proyek di Rusia. Namun ada juga beberapa proyek yang terhambat dan gagal terjalin, seperti di Meksiko dan Indonesia, karena urusan birokrasi di negara tersebut.

http://bisnis.tempo.co/read/news/201...eta-supercepat


Amerika kan negara kaya - jauh lebih kaya dari Indo, masyarakatnya sangat peduli sama kualitas dan teknologi, udah itu anti komunis pula dan melihat China sbg ancaman Ekonomi mereka.

Tapi kira-kira kenapa China yg menang gan, bukan Jerman, Prancis atau Jepang? emoticon-Big Grin
0
5.1K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan