oktafajaroktaAvatar border
TS
oktafajarokta
Buat Loe Loe Yg Teriak Sumpah Serapah Waktu Mati Lampu
Ok langsung ja, ane kerja di salah satu pembangkit yg menyuplai listrik ke PT. PLN (persero). Oh ya ane kerja di wilayah Sumatera.
Untuk pembangkit listrik ada banyak macamnya (PLTU, PLTGU, PLTG, PLTA, PLTMH,PLTN, PLTD, Dll) yg mau tanya cara kerja pembangkit2 tersebut silahkan googling atau pm ane.

Ilustrasi

Sedikit penjelasan:
Semua Pembangkit Listrik yg di Kontrak oleh PLN harus mengikuti perintah untuk menaikkan dan menurunkan Daya (Mw), Mvar, Frekuensi, Tegangan. Semua di atur oleh PT. PLN. Untuk Pengatur Beban PLN punya yg namanya UPB (Unit Pengatur Beban) di wilayah masing2 dan untuk Pendistribusian Listriknya ada P3B (Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban) untuk tugas detailnya silahkan tanya sama yg kerja Di PLN.

Semua pembangkit terhubung secara INTERKONEKSI. Maksudnya semua pembangkit yg terhubung Frekuensi dan tegangannya sama. Dan ini artinya jika salah satu pembangkit mengalami Trip (dalam istilah bidang pembangkit adalah gangguan yg menyebabkan Turbin Mati) maka akan berdampak pada semua pembangkit yg terhubung dan akan terjadi penurunan Frekuensi dan Tegangan. Apalagi jika yg Trip Pembangkit yg memiliki Daya Yg besar misal 100 Mw atau Lebih.

Contoh Frekuensi ditempat ane kerja( kanan ; Frekuensi yg 50.03, yg kiri Tegangan 147 Kv

Jika itu terjadi P3B akan segera bertindak tak peduli itu pagi, siang, sore, malam, subuh, tengah malem. Tindakan yg diambil oleh P3B banyak macamnya. Misal menghubungi Pembangkit lainnya untuk memaksimalkan Dayanya, bisa juga memerintahkan di Startnya PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) dan masih banyak lagi. Jika masih tidak bisa juga maka PLN akan mengambil langka Pemadaman Sementara. Tapi yg jelas PLN sebisa mungkin tidak akan memadamkan Listrik di Kota - kota besar. Karna di kota besar menjadi pusat dari banyak hal. Kalian pasti taulah emoticon-Peluk

Jadi yg tempat tinggalnya jauh dari kota harus bersabar sedikit. emoticon-Ngakak (S)

Ok kita ke Inti Permasalahan. . .
Saya jadi teringat ketika Terjadi Trip Pada Pembangkit Kami. Waktu itu sekitar pukul 02.20 dini hari.
Pembangkit kami Tersambar Petir yg menyebabkan beberapa sensor menjadi Error.
Yaapp, jam ketika kalian enak - enak tidur, Team kerja kami bersusah payah hujan - hujanan, tidak tidur, tidak makan, tidak merokok dingin dingin, dini hari berusaha memperbaiki kerusakan yg terjadi di pembangkit kami. Secepat mungkin agar bisa Start kembali. Kalian tau berapa lama kami bekerja saat itu???

Lebih dari 6 jam, dan ane melihat teman2 termasuk ane jalan sudah sempoyongan, mata merah, rambut kusut, muka kusam akibat bekerja keras dan tidak tidur.

Ilustrasi ngantuk . . wkwkwkwkemoticon-Ngakak (S)

Itu demi siapa????
Yaa Demi kalian - kalian yg kalau listrik mati ngomel2, sumpah serapah dll.
Kami dan PT. PLN tidak mengiginkan adanya gangguan. Kalau bisa semua unit pembangkit itu selalu aman sentosa.

Bayangkan jika Ayah, kakak, adik, saudara atau anda sendiri yg mengalami kerja di pembangkit listrik dan terjadi gangguan, dan anda diminta untuk segera memperbaikinya demi kenyamanan bersama. Enak kalau gangguannya terjadi siang hari, Nah kalo dini hari???

Piyee boss???
Mau gk mau, suka gk suka ya tetep harus dikerjakan. Demi siapa????
Ya Demi kaliaaann, saudara - saudara . . .emoticon-I Love Indonesia

Jika kalian masih memiliki hati nurani kalian pasti pahamlah. Kami yg berkerja di Pembangkit Listrik dan PT. PLN sudah bersusah payah untuk menerangi kehiidupan kalian. Kami tidak mengingikan pemadaman bergilir . . . kami juga tidak bermaksud melakukan pemadaman sementara. Tapi apa boleh buat hal itu tdak bisa dihindari lagi. Jadi kalian yg kerjanya cuma ngomel, marah2, waktu listrik padam harap Mengerti dan Maklum.

Klau kalian bilang kami ini bayar mas browww . . .
ane cuma bisa ketawa . . . hahahahaha . . . kalian bayar berapa emg??? selama ini listrik msih disubsidi sama pemerintah.
dan kalau kalian tidak mau mengerti juga dan tetep kekeuh mau marah,,,, yaaa . . . bisa aja kami cabut tu jaringan listrik kerumah kalian . . . Kalian rasain lah gelep gelepan tanpa listrik . . . kalo kalian mampu ya silahkan beli Genset . . . wkwkwkwk emoticon-Ngacir2

Tapi kami tidak sekejam itu kawan . . . emoticon-Salaman
Kami tetap akan menerangi rumah kalian dengan segenap kemampuan kami . . . cie cie cie . . . emoticon-Ngakak (S)

Jadi intinya kami yg bekerja di Bidang Pembangkit Listrik dan PT. PLN tidak mengkehendaki terjadinya pemadaman listrik.
Itu terjadi semata - mata karena terjadinya gangguan di pambangkit listrik, Gardu Induk terbakar, Putusnya Busbar, ataupun gangguan2 lainnya. Kami sudah berusaha melakukan yg terbaik untuk Menerangi Rumah kalian,

(Ni contoh Gangguan di pembangkit (Main Trafo yg terbakar karena tersambar Petir)

ane kasih screenshoot t4 ane kerja yooo

ini gambar kontrol utama di PLTG t4 ane kerja gan


Ni total Daya Pembangkit T4 ane kerja gan


Sory yooo Threadnya agk panjang . . .
Kalau ada yg kurang jelas silahkan tinggalkan komentar gan.
Ane akan berusaha ngejawabnya walaupun terbata - bata . . . emoticon-Ngakak (S)
0
11K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan