Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

judsiahaanAvatar border
TS
judsiahaan
Pemerintah pusat hadapi tantangan Jokowi soal mobil murah


Setelah sekian lama berkutat pada tataran wacana, akhirnya mobil murah ramah lingkungan atau yang dikenal dengan Low Cost Green Car (LCGC) hadir di Indonesia. Yang menjadi perintis adalah dua raksasa otomotif Daihatsu dan Toyota.

Keduanya menghadirkan mobil murah yang menyasar kelompok masyarakat kelas menengah atau orang kaya baru. Dengan banderol di bawah Rp 100 juta, kehadiran mobil murah diyakini bakal menyedot perhatian publik. Bahkan disebut-sebut, sudah 8.000 unit mobil murah yang dipesan masyarakat.

Fenomena lahirnya mobil murah bagai dua sisi mata uang. Bagi industri otomotif, kehadiran mobil murah tentu semakin merangsang pertumbuhan bisnis industri ini. Produsen otomotif kini berlomba-lomba untuk menciptakan mobil murah yang harganya terjangkau masyarakat. Terlebih, fenomena mobil murah juga didukung penuh oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian.

Salah satunya melalui Peraturan Pemerintah nomor 41 tahun 2013 tentang mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). Tidak hanya itu, menperin pun cukup rajin untuk mempopulerkan mobil murah di hadapan publik. Dia meyakini, pangsa pasar mobil murah hampir mencapai 300.000 mobil per tahun.

Di sisi lain, lahirnya mobil murah dikhawatirkan bakal menimbulkan dampak negatif. Khususnya untuk ibu kota DKI Jakarta. Jika semakin banyak mobil murah yang diproduksi, maka ada kemungkinan Jakarta bakal dikepung kemacetan yang luar biasa.

Kekhawatiran itulah yang juga dirasakan orang nomor satu di DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi. "Jelas menimbulkan kemacetan," tegas Jokowi beberapa waktu lalu.

Sadar akan hal itu, Jokowi tidak tinggal diam. Jokowi sudah menyiapkan cara untuk menjegal berkembangnya mobil murah yang akan memperparah kemacetan di Jakarta.

"Nanti kita cegat dengan ERP (Electronic Road Pricing). Kemudian akan gunakan aturan genap ganjil. Mencegatnya pakai cara-cara itu, cara lainnya bisa juga menerapkan aturan pajak khusus," kata Jokowi.

Jokowi khawatir, munculnya kebijakan itu nanti bakal memperparah kondisi Jakarta. "Kita saja yang sekarang pusing dengan kemacetan saat ini," ucapnya.

Quote:


Pernyataan keras dan ancaman Jokowi ditanggapi serius oleh pemerintah pusat. Menteri Perindustrian MS Hidayat berdiri di garda terdepan untuk menyelesaikan persoalan sekaligus tantangan dari sang gubernur.

Dia menjelaskan, mobil murah tidak hanya dijual di Jabodetabek, tapi juga di 400 kota di Indonesia. Agar tidak menumpuk di Jakarta, menperin mengaku sudah meminta agar penjualannya merata. "Jadi ketakutan untuk kemacetan di Jakarta dan Jabodetabek bisa saya mengerti, tapi agak berlebihan," ujar MS Hidayat.

Quote:

Quote:


Hidayat beralibi, kemacetan terjadi bukan saja karena produksi mobil dalam jumlah besar. Namun juga pembangunan infrastruktur yang terlambat. Menurutnya, seharusnya Jokowi memberi hak untuk warga Jakarta memiliki mobil pribadi.

"Saya udah bilang kemarin, anda harus memberi hak untuk teman teman kita yang punya penghasilan kecil dan menengah untuk beli mobil," katanya.

Quote:


Mantan ketua umum Kadin ini justru menyerang balik cara Jokowi menjegal tumbuhnya mobil murah dengan cara memberlakukan pajak khusus mobil murah dan aturan lain. Secara tegas Hidayat mengatakan tidak setuju dengan cara Jokowi itu.

Menurutnya, lebih baik Jokowi mengenakan pajak ke orang-orang yang memiliki banyak mobil. "Saya nggak setuju. Pajakin secara progresif mobil-mobil cc tertentu atau orang yang punya mobil kedua, ketiga, itu lebih adil," ujar M.S Hidayat.

Meski tidak setuju, menperin mengaku tidak bisa memaksa Jokowi membatalkan rencana kebijakan tersebut. Dia mempersilakan jika Jokowi tetap berencana memberlakukan pengenaan pajak untuk mobil murah.

Quote:


Perlawanan terhadap Mobil Murah
Spoiler for Perlawanan:


Mobil Murah >< Macet
Pilih Mana ?

Yang pasti pilihan agan harus emoticon-Blue Guy Cendol (L)dan emoticon-Rate 5 Star jangan lupa ya gan.
Diubah oleh judsiahaan 18-09-2013 04:53
0
8.3K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan