Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gigisboyAvatar border
TS
gigisboy
Ulang Tahun Walkman




Hampir bisa dipastikan bahwa generasi yang mengalami masa muda di era 1980-an sampai 1990-an banyak yang mengidamkan punya Walkman. Memang pada zaman itu, menenteng Walkman adalah kebanggaan tersendiri.

Walkman Gadget Idaman

Hari ini, Sony Walkman berusia 35 tahun. Sejak Walkman Sony TPS-L2 diperkenalkan tahun 1979, Sony sudah menjual sekitar 220 juta Walkman. Tak berlebihan kalau saya mengatakan Walkman adalah produk yang membuat Sony jadi merek global.

Walkman adalah gadget idaman di dekade 80 dan 90-an seperti halnya anak-anak pada zaman ini menginginkan smartphone. Bahkan lebih dari itu.

Tapi sayangnya Walkman waktu itu mahal harganya dan seperti yang dialami banyak remaja saat itu. Ibaratnya, Walkman adalah iPod di zaman tersebut.

Walkman Mengubah Dunia

Walkman sempat pula menakutkan bagi industri musik saat itu. Soalnya para remaja bisa merekam lagu ke kaset kosong, kemudian mendengarnya melalui Walkman. Jadi tidak perlu lagi membeli kaset penyanyinya. Mereka yang saat ini berusia 30-an tahun pasti tahu tentang hal itu.

Walkman pun menjadi sinonim dengan musik portabel seperti halnya iPod pada masa kini. Kemudian tahun 1990 datang dan CD musik sudah menjadi format sendiri. Maka datanglah Discman dari Sony yang juga mengubah segalanya.

Tapi kemudian keadaan menjadi buruk bagi Sony di tahun 2000-an. Mereka pindah ke Minidisc, format yang memang bagus dalam beberapa hal, tapi kurang diminati. Akhirnya format ini terbunuh oleh pemutar MP3 dengan aktor utamanya, iPod.

Waktu pun terus berjalan, kemudian muncul ponsel Sony W800i Walkman. Gadget ini brilian. Ia bisa menyimpan cukup banyak musik. Itulah awalnya banyak orang akhirnya memilih memakai ponsel untuk mendengar musik ketimbang menggunakan perangkat seperti Walkman. Dan hal itu terjadi sampai sekarang.

Masih banyak pemutar musik cool dirilis, tapi era gadget model ini sudah berlalu. Apple sendiri sudah mengakui penjualan iPod digerogoti ponsel dan tablet. Produk yang membuat Walkman hebat juga sudah tidak ada lagi. Versi barunya tidak sesukses model kaset.

Bagaimanapun, selamat ulang tahun Walkman. Terima kasih untuk kenangannya.
0
1.6K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan