ayah.rojakAvatar border
TS
ayah.rojak
Rel 'Mati' Dihidupkan, Ini Efek Dahsyatnya


Jakarta - Jawa memiliki banyak persebaran rel kereta api yang sudah mati, alias tidak lagi beroperasi. Padahal rute rel kereta api tersebut memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Salah satunya untuk mendongkak sektor pariwisata, seperti Green Canyon Pangandaran, hingga Ciwidey Bandung Selatan.

Rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaktifkan kembali jalur rel mati Banjar-Pangandaran-Cijulang 82 kilometer (km) ditanggapi positif PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Dengan dibukanya kembali jalur Banjar-Cijulang itu, maka akses wisatawan ke area wisata Green Canyon lebih mudah. Hal itu karena jarak antara Green Canyon dengan Stasiun Cijulang hanya 2-3 km. Green Canyon merupakan tempat wisata berbasis alam yang menyuguhkan goa alam dan sungai yang indah.

Selain jalur Banjar-Cijulang, ada beberapa rute rel mati yang diharapkan dapat dibuka kembali oleh Kemenhub. Di antaranya adalah jalur Bandung-Ciwidey Jawa Barat. Jalur ini dianggap strategis karena mempermudah wisatawan mencapai area wisata pegunungan Patuha seperti kawah putih.

"Sebenarnya Bandung-Ciwidey itu kalau mau dihidupkan bagus karena untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Bandung Selatan. Di sini juga banyak daerah wisata seperti Lembang," kata Manager Program Non Building Unit Heritage, Conservation & Architecture KAI, Wawan Hermawan, kepada detikFinance, Kamis (11/9/2015).

Jalur Bandung-Ciwidey sudah ada sejak tahun 1924 dibangun oleh perusahaan kereta api negara Staatsspoorwegen. Sayangnya jalur ini ditutup tahun 1972, karena kalah bersaing dengan angkutan jalan raya.

Rel mati lainnya yang perlu diaktifkan kembali adalah, jalur Yogyakarta-Magelang yang mempermudah akses ke Candi Borobudur. Setelah itu ada jalur Cicalengka-Tanjung Sari (Bandung). Jalur ini dibangun sejak 1921 melewati rute Rancaekek, Bandung.

"Cicalengka ke Tanjung Sari ini bisa untuk akses ke para pelajar mahasiswa terutama mahasiswa IPDN dan Universitas Padjajaran, di sana juga banyak tempat wisata," tuturnya.

Selain itu, ada rel 'mati' yang tidak kalah pentingnya adalah Garut-Cikajang. Jalur yang telah ada di 1930 itu memiliki panorama pemandangan pegunungan dan pantai yang cukup indah.

"Rel mati Garut-Cikajang untuk wisata juga bagus jadi bisa dihidupkan. Di sana bahkan ada stasiun tertinggi di Indonesia yaitu Stasiun Cikajang dengan tinggi 1.246 meter dari permukaan laut," paparnya.

Wawan mencatat, masih banyak jalur rel 'mati' lainnya yang bisa dihidupkan untuk menggenjot sektor pariwisata. Seperti Cianjur-Bandung dan trem yang berada di Kota Surabaya.

"Cianjur-Bandung kabarnya sudah siap infrastruktur, tinggal kelayakan jalan. Jalur ini sangat strategis. Jalur itu adalah jalur awal dari Jakarta ke Surabaya melewati Bogor-Cianjur-Bandung-Cicalengka-Yogyakarta," jelasnya.

http://m.detik.com/finance/read/2015...fek-dahsyatnya


Komentar Ayah copas komentar dari sumber saja :
Lily_lily @lily_lily
Bagus dihidupkan, tapi tolong di uji kelayakan dulu, besi nya gimana fatiq atau korosi tidak, kekuatan material dan pondasi jembatan gimana, analisa beban yg masih bisa ditanggung dll .....maksudnya jgn timbul korban dulu baru ditelisik....telat itu

Mance88 @mance88
Biasanya kalau arus lalu lintas manusia semakin lancar, lalu lintas barang juga mengikuti. Jadi disamping pariwisata, ekonomi juga akan mendapat dampak positif. Keren ini, semoga tidak terlalu lama realisasinya.

hendroyono @hendroyono
Usulan tambahan.selain daerah tersebut. Ada juga potensi hidupkan kembali rel kereta utk transportasi massal dan angkutan hasil bumi via jalur (1) Semarang Tuntang Ambarawa Magelang Yogya, (2) Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara, Purwokerto, (3) Semarang, Demak, Kudus, Pati, Rembang. Kira2 ada yang menindaklanjuti usulan ini? Maturnuwun.

Dimas Wibowo @om_bagoes_dewe
ide yang sangat bagus!! gak perlu beli gerbong baru kok! comuter line yg gerbongnya beli bekas dari jepang ternyata sangat bagus! bodinya dari stainless steel 406 yg tahan karat dan mudah perawatannya! interior prima tidak seperti buatan INKA yg bodynya full dempul dan kwalitas interiornya sangat rendah!!


0
18.2K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan