tekiro48Avatar border
TS
tekiro48
[CURCOL] PERANTAU KENA TILANG DI KOTA MALANG TADI PAGI GAN

Selamat datang di tread ane, tujuan ane buat tread ini bukan untuk menjelekkan pihak/institusi manapun melainkan hanya mereview dan memberikan pengalaman yang ane baru dapet tadi pagi, buat para kaskuser emoticon-Shakehand2mungkin semua orang di Indonesia 80% pernah ngerasain masalah ini ya itu di TILANG.

Sedikit cerita ane adalah maba (Mahasiswa Baru) di salah satu universitas negri yang cukup ternama di kota malang ane sendiri berasal dari Jakarta. Baru 2 minggu berada di kota orang ane udah kena masalah sama pak polisi yaitu ketilang emoticon-Cape d... (S) Langsung aja sama kronologi kejadiannya ya.

Pagi ini selasa 08-september-2015 ane menjalankan aktivitas di hari ke dua berkuliah, seperti hari kemarin setiap jam 06.15 ane berangkat kuliah dari tempat kost ke kampus melewati Jl. Soekarno Hatta atau orang malang sering bilang lewat jalan soehat (suhat). Tidak lupa tentunya ane mengecek kelengkapan berkendara ane terlebih dahulu, setelah di rasa lengkap langsung ane berangkat dengan helm ane taro di lengan kiri dulu sambil menikmati sejuknya udara pagi di kota malang. jalan suhat yang rutin setiap pagi pasti macet membuat para petugas polisi turun kejalan untuk mengatur padatnya situasi kendaran di jalan. Saat ane melintas di kemacetan tak lama salah satu anggota polisi dari kejauhan menujuk saya untuk kepinggir, lalu ane menepi di pinggir jalan begini dialog saya dengan polisi bernama R*U** satuan polantas ane lupa pangkatnya (sikonnya rame dan ane buru buru).



Polisi R : Selamat pagi mas (dengan disertakan gerakan hormat)

Ane : Pagi pak

Polisi R : Tolong tunjukan SIM dan STNKnya

Ane : Ini pak (sambil ane kasih) dan ane nannya dengan polosnya “kesalahan saya apa pak?”

Polisi R : Mas ga sadar? Itu kenapa helm di taro di tangan bukan di pake?


Ane lupa banget saking enaknya udara pagi di malang dan efek bangun tidur buat ane lupa kalo ane belom make helm padahal tu helm ane taro di lengan kiri ane. Lanjut kata pak polisinya lagi



Polisi R : yaudah sim kamu saya tahan dulu nanti di urus di pos polisi nanti siang dengan saya pak R*U** pas kamu pulang kuliah, pasti kamu buru buru jugakan mau kuliah.

Ane : oh yaudah pak nanti siang saya ke pos (sambil ane nyalain motor dan ga di kasi surat tilang)


Singkat cerita saat ane selesai kuliah jam 08.40 langsung ane menuju pos polisi yang di suruh oleh polisi R tersebut. Di situ ane bertemu dengan anggota polisi yang lain berpangkat bripka yang lambangnya gini ni gan di bahunya ( >>>> <<<< ) dengan baju PDL (Pakaian Dinas Lapangan) make rompi warna ijo doi lagi istirahat sambil ngeroko (kayanya lelah abis ngatur lalulintas tadi pagi). Langsung ane masuk, ane salaman terus ane Tanya pak R tersebut. Penjelasnya pak R tidak ada dan semua SIM yang di ambil tadi pagi di serahkan ke polisi yang ane ajak ngomong yaitu bripka R. S*T***** dengan bat di lengan kanan satuan polantas. Ini kurang lebih Dialog ane dengan Bripka R.S



Bripka R.S : tadi pagi kenapa di tilang?

Ane : Jadi gini pak kejadiannya saya bawa helm cuman saya lupa pake dan tadi pagi sikonnya rame jadi saya belom di kasi surat tilang
dan saya di suruh ke pos siang ini bertemu pak R pak.

Bripka R.S : iya jelas disini mas sudah salah ya tidak memakai helm, kami akan menindak lanjuti dengan memberikan surat tilang. Kalo mas ikut sidang tanggal 18 september nanti dengan denda Rp.36.000 (slip merah) tetapi kalo mas ingin membayar denda di bank B*I itu di kenakan denda maksimal yaitu Rp.1000.000 yang bukti pembayarannya di kasi KE SAYA DI POS INI nanti mas saya kasi slip biru.


Yang ane tau PROSEDUR PEMBAYARAN TILANG SLIP BIRU adalah ke BANK LALU KE PENGADILAN bukan POS POLISI ATAU POLRES ngambil SIMnya ini contohnya gan.


Spoiler for GAMBAR:


Dari situ ane udah mulai curiga seperti di kibulin nih kayanya, padahal ane sempet nannya gini.



Ane : Maaf pak untuk alur pengambilan SIM kalo saya bayar melalui bank B*I bukannya saya mengambil SIM di PENGADILAN?

Bripka R.S : Engga mas karna SIM Belum kami proses ke pengadilan jadi setelah bayar di bank langsung mas kepos sini lagi nunjukin tanda bukti dan TIDAK ADA PENGAMBILAN SISA DENDA YANG HARUS DI BAYAR.

Ane : *MIKIR DALEM HATI INI ANE TRANSFER DENDA MAKSIMAL Rp.1000.000 YANG DOI KASI REK.NEGARA APA REK. SIAPA???? KO PENGAMBILAN SIM JUGA DI POS POLISI BUKAN KE PENGADILAN??!!!


Galama tu polisi ngasi opsi lain INI YANG ANE KAGET DAN ANE BARU TAU GAN!!!!. Pertamanya ane alesan lagi sama tu polisi



Ane : Wah gimana ya pak soalnya kalo saya ikut sidang saya ga punya waktu pak soalnya kuliah masi padet, kalo bayar ke bank juga ngeliyat bayar denda maksimal segitu dan GAK BALIK LAGI SISANYA(kata doi) saya mana punya uang segitu pak, disini aja saya ngekost pak.

Bripka R.S : yaudah saya kasi jalan tengahnya aja ini SAYA BANTU PERCEPAT SELSAI AJA YA MAS (inget gan SAYA BANTU). Mas bayar dengan anggota polisi (maksutnya dia) dengan denda Rp.100.000 (sambil nunjuk ke buku yang polantas suka bawa tuh) dendanya nanti KAMI BANTU KASI KE PENGADILAN dan SIM MAS BISA DI AMBIL SEKARANG JUGA.

Ane : Tanpa piker suuzdon sama orang yaudah ane make opsi yang polisi itu saranin.

Bripka R.S : (sambil nulis nama nompol kendaran ane) ini mas tanda tangan di bawah sini ya

Ane : *Ane tanda tangan

Bripka R.S : oke mas ini SIMNYA DAN UANG DENDA AKAN KAMI BERIKAN KE PENGADILAN.




Di sini ada beberapa hal yang ane masi ga ngerti dan mau ane tanyain ke agan-agan yang paham atau tau tentang PROSEDUR pembayaran TILANG melalui SLIP BIRU dan OPSI LAIN YANG POLISI ITU KASIH ke ane.

1. Untuk pembayaran denda dengan slip biru yang di atur harus membayar denda maksimal Rp.1000.000, APAKAH DARI KESALAHAN ANE YANG GA MAKE HELM DENGAN MASUK KE PASAL SEKIAN SEKIAN(ane lupa) DENDA Rp.250.000 (ane inget dendanya)SISA UANGNYA TIDAK BISA BALIK LAGI?

2. Sebenernya ada ga si opsi yang polisi itu kasi sama ane dengan dalih SAYA BANTU, NANTI DENDANYA DI KASI KE PENGADILAN DAN SIM BISA DI AMBIL SEKARANG?


INI FOTO TKP SAAT SAYA DI TILANG DAN SAAT SAYA AMBIL SIM DI POS POLISINYA


Spoiler for GAMBAR:


Mungkin ini aja pengalaman yang ane share sama agan-agan semua dan ini adalah PENILANGAN ane pertama kali, selama ane 18 tahun di Jakarta naik motor ga pernah ke tilang cuman ane lalai aja di sini ga make helm dana ane ngaku salah hehehe, sekian cerita ane semoga bisa jadi inspirasi buat kaskuser semua ya.
Diubah oleh tekiro48 08-09-2015 07:53
0
11.7K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan