Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ayah.rojakAvatar border
TS
ayah.rojak
Simpan Nomor HP dan Alamat, GoJek dan GrabBike Ancam Privasi Penumpang
Simpan Nomor HP dan Alamat, GoJek dan GrabBike Ancam Privasi Penumpang

Rimanews- Maraknya bisnis trasnportasi via aplikasi android GoJek dan GrabBike memang banyak membantu sejumlah warga terutama di kota-kota besar guna mendapatkan kepraktisan dan efisensi waktu. Namun, di balik semua sisi positif itu, para pelanggan tidak menyadari ada ancaman privasi yang hilang ketika penumpang menggunakan GoJek dan GrabBike.

Para penumpang GoJek dan GrabBike tidak sadar kalau privasi mereka sebenarnya sudah dilanggar. Selama ini memang berita di media massa selalu membahas kekerasan atau ancaman yang diterima oleh para pengemudi GoJek dan GrabBike.

Namun hanya sedikit, atau bahkan tidak ada sama sekali berita yang membahas pelanggaran privasi yang dilakukan oleh GoJek dan GrabBike terhadap para penumpangnya.

Apa buktinya kalau ada pelanggaran privasi dalam operasional GoJek dan GrabBike?

Untuk membuktikannya, mari kita ikuti alur pemesanan GoJek dan GrabBike dari awal hingga akhir. Ketika Anda mulai memesan GoJek atau GrabBike lewat aplikasi mobile, maka NAMA ANDA akan tercantum di smartphone si pengendara GoJek-GrabBike, beserta rute pengantaran yang anda inginkan. Setelah itu, pengendara GoJek-GrabBike tadi bisa menghubungi NOMOR TELEPON anda, untuk mengkonfirmasi titik jemput.

Setelah itu, kalau anda minta diantar ke rumah atau ke kantor, maka secara tidak langsung ia juga akan mengetahui ALAMAT RUMAH atau ALAMAT KANTOR anda.

Jadi dalam sekali perjalanan saja, seorang pengendara GoJek-GrabBike sudah bisa mengetahui data-data Nama anda, Nomor Telepon anda, dan Alamat Rumah atau Kantor anda. Hal itu jelas merupakan sebuah pelanggaran privasi yang rentan disalahgunakan dan akibatnya bisa jadi menyeramkan.

Dari sebuah tulisan di website Tech in Asia, kita bisa melihat bagaimana seorang pengendara GoJek meneror seorang penumpang yang telah ia layani lewat SMS, karena si penumpang memberinya review yang buruk. Itu baru hal meneror, bagaimana jika si pengendara nekat memberikan ancaman yang lebih serius.

Mungkin usulan agar GoJek dan GrabBike atau bisnis serupa dibuat aturan undang-undangnya diperlukan juga agar ancaman privasi yang mungkin disalahgunakan pengemudi atau perusahaan penyedia layanan bisa diminimalisir.

http://m.nasional.rimanews.com/keama...vasi-Penumpang

Quote:


_________________

Quote:




Semoga bisa menjadikan pertimbangan manajemen gojek untuk perbaikan kualitas pelayanan


0
44.1K
41
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan