Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kanalkuAvatar border
TS
kanalku
5 Tempat Wisata Paling Hot di Kalimantan Timur
Belom lama ini, Kalimantan Timur ditetapkan oleh pemerintah sebagai destinasi wisata unggulan tahun 2013. Penetapan ini bukannya tanpa alasan, melainkan karena provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini memang memiliki banyak obyek wisata yang asyik dan keren.

Berikut gan lima tempat wisata paling hot di Kaltim yang ane kutip dari situs Surpree.com:

1. Bukit Bangkirai
Salah satu obyek wisata favorit di Provinsi Kalimantan Timur adalah Bukit Bangkirai. Kawasan hujan hujan tropis seluas 1500 hektar ini terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, sekitar 150 km dari Tenggarong dan Samarinda.

Nama Bangkirai diambil dari nama pohon Bangkirai yang banyak terdapat di bukit ini. Pohon Bangkirai bisa mencapai usia ratusan tahun dengan ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter dan diameter 2,3 meter. Salah satu atraksi wisata yang ada di sini adalah jembatan gantung (canopy bridge) setinggi 30 meter sepanjang 64 meter yang menghubungkan lima pohon Bangkirai. Jembatan gantung ini merupakan yang pertama di Indonesia dan kedua di Asia.

2. Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan yang terdiri dari 31 pulau besar dan kecil ini terletak di Laut Sulawesi, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan ini memiliki pantai dan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Kepulauan ini dinobatkan sebagai lokasi menyelam terbaik nomor tiga di dunia karena keindahan dan kekayaan bahari yang dimilikinya.

Di kawasan ini terdapat ratusan jenis spesies ikan karang, terumbu karang, invertebrata dan hewan-hewan laut lainnya, terutama kura-kura yang senang menyimpan telurnya di kepulauan ini. Atraksi wisata yang populer di kepulauan ini adalah menyelam, snorkeling, banana boat, jet ski, layar dan memancing.

3. Pantai Manggar
Pantai Manggar Segarasari adalah salah satu pantai yang menjadi tempat liburan favorit di kota Balikpapan. Pantai ini memiliki pesona air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut.

Di sini Anda bisa menghabiskan liburan bersama seluruh anggota keluarga sambil menikmati berbagai aktivitas khas pantai seperti berenang, menaiki banana boat, naik perahu, bermain layang-layang, dan lain-lain. Gelombang laut di pantai yang berjarak 22 km dari pusat kota Balikpapan ini tidak terlalu besar sehingga relatif aman untuk semua anggota keluarga.

4. Pulau Kumala
Pulau Kumala adalah sebuah pulau buatan yang dibangun di atas delta Sungai Mahakam – di kota Tenggarong. Di sini terdapat sejumlah atraksi wisata yang memadukan unsur modern dan tradisional.

Atraksi wisata utama di Pulau Kumala adalah sebuah taman rekreasi mirip Ancol Jakarta yang menawarkan sejumlah wahana permainan seperti komedi putar, gocart, kereta gantung, bombom car, sky tower, jet coaster, dan lain-lain.

Selain wahana permainan, di sini juga terdapat sejumlah bangunan tradisional yang memadukan budaya Kutai, Dayak dan Jawa. Ada juga patung raksasa Lembuswana karya seniman Bali, Nyoman Sunatra, yang berada di ujung pulau.

5. Museum Mulawarman
Perjalanan Anda ke Kalimantan Timur belum lengkap jika tidak mengunjungi museum yang merekam sejarah kawasan ini. Bangunan Museum Mulawarman yang terletak di kota Tenggarong ini dulunya merupakan istana Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pada tahun 1936.

Benda yang dipamerkan di museum ini meliputi aneka macam keramik kuno, patung Lembu Suana, mata uang kuno, gamelan tua, singgasana, meriam dan lain-lain. Di sebelah museum terdapat makam sultan-sultan Kutai yang menjadi saksi sejarah perkembangan kawasan ini.
Diubah oleh kanalku 27-08-2013 07:26
0
2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan