salahminumobatAvatar border
TS
salahminumobat
Bertahun-tahun tak selesai, Jokowi Akan Isi Air Pertama Kali di Waduk Terbesar ini


Jakarta -Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, merupakan waduk terbesar ke-2 di Indonesia siap digenangi untuk pertama kali. Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang akan meresmikan prosesi penggenangan awal pada 31 Agustus 2015 mendatang.

"Nanti Pak Presiden langsung yang akan mersemikan penggenangan. Dimulai 31 Agustus," ujar Kepala Pusat Bendungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR Imam Santoso, kepada detikFinance, Sabtu (29/8/2015).

Air yang mengisi waduk ini berasal dari aliran Sungai Cimanuk. Hingga waduk penuh, dibutuhkan waktu selama 219 hari atau sekitar kurang dari 7 bulan lamanya. Waduk Jajigede ini punya luas mencapai 4.983 hektar dengan kapasitas tampung 980 juta m3, menjadikannya sebagai waduk kedua terbesar di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur di Purwakarta yang luasnya mencapai 8.300 hektar.

Keberadaan waduk ini sangat penting karena dapat memenuhi kebutuhan air daerah irigasi seluas 90.000 hektar, penyediaan air baku kapasitas 3,5 m3/detik dengan target layanan adalah Kota Cirebon, Majalengka, Sumedang dan Indramayu, serta mendungkung pembangkitan listrik untuk PLTA dengan kapasitas hingga 110 MW dan pengendalian banjir seluas 14.000 hektar.

"Setelah digenangi diharapkan bisa mendukung berbagai kebutuhan masyarakat seperti irigasi dan juga listrik. Ini akan menjadi salah satu tulang punggung untuk mendukung program swasembada pangan Presiden Jokowi. Tentu kami berharap seluruh prosesnya berjalan lancar," pungkasnya.

http://finance.detik.com/read/2015/0...rbesar-ke-2-ri

Jokowi beri bukti bukan janji, satu per satu infrastruktur dibangun dan diresmikan emoticon-Recommended Seller
0
2.7K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan