Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

l4d13putAvatar border
TS
l4d13put
Presiden Jokowi Kepincut Drone Laut Buatan UGM
Kamis, 6 Agustus 2015 - 05:15 wib
Presiden Jokowi Kepincut Drone Laut Buatan UGM



JAKARTA - Sudah bukan rahasia lagi bahwa mahasiswa Indonesia kaya dengan inovasi. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat tertarik dengan inovasi drone laut buatan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM).
Ketertarikan tersebut diperlihatkan Jokowi saat meninjau stan UGM di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, belum lama ini. Kala itu, kampus yang menjadi almamater presiden ketujuh Indonesia tersebut turut memamerkan drone laut di antara berbagai karya inovatif mahasiswa lainnya.

Melihat Savinna, kendaraan tanpa awak buatan mahasiswa UGM, Jokowi pun bertanya. "Ini buat apa?" Sang pengembang alat, Malik Khaidir, pun sigap menjawab, "Kapal ini bisa mengurangi penggunaan kapal TNI AL yang ada di laut," ujar Malik, seperti dinukil dari laman UGM, Kamis (6/8/2015).

Malik lantas memaparkan berbagai keunggulan Savinna kepada Jokowi yang didampingi Rektor UGM Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. Savinna, kata Malik, dapat digunakan sebagai pelindung, penjelajah, sekaligus memetakan dasar laut.

Drone buatannya itu berukuran 2 x 1 meter persegi dan tinggi 0,5 meter serta berbobot sekira 50 kilogram. Daya jangkaunya mencpai 20 kilometer dan dapat menempuh kecepatan hingga 6 knot. Savinna dapat dikendalikan menggunakan remote control dan teknologi GPS.

"Saya meminta dukungan pada Pak Jokowi agar kami terus bisa berkarya," imbuh Malik.

Saat ini, cowok 23 tahun itu memang masih mengembangkan drone laut buatannya. Dia berencana menjadikan Savinna tahan dari gempuran gelombang besar.

Selain Savinna, civitas akademika UGM juga memamerkan beragam inovasi lain. Salah satunya adalah SmartCity Solution. Ia adalah konsep yang mengimplementasikan sistem dan teknologi informasi pada sektor pendidikan, layanan pemerintah, industri transportasi dan logistik, serta gaya hidup. Melalui inovasi tersebut, UGM ingin mewujudkan visi dalam pengembangan kota pintar yang berciri less paper, less time, less cash dan less complexity.

Sumber

======================================================
Siap2 di-banned ijin penggunaannya sama Presiden Dodok Joko Widodok.

Bagus sih, tapi kalo cuma 2x1 m, mending dibikin drone kapal selam aja, kena ombak nyungsep tuh


=======================================================================
Mulai sekarang jangan panggil joko, tapi panggil Dodok

Presiden Dodok Joko Widodok

Lirik Mars Panastak:
Dodok dodok ku hanya mau dodok kusuka dodok kuhanya mau dodok..dodok memberikan yang terbaik
Diubah oleh l4d13put 06-08-2015 16:06
0
2.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan