Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dolpopAvatar border
TS
dolpop
70 Tahun Indonesia Merdeka : Mengibarkan Merah Putih tak harus di Lapangan Upacara
Pada perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) Indonesia ke-70 ini terdapat beberapa hal yang sedikit berbeda. Perbedaan itu pada pelaksanaan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus. Sebagai simbol untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme, sebagai bangsa Indonesia, sudah sewajibnya ikut merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Upacara bendera pada hari kemerdekaan tersebut biasanya dilakukan di kota-kota yang ada di Indonesia dan umumnya diikuti oleh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang masih duduk di bangku sekolah atau para komunitas-komunitas tertentu. Umumnya upacara bendera dilakukan di sekolah atau di lapangan terbuka. Pelaksanaan upacara bendera kali ini berbeda dengan biasanya, dan dilaksanakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Berikut merupakan pelaksaan upacara yang dilaksanakan dibeberapa daerah di Indonesia, diantaranya :
1. Upacara di bawah laut
Upacara bendera di bawah laut yang memiliki keindahan bahari luar biasa di Manado, yaitu Bunaken. Sebanyak 2.200 penyelam dari TNI-AL melakukan upacara bendera di bawah air dengan cara yang sama persis dengan upacara yang biasa dilakukan di lapangan upacara. Termasuk pengibaran bendera Merah-Putih di kedalaman sekitar 15 meter, bahkan lagu kebangsaan Indonesia Raya juga dikumandangkan dari bawah air.


2. Upacara bendera di dalam mall
Upacara bendera yang juga memecahkan Rekor MURI adalah upacara yang diadakan di pusat perbelanjaan. Mall yang biasanya dijadikan sebagai tempat refreshing secara sekejap berubah menjadi tempat untuk menggelar upacara bendera oleh para pelajar sebanyak 250 orang yang tergabung dalam Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) yang berasal dari 171 sekolah di 31 provinsi yang ada di Indonesia. Upacara bendera ini diselenggarakan di Plaza Blok M, Jakarta.


3. Upacara bendera di bawah tanah
Upacara bawah tanah pertama kali diadakan oleh PT. Freeport Indonesia di dalam perut bumi dengan kedalaman 1400 meter di bawah permukaan tanah dan upacara tersebut mampu memenangkan Rekor MURI. Upacara bendera bawah tanah yang pertama kali diadakan itu diikuti oleh 100 orang. Untuk mencapai area upacara, para peserta harus melewati tambang bawah tanah Deep MLZ, Papua dan harus melewati terowongan sepanjang 5 km.


4. Upacara bendera di sungai
Upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia juga pernah diadakan di sungai. Salah satunya adalah diadakannya seremoni upacara di Sungai Pelus, Jawa Tengah. Dengan menggunakan perahu yang terbuat dari ban bekas, puluhan pemuda dan warga desa di sekitar mengadakan upacara bendera seperti pada umumnya, mulai dari adanya inpsektur upacara, pembacaan teks detik-detik proklamasi, pembacaan UUD 1945, pembacaan doa sampai pembacaan amanat upacara juga tidak terlewatkan. Dan yang paling menghebohkan adalah adanya bendera merah putih sepanjang 20 meter yang dibentangkan di sepanjang Sungai Pelus, Banyumas.



5. Upacara di pasar tradisional
Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, Pasar Nongko yang berada di kota Solo pernah menggelar upacara di bagian tengah kios pedagang. Seusai melakukan prosesi upacara, para pedagang menutupnya dengan pemotongan tumpeng yang selanjutnya dibagikan ke pengunjung dan seluruh pedagang pasar. Upacara ini dimaksudkan untuk membangkitkan kembali semangat para pedagang dan menunjukkan bahwa hari kemerdekaan bukan hanya milik pelajar, pegawai dan pejabat saja.



6. Upacara Bendera di Puncak Mahameru, Gunung Semeru
Ribuan pendaki dari berbagai daerah melakukan upacara bendera 17 Agustus 2015 di tiga titik jalur pendakian Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut. Sekitar 3.000 pendaki melakukan upacara bendera di tiga lokasi yakni Ranupani, Ranu Kumbolo, dan Kalimati.




7. Upacara bendera petani tembakau di sawah
Pada 17 Agustus 2015, petani tembakau di Desa Ngimbrang Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung menggelar upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke 70 di tengah lahan.
0
1.8K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan