Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rajabergetarAvatar border
TS
rajabergetar
Armida: Rupiah Tak Butuh Waktu Lama Tembus Rp14.000/USD




Pengamat Ekonomi Armida Alisjahbana mengatakan, pergeseran nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) yang hari ini hampir menembus angka Rp13.900/USD jangan disepelekan.

Menurutnya, rupiah tidak butuh waktu lama untuk menembus angka Rp14.000/USD. Bahkan penutupan nanti, kata Armida, bisa saja pada angka itu.

Armida mengharapkan, hal ini menjadi fokus pemerintah untuk menyelesaikan di tengah isu-isu politik dan ekonomi global yang sedang terjadi di antaranya mata uang Yuan yang sengaja didepresiasikan oleh pemerintah China.

"Perkembangan cepat sekali dalam hari ini. Bisa-bisa sore nanti sudah Rp14.000. Memang di trigger Yuan sendiri saat ini 1,9%, jadi tentu harapannya bisa segera di atasi," kata dia di Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Armida membenarkan Indonesia sedang didera tekanan eksternal, namun isu tekanan tersebut sudah ada beberapa tahun lalu.

"Betul kalau ada tekanan eksternal. Tapi tekanan ini sudah dari 2012 sebetulnya. Terus 2013 juga lebih berat isunya. Tapi intinya bagiaman bisa mebgatasi tidak terus memburuk," ujarnya.

Hal ini, tentu sangat ditunggu pasar termasuk ekonom yang menunggu langkah konkret dari pemerintah mengingat masalah rupiah akan merembet ke sektor lain.

"Jadi tentu yang ditunggu pasar termasuk ekonom adalah langkah strategis pemerintah dan terintegrasi dari pemerintah untuk memitigasi eksternal faktor ini. Bangun infrastruktur saja tidak cukup. Kalau situasi seperti ini bukan persoalan infrastruktur lagi, ini kepecayaan pasar dan sebagainya," pungkas Armida.

source: http://ekbis.sindonews.com/read/1032...usd-1439369450
Diubah oleh rajabergetar 13-08-2015 02:02
0
7.6K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan