RizkiabachtiarAvatar border
TS
Rizkiabachtiar
Sharing Mengenai Pengelolaan Koperasi
Selamat pagi agan-agan semua

Boleh dibilang ane adalah orang baru di bidang Koperasi. Baru 3 tahun menjadi manajer di sebuah koperasi karyawan. Meskipun baru 3 tahun, namun banyak hal yang ane pelajari mengenai koperasi, terutama koperasi karyawan. Dan rasanya sayang jika pelajaran yang ane dapat hanya disimpan seorang diri. Semoga apa yang ane tulis di Kaskus ini bermanfaat bagi orang lain. Terutama para praktisi di bidang Koperasi, baik itu anggota, pengawas, pengurus, manajer maupun karyawan Koperasi. Sekali lagi, tulisan ane ini bukan bermaksud menggurui, hanya mencoba berbagi. Jika ada kesalahan atau kekurangan dalam tulisan-tulisan ane itu murni karena kurangnya pengalaman dan wawasan pribadi ane sendiri. Justru yang diharapkan oleh ane adalah bisa saling berbagi pengalaman dan wawasan dari orang-orang yang telah lama berpengalaman di bidang koperasi.

Baiklah, kita mulai dari mengapa ane memutuskan untuk mengangkat soal koperasi di Kaskus ini? Semua ini dimulai 3 tahun lalu ketika ane mendapat amanah menjadi manajer koperasi. Koperasi ini belum pernah dikelola secara profesional sebelumnya. Hari pertama bekerja di koperasi, ane mendapati bahwa koperasi tidak punya ruangan, bahkan tidak punya meja. Mengapa? Karena memang belum ada staf khusus yang ditugaskan mengelola koperasi. Pengurusnya adalah karyawan di perusahaan induk. Jangan tanya inventaris yang lain seperti komputer, alat tulis, rak arsip, brankas dan lain-lain. Yang dipunyain koperasi saat itu cuma sebatang flashdisk. Semuanya belum ada saat itu. Ironisnya, koperasi ini telah berdiri satu setengah tahun dan hampir tidak punya apa-apa. Disitulah awal ane belajar mengelola koperasi karyawan mulai hampir dari nol.

Langkah pertama bekerja di koperasi adalah mempelajari bagaimana mengelola koperasi karyawan. Tentunya google menjadi target utama untuk mencari informasi tersebut. Namun apa yang ane dapatkan? Hampir tidak ada yang bermanfaat. Ane tidak mendapati apa saja job desc manajer koperasi, bagaimana mengelola keuangan koperasi, bagaimana menghitung SHU, bagaimana mengelola simpanan anggota, apa saja yang harus dilaporkan ke pengurus dan lain sebagainya. Internet hanya menyediakan serpihan-serpihan informasi berkaitan dengan mengelola koperasi. Untungnya, ane dulu kuliah di jurusan manajemen, paling tidak ada bekal tentang bagiamana mengelola suatu bisnis. Mulai dari manajemen, keuangan, akuntansi, SDM, general affair, pengelolaan bisnis dan sebagainya. Namun tetap koperasi memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan organisasi-organisasi lainnya yang belum pernah dipelajari di kampus. Karakteristik-karakteristik tersebut insyaallah akan ane tuangkan dalam tulisan-tulisan berikutnya.

Jadi, ane mulai mengelola koperasi karyawan dengan informasi dan bimbingan yang minim. Entah itu dari buku, internet maupun konsultan. Karena itulah ane memutuskan untuk memposting seluk beluk pengelolaan koperasi ini di Kaskus. Sebagai bahan rujukan, informasi, sarana bertukar pikiran, sharing dan konsultasi mengenai pengelolaan koperasi, khususnya koperasi karyawan. Semoga dengan hadirnya thread ini, dapat memudahkan siapapun yang mendapat amanah mengelola koperasi untuk dapat mengelola koperasi secara profesional. Amin

Satu lagi gan, ane lagi berdoa nih mudah-mudahan Kaskus berkenan membuat sub forum sendiri untuk koperasi. Amin ya Robbal Alamin.

emoticon-I Love Indonesia (S)
0
6K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan