- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
Pengertian Click Through Rate Dalam Email Marketing Dan Cara Mengoptimalkannnya


TS
docoblast
Pengertian Click Through Rate Dalam Email Marketing Dan Cara Mengoptimalkannnya
Click Through Rate : Apa Itu Dan Bagaimana Mengoptimalkannya
Spoiler for :
Click Through Rate — mari kita singkat menjadi CTR — adalah salah satu indikator utama yang menunjukkan keterlibatan audiens target Agan. CTR menyediakan informasi yang bernilai, baik email marketing Agan memang sukses atau masih membutuhkan beberapa perkembangan. Karena itu, Agan perlu benar-benar memahami apa itu CTR, apa yang bisa dilakukannya, dan bagaimana mengoptimalkannya.

Apakah itu Click Through Rate ?
CTR adalah perbandingan jumlah klik pada link dalam email dengan jumlah email yang dibuka penerima. CTR tidak hanya tergantung pada call to action (ajakan untuk bertindak), subject email (yang paling mempengaruhi open rate email) dan shiny copy. Beberapa hal kecil seperti posisi link, waktu pengiriman, panjang email, dll, memainkan peran yang besar dalam menentukan nilai CTR. Faktor-faktor eksternal ini memainkan peran yang jauh lebih besar daripada yang Agan pikirkan.

Apa yang bisa dilakukan Click Through Rate terhadap kampanye email Agan?
Rata-rata CTR adalah statistik pertama yang akan dilirik untuk mengukur efisiensi dari sebuah kampanye email – kemungkinan setelah melirik nilai open rate-nya. Kampanye email yang baik akan memiliki click through rate yang lebih tinggi. Tapi jika nilai CTR Agan rendah, tidak bisa langsung dipastikan kampanye email tersebut buruk karena rata-rata CTR sangat bergantung pada fungsi dan jenis newsletter Agan.
Jika Agan menjual produk kepada customer langsung, yang berarti bisnis Agan masuk dalam kategori B2C, nilai rata-rata CTR bisa dimulai dari 2-3%.
Jika bisnis Agan masuk dalam kategori B2B (business-to-business), nilai rata-rata CTR umumnya lebih tinggi, bisa dimulai dari 5%.
Jika nilai CTR Agan rata-rata atau lebih rendah dari rata-rata, Agan perlu menganalisa dan melakukan perubahan kecil yang berdampak besar. Mulailah dengan menganalisa, apakah email Agan memuat terlalu banyak konten yang membuat pengguna merasa tidak punya alasan untuk mengklik lebih lanjut, apakah call to action di dalam email sudah kuat, atau apakah posisi link mudah ditemukan, dsb.
Taktik umum yang dapat meningkatkan nilai click through rate
Ada 2 cara yang bisa Agan pilih untuk meningkatkan CTR :
Quote:
Ingatlah bahwa dalam bisnis ini Agan ditakdirkan untuk bertarung demi setiap klik! Gunakan semua yang Agan bisa dan keluarkan senjata pamungkas Agan, karena hasil yang dapat Agan raih sangat berharga.

Thread lainnya:

Spoiler for Thread lainnya:
Diubah oleh docoblast 15-09-2015 10:41
0
1.9K
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan