Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

provokator.7Avatar border
TS
provokator.7
Jokowi: RI Akan Berkontribusi Ciptakan Keamanan Dunia



Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berkontribusi dan berperan dalam menciptakan keamanan di Asia Tenggara, Samudra Hindia, dan kawasan dunia lain. Pada 2015 hingga 2017, Indonesia akan menjadi pemimpin Indian Ocean Rim Association (IORA).

Untuk menciptakan keamanan di dunia, kata Presiden, Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestina dari kezaliman serta menyerukan agar umat Islam di Timur Tengah meletakkan senjata dan berdamai demi kepentingan ukhuwah Islamiyah.

"Untuk itu, Indonesia akan terus mengirimkan pasukan perdamaian ke berbagai belahan dunia selain menjadi penenang konflik dan memberikan kepemimpinan dalam pembuatan norma-norma regional dan global," kata Jokowi saat membacakan pidato kenegaraan pada sidang bersama DPR RI dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Sementara itu, untuk membangun kekuatan pertahanan yang tangguh, pemerintah akan memberdayakan alat utama sistem persenjataan produksi dalam negeri. Meskipun kekuatan pertahanan yang ada sekarang masih minim, Jokowi optimistis persenjataan dalam negeri mampu mengamankan dan mampu menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

"Kita punya kekuatan pertahanan yang tahannya sebatas kekuatan esensial minimum, tetapi kekuatan yang mampu mengamankan dan mampu menjaga kedaulatan wilayah NKRI serta melindungi sekitar 250 juta warga. Namun, kekuatan pertahanan yang kita bangun itu harus tetap menjunjung tinggi karakter negara dan bangsa Indonesia sebagai negara dan bangsa yang cinta damai," ujar Presiden.

Rangkaian acara sidang akan dilanjutkan pada pukul 14.00 WIB dengan agenda sidang paripurna pembukaan masa sidang I DPR tahun sidang 2015-2016. Dalam sidang ini, Presiden akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun anggaran 2016. Nota keuangan juga akan turut disampaikan oleh Presiden.


Sumber


Indoonesia dibawah kepemimpinan Jokowi makin hebat emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0
5.8K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan