Cara Melakukan Follow Up Kepada Subscriber Baru Email Marketing Anda
TS
docoblast
Cara Melakukan Follow Up Kepada Subscriber Baru Email Marketing Anda
Bagaimana Melakukan Follow Up Kepada Subscriber Baru
Spoiler for :
Bagi banyak bisnis, menjangkau customer baru adalah prioritas teratas. Karena itu, bagaimana melakukan follow up kepada subscriber baru adalah hal yang sangat penting untuk dibicarakan.
Agan ingin sekali memperluas audiens Agan, membangun koneksi-koneksi baru, dan hingga akhirnya menumbuhkan bisnis Agan.
Tapi ada satu pertanyaan penting: Ketika bisnis Agan telah menjangkau satu customer baru, atau bahkan jika Agan sebelumnya telah membagikan pengalaman mengesankan kepada seorang customer pertama kali, apa yang Agan lakukan untuk membuat customer baru Agan kembali ke bisnis Agan?
Hubungan tidak terjadi dalam satu hari.
Meskipun kesan pertama yang hebat adalah salah satu langkah penting menuju hubungan yang berlangsung lama, namun Agan perlu maju selangkah lagi untuk menunjukkan kepada customer seberapa penting mereka bagi Agan dan mendapatkan loyalitas mereka.
Ketika Agan berinvestasi dalam membangun hubungan dengan customers Agan melalui email marketing, mereka membayar upaya Agan dengan kembali ke bisnis Agan.
Jika Agan belum mulai mengumpulkan alamat email di toko Agan atau melalui formulir pendaftaran online, maka mulailah menjangkau customer dengan informasi yang Agan tahu akan bermanfaat bagi para customer Agan.
Butuh inspirasi? Berikut tujuh ide untuk melakukan follow up dengan customers baru:
1. Memberikan welcome email yang hangat
Quote:
Salah satu cara termudah untuk menjaga momentum yang sedang terjadi adalah dengan mengirim welcome email. Pertimbangkan juga untuk memasukkan 4 elemen berikut ke dalam welcome email Agan:
Quote:
- Perkenalan yang hangat dan ramah
- Rangkuman apa yang akan diperoleh pada emails berikutnya
- Jaminan privasi dan keamanan data
- Signature personal dengan rincian kontak
2. Berterima kasih atas bisnis mereka (dan menawarkan insentif untuk datang kembali)
Quote:
Berterima kasih kepada customer baru melalui thank you email adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa mereka penting bagi Agan. Ucapan terima kasih yang terbaik adalah yang bersifat personal dan menawarkan customer sebuah insentif untuk datang kembali.
Pikirkan bagaimana Agan bisa menawarkan sebuah ucapan terima kasih yang original. Pertimbangkan membuat video berdurasi 30-detik untuk menunjukkan apresiasi Agan, atau mencantumkan sebuah foto ceria Agan dan staf Agan.
Kemudian, temukan sejumlah ide untuk mendorong para customer melakukan bisnis dengan Agan lagi. Berikan penawaran terbatas atau deadline yang ketat untuk mendorong mereka melakukan bisnis dengan Agan lagi.
3. Memelihara hubungan baru dengan serangkaian Autoresponder
Quote:
Autoresponder adalah alat yang memungkinkan Agan membuat serangkaian email otomatis yang dikirim ke sebuah kontak setelah mereka masuk ke dalam list. Mirip dengan welcome email, manfaat autoresponder ini adalah Agan bisa “membuatnya di awal dan tidak memikirkannya lagi kemudian”. Agan menetukan frekuensi untuk menjangkau kontak-kontak Agan, merancang sekumpulan email, dan menambahkan kontak-kontak relevan ke list ini.
Autoresponder sangat bermanfaat bagi kontak-kontak baru karena dengan itu Agan memastikan mereka mendapatkan perkenalan yang sangat berkesan tentang bisnis Agan sejak awal. Ini adalah kesempatan Agan untuk menjelaskan profil bisnis Agan, memberikan informasi bermanfaat yang membeberkan keahlian Agan, dan secara reguler mengingatkan mereka tentang cara-cara mudah untuk terhubung dengan Agan.
4. Menawarkan bantuan
Quote:
Bahkan setelah mendapatkan pengalaman pertama yang mengesankan dengan bisnis Agan, ada peluang customer Agan tidak mengetahui beragam produk atau jasa yang Agan tawarkan. Berikan orang dorongan untuk kembali dengan memberi mereka lebih banyak informasi tentang kelebihan bisnis Agan.
Apakah Agan menawarkan jasa atau produk musiman yang bisa membantu seorang customer memecahkan masalah selama periode waktu tertentu? Pertimbangkan untuk menawarkan jasa-jasa ini dengan diskon kepada customers baru atau buat paket “permulaan” yang khusus ditujukan untuk customer baru.
Ingat, gaya bahasa yang digunakan tidak boleh terlalu promosional dan lebih banyak tentang bagaimana Agan berupaya untuk membantu customer Agan mengatasi masalah-masalah, kebutuhan, atau minat spesifik mereka.
5. Minta feedback
Quote:
Sebagai pemilik bisnis, Agan ingin memastikan bahwa Agan melakukan segala sesuatu yang Agan bisa untuk memberikan kesan pertama yang kuat dan bertahan lama. Lakukan follow up dengan survei-survei online, tunjukkan kepada customers baru bahwa Agan berkomitmen terhadap pengalaman yang berkesan dan Agan menghargai opini mereka.
Ini juga peluang yang sangat baik untuk menanyakan sejumlah pertanyaan yang akan memberikan Agan pengetahuan tentang siapa customer Agan, mereka tertarik pada hal-hal apa, dan cara-cara yang bisa Agan gunakan untuk terhubung dengan mereka.
6. Ajak mereka kembali
Quote:
Events merupakan cara yang sangat baik untuk membawa kembali orang-orang ke bisnis Agan. Ini juga cara yang sangat ampuh bagi customers baru untuk bertemu orang-orang yang telah mereka kenal dan menyukai bisnis Agan.
Periksa kembali kalender Agan dan mulailah memikirkan tentang apa yang akan datang berikutnya untuk bisnis Agan dalam beberapa pekan ke depan. Kemudian, pikirkan tentang bagaimana Agan bisa melibatkan audiens baru Agan pada setiap acara yang akan datang.
Apakah Agan memutuskan untuk melakukan open house, membawa pembicara tamu yang menurut Agan akan disukai para customer, atau bermitra dengan nirlaba favorit Agan untuk sebuah event, pastikan customers baru Agan mengetahuinya.
7. Memperlihatkan sisi sosial Agan
Quote:
Mempromosikan media sosial Agan kepada customers baru akan membuat mereka membaca konten dan mengetahui aktivitas-aktivitas terbaru bisnis Agan. Itulah sebabnya, walaupun mereka belum terbiasa dengan bisnis Agan, mereka akan memiliki gambaran yang lebih baik tentang apa bidang yang digeluti bisnis Agan.
Media sosial juga merupakan tempat yang sangat baik bagi customers baru untuk melihat apa yang dikatakan orang lain tentang bisnis Agan. Bagaimana Agan berinteraksi dengan para customers di media sosial akan memberikan mereka gambaran yang baik.
Dengan membagikan link ke website dan jejaring sosial, Agan akan mengarahkan trafik dan pengikut, yang berarti lebih banyak mata yang melihat informasi yang telah Agan buat atau bagikan.
Email dan media sosial bekerja paling baik jika digunakan bersama-sama. Karena itu, tambahkan tombol-tombol ke media sosial pada bagian bawah masing-masing email yang Agan kirim.
Santap saat hidangan masih panas.
Dengan 7 ide ini, Agan siap untuk menjangkau customer baru dan terus menawarkan kepada mereka pengalaman yang tidak bisa disaingi oleh para pesaing Agan.