Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xLimaXAvatar border
TS
xLimaX
Muhammadiyah Kritik Umat Islam yang Suka MENGKAFIRKAN dan Tanamkan KEBENCIAN

Gara-Gara WAHABI NUSANTARA. Islam di Indonesia tnggal 1% #Hail WaNus

muhammadiah dan Nu satu sanad satu Guru, wajar famai dan mendamaikan, Lapak sebelah minoritas ribut mulu ada apa??


Makassar - Muhammadiyah mencermati fenomena sosial keagamaan di masyarakat, khususnya umat muslim. Ormas yang didirikan KH Ahmad Dahlan ini menyayangkan ada umat Islam yang kerap melempar tuduhan kafir.

"Di kalangan umat Islam terdapat kelompok yang suka menghakimi, menanamkan kebencian, dan melakukan tindakan kekerasan terhadap kelompok lain dengan tuduhan sesat, kafir, liberal dan tuduhan lainnya," demikian bunyi penggalan awal salah satu rekomendasi Muktamar ke-47 Muhammadiyah yang dikutip detikcom, Jumat (7/8/2015).

Muhammadiyah menegaskan kecenderungan takfiri (suka mengkafirkan -red) bertentangan dengan watak Islam yang menekankan kasih sayang, kesantunan, tawasuth, dan toleransi. Analisisnya, sikap mudah mengkafirkan pihak lain disebabkan oleh banyak faktor, antara lain cara pandang keagamaan yang sempit, fanatisme dan keangkuhan dalam beragama, miskin wawasan, kurangnya interaksi keagamaan, pendidikan agama yang eksklusif, politisasi agama, serta pengaruh konflik politik dan keagamaan dari luar negeri, terutama yang terjadi di Timur Tengah.

"Akhir-akhir ini energi umat juga tersedot dalam persoalan pertentangan antara pengikut kelompok Sunni dengan Syiah. Muhammadiyah mengajak umat Islam, khususnya warga Persyarikatan, untuk bersikap kritis dengan berusaha membendung perkembangan kelompok takfiri melalui pendekatan dialog, dakwah yang terbuka, mencerahkan, mencerdaskan, serta interaksi sosial yang santun," demikian bunyi bagian lain rekomendasi tersebut.

Ormas yang terkenal dengan gerakan pencerahan ini memandang berbagai perbedaan dan keragaman sebagai sunnatullah. Untuk mencegah semakin meluasnya konflik antara kelompok Sunni-Syiah di Indonesia, Muhammadiyah mengajak umat Islam untuk mengadakan dialog intra umat Islam serta mengembangkan pemahaman tentang perbedaan keagaaman di antaranya dengan menyusun fiqh khilafiyah meminimalisir konflik horizontal. (tor/faj)
http://m.detik.com/news/berita/2986443/muhammadiyah-kritik-umat-islam-yang-suka-mengkafirkan-dan-tanamkan-kebencian


Quote:

Pernahkah kamu mendengar PAN adalah Islam, dan Islam adalah PAN; PPP adalah Islam dan Islam adalah PPP? Pendek kata Partai Islam adalah Islam dan Islam adalah Partai Islam. Apa dipikir Indonesia hanya punya satu partai Islam, namanya PKS?. Hingga dengan mudah menyatakan PKS adalah Islam dan Islam adalah PKS.

Spoiler for Mulai parah:


Spoiler for Tambah parah:


Spoiler for Taklid Buta:


Spoiler for sejarah Penusup:
Diubah oleh xLimaX 21-10-2015 03:43
0
25.2K
389
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan