Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cuangedeAvatar border
TS
cuangede
Hakim Sederhana Pemilik Harta Rp 350 Juta Panen Dukungan Jadi Pimpinan KY
Kesederhanaan Kolonel Chk Dr Joko Sasmito membuat publik menaruh harapan besar agar ia duduk sebagai pimpinan Komisi Yudisial (KY). Wakil Ketua Pengadilan Militer (Kadilmil) II-08 Jakarta itu harus menyisihkan 11 nama lain agar duduk di lembaga pengawas hakim.

"Beliau pantas duduk di KY," ujar seorang hakim di Jawa Tengah yang enggan disebutkan namanya kepada detikcom, Jumat (7/8/2015).

Salah satu pertimbangannya adalah kesederhanaan Kolonel Joko yang sudah teruji. Bergelar doktor dan perwira TNI aktif, ia hanya memiliki sebuah rumah tipe 36 di Gresik.

Kemampuan akademik juga tidak diragukan. Ia mempertahankan disertasinya di Universitas Brawijaya, Malang, salah satu perguruan tinggi negeri yang cukup prestisius. Tim penguji disertasi tentang Pengadilan HAM itu juga merupakan ahli hukum di bidangnya yaitu Prof Dr I Nyoman Nurjaya SH MH, Prof Masruchin Ruba'i SH MS, Dr Mohammad Ridwan SH MS, Prof Dr Kusno Adi SH MS, Dr Isrok SH MS, Dr Ibnu Tricahyo SH MH dan Dr Lufsiana SH MH. Hasilnya, IPK 3,80 diraih di tangan.

"Sayang kalau Indonesia tidak meluluskan Beliau," ujar seorang hakim lainnya di Jawa Timur.

Joko meniti karier di dinas militer dari bawah. Ia menyelesaikan S1 hukumnya dari Perguruan Tinggi Hukum Militer pada tahun 1994. Adapun pendidikan strata 2, ia raih dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya enam tahun setelahnya.

"Orangnya baik dan layak dipilih," bisik koleganya di Kalimantan.

Nama Kolonel Chk Joko dikenal publik saat mengadili kasus penyerangan LP Cebongan dengan terdakwa para anggota Kopassus. Kasus itu menunjukkan kepiwaiannya dalam memimpin sidang.

Meski demikian, Joko tetap bersahaja dan tidak jemawa.

"Bagi saya itu biasa-biasa saja, bukan luar biasa. Kalau itu dianggap prestasi itu kan anggapan pimpinan saya, orang lain yang menilai," ujar Joko saat berbincang dengan detikcom, Kamis (6/8) kemarin.

http://m.detik.com/news/berita/29857...di-pimpinan-ky

gilee 350 jt itupun sebagian berpa rumah T36 ,pantes jd ketua Kpk jg ni
0
1.4K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan