nto.josh18Avatar border
TS
nto.josh18
20 IDE KREATIF UNTUK BERHEMAT - (SANGAT MENOLONG JIKA PERSEDIAAN UANG SUDAH MENIPIS)
#di kumpulkan dari berbagai sumber
#tks2theOriginalAuthorOfthisArticle

1. Daftar belanja
Jika Anda adalah seorang yang hobi berbelanja, sebelum pergi ke toko, Anda harus terlebih dahulu membuat daftar barang yang hendak Anda beli. Pastikan Anda tidak akan membeli barang selain yang tertulis di daftar tersebut. Batasi juga pengeluaran Anda dengan membuat buku pengeluaran dan pemasukan. Kontrol diri adalah salah satu yang terbaik dan sederhana cara untuk menghemat uang.

2, Beli barang bekas
Malu kalau ketahuan beli barang bekas? Sudah bukan zamannya! Sekarang sudah banyak toko yang menjual barang bekas dengan kualitas dan perawatan yang sangat baik. Barang yang dijual pun macam-macam. Ada baju, sepatu, aksesoris, buku, tas, hingga perlengkapan kost seperti rak dan lemari.

3. Manfaatkan sale tahunan
Meskipun hampir setiap bulan selalu ada Sale, sebut saja Lebaran Sale, Christmas Sale, End of Year Sale, Clearance Sale, Valentine’s Sale dan sale-sale yang lainnya. Tapi selalu ada saja sale khusus yang memberikan potongan harga lebih dari 50-60%. Manfaatkan diskon tahunan ini untuk mendapatkan barang terbaik dengan kurang dari separuh harga.

4. Belanja bersama
Membeli barang dalam jumlah grosir tentunya akan mendapatkan harga grosir. Untuk menyiasati pengeluaran rutin bisa juga kita melakukan belanja rutin bersama teman-teman untuk mendapatkan harga grosir. Tentunya kegiatan ini harus dilakukan di toko grosir yang menjual barang kebutuhan rumah tangga secara grosir.

5. Gunakan kartu member untuk belanja
Hampir semua toko modern saat ini menawarkan kartu keanggotaan belanja. Ada baiknya anda mendaftarkan diri anda untuk mendapatkan penawaran dengan harga khusus atau promo yang tidak diberikan kepada pembelanja umum.

6. Survey sebelum membeli
Survey barang yang anda butuhkan sebelum membeli. Bandingkan kualitas, harga dan jaminan setelah pembelian. Dengan internet membeli barang sekarang menjadi lebih mudah dan murah. Survey juga bisa dilakukan dengan cepat. Manfaatkan teknologi untuk mendapatkan barang yang anda inginkan. Menjadi smart shopper adalah sebuah pilihan yang bijak.

7. Makan di rumah
Jika Anda sering memesan makanan lewat telepon atau makan di luar, hentikan kebiasaan ini. Masak di rumah dan Anda bisa menentukan menu sendiri. Bonusnya saat Anda tak makan di luar, Anda tak perlu memberikan tips pada pelayan. Ini adalah tambahan uang bagi Anda.

8. Cuci baju sendiri
Kedengarannya memang menghabiskan banyak waktu. Tapi, cuci baju sendiri adalah salah satu cara efektif untuk berhemat. Jika untuk laundry kamu menyediakan uang 100 ribu rupiah setiap bulannya, coba pikirkan jika uang itu kamu konversi jadi uang makan? Lumayan ‘kan untuk tambah-tambah budget makan di restoran terbaru?
Selain itu, anggap saja mencuci baju sebagai olahraga untuk tanganmu.

9. Daur ulang barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai
Cek barang-barang dan peralatan elektronik yang sudah tidak terpakai. Beberapa mungkin sudah menjadi penghuni gudang atau beberapa mungkin ada yang menjadi barang incaran kolektor. Jika masih bisa memiliki nilai, ada baiknya barang-barang tersebut kita jual dan hasil penjualannya mungkin bisa menjadi tambahan investasi atau tabungan anda. Selain menghindari penumpukan barang di rumah, juga bisa melatih intuisi kita dalam keputusan berbelanja di masa yang akan datang.

10. Jalan atau bersepeda ke kampus atau ke kantor
Nah, jalan kaki atau bersepeda ke kampus maupun ke kantor bisa jadi solusi untuk menghemat budget bensinmu. Nggak ada ruginya sama sekali, kok. Selain hemat dan sehat, kamu bisa sekalian ‘cuci mata’ deh sepanjang perjalanan.

11. Manfaatkan wifi gratis atau modem
Bersyukurlah kalau di kotamu ada tempat dengan fasilitas wi-fi gratis — selain kafe dan restoran pastinya. Tapi kalau nggak ada, biasanya warnet lah yang jadi tujuan akhirmu. Internetan di warnet itu mahal, lho. Setiap jamnya saja kita harus menyediakan paling sedikit 4 ribu rupiah. Padahal, seringnya kita menghabiskan waktu lebih dari 1 jam di warnet.

12. Simpan uang receh
Ini adalah salah satu kesalahan dalam mengelola uang. Ketika melihat uang dalam pecahan kecil (apalagi uang logam), otak kita seringkali sudah terprogram bahwa uang logam tidak penting. Akibatnya kita biarkan uang-uang receh ini pergi tanpa pengawasan. Mari sedikit berlatih. Coba kumpulkan uang logam yang anda terima setiap hari dalam satu wadah selama sebulan dan lihat berapa banyak uang yang anda kumpulkan dalam sebulan.

13. Puasa
Berpuasa sudah jelas akan membantumu dalam berhemat karena mengurangi 1 jatah makanmu setiap harinya. Hal ini juga bisa di terapkan dalam hal puasa starbucks, puasa makan – makanan mewah, dll.

14. Hemat listrik
Seberapa sering anda membiarkan alat elektronik tersambung dengan steker atau sumber listrik? Meskipun tidak digunakan, peralatan elektronik yang terhubung dengan sumber listrik tetap menyedot listrik dari sumbernya. Matikan jika tidak digunakan dan lepaskan dari sumber listriknya. Gunakan juga peralatan penghemat listrik yang banyak dijual di pasar. Peralatan tersebut fungsinya adalah memperbaiki kualitas listrik yang ada di rumah sehingga penggunaannya lebih baik.

15. Gunakan pendingin udara hemat energy
Pendingin udara adalah salah satu peralatan elektronik yang sering ditemukan saat ini di kalangan masyarakat perkotaan. Jika anda masih menggunakan sistem pendingin udara lama, sebaiknya segera anda tinggalkan. Selain sudah berumur dan menggunakan daya yang besar, peralatan tersebut sangat tidak hemat energi.

16. Sumbangkan waktu Anda, bukan uang
Jangan berlagak dermawan jika Anda sendiri masih kesulitan mencari uang. Biarkan Bill Gates saja yang melakukannya. Anda toh masih bisa menyumbangkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal berguna bagi orang lain. Ingat, waktu adalah uang juga.

17. Rekening tabungan tanpa biaya admin
Kurangi pengeluaran bulanan dengan memilih tabungan yang bebas biaya administrasi. Dengan fasilitas ini uang kita akan terbebas dari pengeluaran yang tidak perlu, dan bunga tabungan bisa tetap utuh menjadi milik kita.

18. Pinjam
Jika Anda berpikir untuk membeli barang yang hanya akan digunakan sekali atau dua kali, lebih baik berhemat dengan meminjam barang tersebut dari teman atau keluarga. Seperti DVD. Anda bisa saling tukar DVD dengan teman ketimbang membeli semua yang Anda inginkan.

19. Cobalah hiburan gratis
Lewatkan makan malam dan tontonan yang mahal dan cobalah hiburan gratis. Bersepeda, menyewa film untuk ditonton di rumah, pergi ke taman, jalan-jalan atau mendaki gunung, mengunjungi museum gratis, atau menonton konser gratis di lapangan. Jadilah kreatif.

20. Katakan tidak pada penawaran yang tidak perlu
Untuk beberapa orang, menolak penawaran itu sesuatu yang sulit dan canggung. Bagi individu seperti ini memberanikan diri untuk berkata tidak pada penawaran yang tidak perlu atau tidak berguna adalah penting. Perhatikan berapa banyak barang tidak berguna yang anda miliki di rumah karena tidak bisa berkata tidak.

Daftar yang cukup panjang, tapi ane berharap sebagian berguna untuk agan2 sekalian. dan jika agan punya tips and trik sendiri yang udah terbukti berhasil di jalani, share aja gan disini, biar menambah list yang ada dan berguna bagi lebih banyak orang lagi.

Yok Hemat
Diubah oleh nto.josh18 17-03-2015 05:45
0
4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan