tomato.powerAvatar border
TS
tomato.power
Gimana sih caranya ilmuwan tahu umur fosil yang ditemukan?
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

Halo gan kali ini ane mo ngebahas tentang dua topik sejarah dan kimia. Tepatnya, gimana suatu ilmu ‘alam’ kimia bisa ngasih kita pengetahuan lebih dalam tentang ilmu ‘sosial’ yaitu sejarah.

Sebagai orang yang berpendidikan, sedikit banyak kita telah menerima warisan pengetahuan dari generasi sebelumnya. Dengan bersekolah, dengerin cerita guru sejarah, baca buku, atau nonton film dokumenter, kita yang hidup di abad 21 ini jadi bisa tahu tentang apa yang terjadi di dunia ini dari mulai ratusan, ribuan, bahkan jutaan tahun yang lalu. Tapi pernah gak sih lo berpikir... gimana sih caranya rantai informasi itu tidak terputus?

Untuk kejadian yang masih 'baru' terjadi puluhan sampai ratusan tahun yang lalu, para sejarahwan masih bisa berpatokan pada tulisan/jurnal yang ditulis oleh peradaban masa lalu, entah itu terukir di prasasti atau candi, tertulis di daun lontar, pelepah pohon, serat kayu, dinding gua, dsb.

Tapi gimana dengan pengetahuan kita tentang kehidupan pra-sejarah ketika manusia belum mampu "menyuarakan" keberadaannya berupa gambar atau tulisan? Dari mana sih para ilmuwan arkeologist, palentologist, dan ahli geologi bisa tau tentang kondisi dunia pada masa lampau sehingga kita tau bahwa jutaan tahun yang lalu itu ada dinosaurus, ada manusia purba, ada ikan hiu raksasa (megalodon), dlsb?

Seperti yang mungkin sebagian besar lo ketahui, sumber informasi utama bagi para ilmuwan untuk meraba kehidupan pada zaman pra-sejarah berasal dari fosil yang ditemukan. Fosil dalam arti adalah sisa-sisa atau jejak mahluk hidup dari masa lalu yang terawetkan secara alami memang bisa memberikan banyak informasi kepada kita yang hidup di jaman modern tentang kondisi kehidupan di masa lampau. Dari mulai kapan makhluk hidup yang terfosilisasi itu hidup, bagaimana bentuknya, cara kerja sistem tubuhnya, sampai kondisi lingkungan pada jaman makhluk itu hidup.


Fosil specimen Ida, Darwinius masillae. Diduga kuat sebagai nenek moyang seluruh primata yang hidup sekitar 47 juta tahun yang lalu

Eh tapi tunggu dulu nih... sebelum kita percaya gitu aja dengan omongan para ilmuwan itu. Pernah gak sih lo kepikiran darimana mereka (para ilmuwan) bisa mendapatkan informasi sebanyak dan sedetail itu hanya dengan menggali tulang-belulang? Gak usah jauh-jauh mikirin gimana bentuknya makhluk itu dan cara hidupnya dulu deh... coba kita telaah dulu pertanyaan yang lebih sederhana : Gimana caranya para ilmuwan tahu bahwa fosil yang ditemukan berasal dari ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan tahun yang lalu?

Okay, pada kesempatan kali ini, ane akan membahas 2 pendekatan/metode yang dilakukan para ilmuwan untuk menjawab pertanyaan:

"Darimana para ilmuwan tahu umur dari fosil yang ditemukan?"

Pendekatan ilmu seperti apa sih yang dilakukan para ilmuwan untuk mengetahui kejadian masa lampau? Apakah metode-metode yang dilakukan betul-betul bisa dipertanggung-jawabkan? Sejauh mana sih tingkat akurasi dari metode tersebut? Apakah proses cara kerja ilmuwan ini betul-betul dilakukan secara teliti, presisi, sehingga layak diakui oleh seluruh dunia?

Nah, pada trit kali ini ane akan membahas 2 metode/pendekatan yang digunakan para ilmuwan untuk mengetahui umur dari fosil, yaitu Radiocarbon Dating & Stratigrafi. Yuk kita langsung aja mulai pembahasannya!

Spoiler for 1. Metode Radiometric Dating:

Spoiler for 2. Metode Stratigrafi:


Okay gan, begitulah kurang lebih pembahasan ane tentang 2 metode yang digunakan para ilmuwan untuk mengetahui umur fosil yang ditemukan (maaf kalo kepanjangan) ane harap sekarang lo cukup ada gambaran, bahwa film-film dokumenter tentang dinosaurus, manusia purba, atau buku-buku yang menjelaskan kondisi dunia ribuan sampai jutaan tahun yang lalu itu ada dasar pendekatan yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Bukan hasil tebak-tebakan sembarangan, apalagi hasil ngarang-ngarang para ilmuwan doang.

Source

0
5.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan