ZBrush adalah software 3D sculpting yang telah menjadi de facto standard untuk digital sculpting.
Berbeda dengan "modeling" konvensional yang ditawarkan pada software 3D Animation suite konvensional, cara kerja ZBrush lebih mirip seperti "mematung" dengan menggunakan clay.
Dalam hal ini, artistic sense lebih dituntut lebih jauh dibandingkan dengan technical knowledge yang biasanya diperlukan dalam melakukan modeling di software-software 3D konvensional lainnya.
Berbeda pula dengan software 3D animation suite lainnya, ZBrush tidak menawarkan one-stop solution untuk segala kebutuhan pembuatan film animasi/VFX 3D, namun ZBrush adalah software yang spesialis dalam bidang modeling/3D sculpting.
Contohnya, ZBrush tidak dapat digunakan untuk proses rigging (walaupun bisa digunakan untuk mempose model karakter), animasi (animasi yang sederhana diimplementasikan pada versi belakangan, khususnya animasi turntable) maupun rendering. Walaupun bisa digunakan untuk merender still images dengan menggunakan render engine external, dalam kasus ini yang populer adalah Keyshot.
Sejarah dan latar belakang ZBrush
Spoiler for Sejarah ZBrush:
Spoiler for Bandwidth Killer!:
Artwork by Irwan Budianto (Jakarta)
ZBrush pada awalnya dikembangkan sebagai 2.5D painting software, dan bukan menjadi 3D modeling/sculpting. Karena alasan inilah ZBrush memiliki interface yang tidak wajar dan tidak umum dibandingkan software sejenis.
ZBrush pada awalnya mengedepankan teknologi Pixol yang mana merupakan pengembangan dari pixel, dan perbedaan antara pixel dan pixol adalah pixol memiliki kedalaman, sedangkan pixel tidak.
Untuk mengakomodasi hal ini, ZBrush memiliki fitur 3D object, yang pada awalnya digunakan sebagai brush. Namun seiring dengan waktu, ternyata fitur 3D ini yang lebih populer, dan belakangan pengembangan difokuskan untuk menjadikan ZBrush sebagai 3D sculpting software.
ZBrush telah dikembangkan dari tahun 2002, hingga saat ini menjadi standard 3D sculpting untuk berbagai keperluan, khususnya untuk detailing.
ZBrush juga telah menjadi bagian pipeline terpenting untuk industri entertainment seperti film dan game.
Versi Berapa ZBrush yang terakhir?
Spoiler for Versi ZBrush terakhir:
Spoiler for Bandwidth Killer!:
Artwork by Rhangga Putra (Jakarta)
Pada saat post ini dibuat (27-10-2014), ZBrush yang telah dirilis adalah ZBrush versi 4R6, dan 4R7 telah diannounce, meskipun belum memiliki release.
ZBrush 4 R7 akan menjadi versi terakhir dari ZBrush 4
Apa saja fitur unggulan dari 4R7?
Spoiler for Fitur 4R7:
Spoiler for Bandwidth Killer!:
Artwork by Rhangga Putra (Jakarta)
Salah satu unggulan yang menjadi highlight dalam ZBrush 4R7 adalah Poly Modeling/Box Modeling yang mana akan banyak membantu dalam pembuatan hard-surface modeling.
Nano Particle Tool yang memungkinkan Anda mengisi sebuah scene dengan ratusan clone dari sebuah object yang Anda buat.
Apa Keuntungan Menggunakan ZBrush?
Spoiler for Keuntungan menggunakan ZBrush:
Industry standard.ZBrush telah menjadi de facto software 3D sculpting di berbagai industri 3D, khususnya Hollywood dan industri Video Game
Komunitas. Pixologic adalah salah satu developer yang seimbang dalam mengembangkan bisnis dan komunitas. Dan dengan perkembangan komunitas yang pesat, tutorial ZBrush sangat mudah ditemui di internet.
Performance. Teknologi yang digunakan dalam ZBrush memungkinkan ZBrush menampilkan jutaan polygon dalam satu tampilan tanpa merasakan penurunan performa yang banyak berarti.
Low spec requirement. Telah dicoba di Core2Duo 1 ghz, 2gb ram dan bisa menggunakan maximum 4 gb ram dalam versi 32bitnya.
Beberapa jenis license yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan