

TS
bayu.indra
Autodesk Maya /BLK150729.01 Boolean, Combine, Merge Component
untuk agan agan dan sista yang mau lihat tuts sebelumnya ...
Character Modeling /Torso
Character Modeling /Body Shape Proportion ...
Character Modeling /Hand n Fingers
Basic Modeling /Paint Effects - basic grass 01
Basic Modeling /Paint Effects - basic grass 02

BAYU Animation Online Class - Autodesk Maya 2015 - BLK Bandung
Autodesk Maya /BLK150729.01 Boolean, Combine, Merge Component
kali ini ane kembali dengan Boolean dan Combine Object, dimana teknik penggabungan dan pemisahaan object menjadi sangat penting dalam teknik modeling ... terutama ketika berhubungan dan bertemu dengan bbrp topology teknik dan yg nantinya harus kita gabungkan utk menjadi satu object ... baik hard surface ataupun organic model ...
Boolean, Combine, Merge Component
Boolean
gan ... sist ... kalau kalian masih ingat operasi himpunan jaman SD dahulu ... teknik Booolean benar benar sama dengan teknik itu ... dimana operasi himpunan terdiri dari gabungan, perpotongan, dan irisan ... atau kalau di Boolean menjadi Union atau gabungan antara 2 atau lebih object, Difference itu untuk potongan antara object yg dipotong dengan object yg memotong, dan dapat dilakukan berulang ulang, terakhir itu Intersect atau irisan, dimana hanya meninggalkan bagian yg beririsan ...
walaupun untuk animated object kurang stabil, dalam arti boolean akan menentukan sendiri kapan akan mengurangi atau menambahkan vertex ataupun edge jika dirasa object nya memerlukan, tapi bisa kita andalkan untuk un animated object seperti single frame still rendering ... seperti poster atau still images preview
Combine
kalau Combine itu teknik penggabungan dimana biasanya hrs di ikuti dengan Merge Component ... dimana Combine untuk menyatukan beberapa object ... sedangkan Merge Component untuk menyatukan bbrp component yg berdekatan supaya menjadi satu, seperti vertex, atau edge ...
Merge Component
setelah di Combine ... supaya bisa benar benar menjadi satu maka agan agan n sist perlu Merge Component ... di Merge Component kta bisa membuat vertex kita menjadi satu sehingga tidak ada lagi double vertex atau edges ...
nah gan n sist ... begitu subject utk Boolean, Combine, Merge Component nya, semoga bisa menambah knowledge buat tools Maya nya... yah supaya bisa lebih familiar dan cepat waktu agan n sista operate Maya nya ...
dan kalau ada pertanyaan silahkan ya gan n sist ... pasti akan lebih banyak lagi yg akan ane ceritain ya gan n sist ...
silahkan gan n sist ...
Character Modeling /Torso
Character Modeling /Body Shape Proportion ...
Character Modeling /Hand n Fingers
Basic Modeling /Paint Effects - basic grass 01
Basic Modeling /Paint Effects - basic grass 02

BAYU Animation Online Class - Autodesk Maya 2015 - BLK Bandung
Autodesk Maya /BLK150729.01 Boolean, Combine, Merge Component
kali ini ane kembali dengan Boolean dan Combine Object, dimana teknik penggabungan dan pemisahaan object menjadi sangat penting dalam teknik modeling ... terutama ketika berhubungan dan bertemu dengan bbrp topology teknik dan yg nantinya harus kita gabungkan utk menjadi satu object ... baik hard surface ataupun organic model ...
Boolean, Combine, Merge Component

Boolean
gan ... sist ... kalau kalian masih ingat operasi himpunan jaman SD dahulu ... teknik Booolean benar benar sama dengan teknik itu ... dimana operasi himpunan terdiri dari gabungan, perpotongan, dan irisan ... atau kalau di Boolean menjadi Union atau gabungan antara 2 atau lebih object, Difference itu untuk potongan antara object yg dipotong dengan object yg memotong, dan dapat dilakukan berulang ulang, terakhir itu Intersect atau irisan, dimana hanya meninggalkan bagian yg beririsan ...
walaupun untuk animated object kurang stabil, dalam arti boolean akan menentukan sendiri kapan akan mengurangi atau menambahkan vertex ataupun edge jika dirasa object nya memerlukan, tapi bisa kita andalkan untuk un animated object seperti single frame still rendering ... seperti poster atau still images preview
Combine
kalau Combine itu teknik penggabungan dimana biasanya hrs di ikuti dengan Merge Component ... dimana Combine untuk menyatukan beberapa object ... sedangkan Merge Component untuk menyatukan bbrp component yg berdekatan supaya menjadi satu, seperti vertex, atau edge ...
Merge Component
setelah di Combine ... supaya bisa benar benar menjadi satu maka agan agan n sist perlu Merge Component ... di Merge Component kta bisa membuat vertex kita menjadi satu sehingga tidak ada lagi double vertex atau edges ...
nah gan n sist ... begitu subject utk Boolean, Combine, Merge Component nya, semoga bisa menambah knowledge buat tools Maya nya... yah supaya bisa lebih familiar dan cepat waktu agan n sista operate Maya nya ...
dan kalau ada pertanyaan silahkan ya gan n sist ... pasti akan lebih banyak lagi yg akan ane ceritain ya gan n sist ...
silahkan gan n sist ...
Diubah oleh bayu.indra 03-08-2015 19:30
0
2.4K
7


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan