Kaskus

Hobby

bayu.indraAvatar border
TS
bayu.indra
Autodesk Maya /BLK150729.01 Boolean, Combine, Merge Component
untuk agan agan dan sista yang mau lihat tuts sebelumnya ...
Character Modeling /Torso
Character Modeling /Body Shape Proportion ...
Character Modeling /Hand n Fingers

Basic Modeling /Paint Effects - basic grass 01
Basic Modeling /Paint Effects - basic grass 02

Autodesk Maya /BLK150729.01 Boolean, Combine, Merge Component
BAYU Animation Online Class - Autodesk Maya 2015 - BLK Bandung
Autodesk Maya /BLK150729.01 Boolean, Combine, Merge Component


kali ini ane kembali dengan Boolean dan Combine Object, dimana teknik penggabungan dan pemisahaan object menjadi sangat penting dalam teknik modeling ... terutama ketika berhubungan dan bertemu dengan bbrp topology teknik dan yg nantinya harus kita gabungkan utk menjadi satu object ... baik hard surface ataupun organic model ...

Boolean, Combine, Merge Component




Boolean
gan ... sist ... kalau kalian masih ingat operasi himpunan jaman SD dahulu ... teknik Booolean benar benar sama dengan teknik itu ... dimana operasi himpunan terdiri dari gabungan, perpotongan, dan irisan ... atau kalau di Boolean menjadi Union atau gabungan antara 2 atau lebih object, Difference itu untuk potongan antara object yg dipotong dengan object yg memotong, dan dapat dilakukan berulang ulang, terakhir itu Intersect atau irisan, dimana hanya meninggalkan bagian yg beririsan ...

walaupun untuk animated object kurang stabil, dalam arti boolean akan menentukan sendiri kapan akan mengurangi atau menambahkan vertex ataupun edge jika dirasa object nya memerlukan, tapi bisa kita andalkan untuk un animated object seperti single frame still rendering ... seperti poster atau still images preview


Combine
kalau Combine itu teknik penggabungan dimana biasanya hrs di ikuti dengan Merge Component ... dimana Combine untuk menyatukan beberapa object ... sedangkan Merge Component untuk menyatukan bbrp component yg berdekatan supaya menjadi satu, seperti vertex, atau edge ...


Merge Component
setelah di Combine ... supaya bisa benar benar menjadi satu maka agan agan n sist perlu Merge Component ... di Merge Component kta bisa membuat vertex kita menjadi satu sehingga tidak ada lagi double vertex atau edges ...




nah gan n sist ... begitu subject utk Boolean, Combine, Merge Component nya, semoga bisa menambah knowledge buat tools Maya nya... yah supaya bisa lebih familiar dan cepat waktu agan n sista operate Maya nya ...

dan kalau ada pertanyaan silahkan ya gan n sist ... pasti akan lebih banyak lagi yg akan ane ceritain ya gan n sist ...

silahkan gan n sist ...





emoticon-I Love IndonesiaMAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia

Autodesk Maya /BLK150729.01 Boolean, Combine, Merge Component

Autodesk Maya /BLK150729.01 Boolean, Combine, Merge Component


Diubah oleh bayu.indra 03-08-2015 19:30
0
2.4K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan